Sukses

Tok! Daftar Skuad Inggris untuk Piala Dunia 2022 Qatar Akhirnya Diumumkan

Gareth Southgate mengaku harus mengambil keputusan sulit untuk mengerucutkan pemain pilihan menjadi hanya 26 pemain menuju Piala Dunia 2022 Qatar

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Gareth Southgate telah memilih 26 pemain Timnas Inggris-nya untuk mengarungi Piala Dunia 2022 di Qatar. Bintang Manchester United Jadon Sancho menjadi salah satu pemain bintang yang absen saat dari pilihan Southgate.

Pemain berusia 22 tahun, yang bergabung dengan klub Manchester United musim panas lalu dengan biaya 73 juta poundsterling, telah berjuang untuk mendapatkan performa terbaiknya sejak tiba di Inggris, terakhir kali tampil untuk The Three Lions pada September tahun lalu.

Sejumlah pemain telah berusaha dengan caranya masing-masing untuk memperebutkan posisi yang sama dan masuk dalam daftar penumpang ke Qatar. Dan Sancho bukan satu-satunya bintang terkenal yang kehilangan tempat, pasangan Serie A, Tammy Abraham dan Fikayo Tomori juga tersisih.

Marc Guehi, Ivan Toney, James Ward-Prowse dan Jarrod Bowen - semuanya yang memiliki harapan tinggi untuk masuk skuat - juga diabaikan. Striker Roma, Abraham juga harus membayar bentuk yang buruk dengan klubnya selama beberapa waktu, bahkan menerima kritik baru-baru ini dari manajer Jose Mourinho.

Sementara Callum Wilson dari Newcastle akan bertindak sebagai wakil kapten Inggris Harry Kane di depan. Dan bek Tottenham Eric Dier - yang pada bulan September dipanggil ke skuad Inggris pertamanya sejak 2020 - dimasukkan dalam pilihan Southgate, yang membuat tidak ada ruang untuk rekan setimnya di Spurs Ryan Sessegnon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cedera

Itu bahkan terlepas dari absennya Ben Chilwell yang cedera, dengan satu-satunya bek kiri yang diakui Luke Shaw dalam skuad. Tentu saja, bek sayap Chelsea Reece James absen setelah gagal pulih dari cedera lutut. "Hancur," tulis James di media sosial, seperti dilansir Daily Mail, Jumat (11/10/2022).

"Begitu saya cedera lutut saya, saya tahu perputaran untuk membuat Piala Dunia akan ketat, tapi saya selalu merasa itu mungkin," katanya.

Dominic Calvert-Lewin kini juga mengalami pukulan cedera lainnya, selain yang membuatnya keluar dari skuad Inggris untuk Piala Dunia. Calvert Lewin, 25 tahun, mengalami dislokasi bahu serta cedera hamstring dalam kekalahan dari Leicester akhir pekan lalu.

Itu telah membuat semua harapan yang dimiliki Calvert-Lewin untuk masuk skuat Piala Dunia terlepas dari penampilan baru-baru ini membuatnya kembali bertarung.

 

3 dari 5 halaman

Komentar Southgate

Saat meninggalkan sejumlah bintang papan atas, Southgate, berbicara tak lama setelah pengumuman itu, menyatakan: “Ini benar-benar sulit dan tidak ada banyak situasi yang lebih sulit dari itu dalam sepak bola dan saya sangat sadar akan hal itu," kata Southgate. 

"Tammy memiliki performa mencetak gol yang buruk pada waktu yang salah dan itu bukan kasus di mana kami tiga-empat minggu lagi dari final dan pertandingan pertaman," ujarnya. 

"Kami (bermain) 10 hari lagi dan bentuk bisa lebih penting. Kami tidak benar-benar tahu di mana para pemain sampai kami melihat mereka secara langsung," jelas Southgate.

Sementara itu, James Maddison, Marcus Rashford dan Conor Coady adalah inklusi utama, dengan tanda tanya seputar ketiganya sebelum pengumuman resmi.

 

4 dari 5 halaman

Kejutan

Maddison awalnya dikhawatirkan akan kehilangan tiket pesawat ke Qatar - karena posisi klasemen Leicester - tetapi penampilannya telah dihargai oleh Southgate, sementara pemain depan Manchester United Rashford telah dihidupkan kembali di bawah bos baru Erik ten Hag.

Conor Gallagher, Conor Coady dan Callum Wilson mungkin juga termasuk kejutan dalam daftar 26 pemain untuk turnamen Qatar yang dimulai akhir bulan ini. 

Kyle Walker termasuk dalam skuad Southgate setelah cukup pulih dari operasi pangkal paha, sementara rekan setimnya Kalvin Phillips juga masuk skuad meski baru saja menjalani operasi.

5 dari 5 halaman

Berikut daftarnya 26 pemain Southgate untuk Piala Dunia 2022:

Kiper: Jordan Pickford (Everton), Nick Pope (Newcastle), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Bek: Kyle Walker (Manchester City), Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Kieran Trippier (Newcastle), Ben White (Arsenal), Harry Maguire (Manchester United), John Stones (Manchester City), Eric Dier (Tottenham), Conor Coady (Everton), Luke Shaw (Manchester United)

Gelandang: Declan Rice (West Ham), Kalvin Phillips (Manchester City), Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Jordan Henderson (Liverpool), Mason Mount (Chelsea), James Maddison (Leicester), Conor Gallagher (Chelsea)

Penyerang: Harry Kane (Tottenham), Callum Wilson (Newcastle), Bukayo Saka (Arsenal), Phil Foden (Manchester City), Raheem Sterling (Chelsea), Marcus Rashford (Manchester United), Jack Grealish (Manchester City)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.