Sukses

Korea Selatan Semringah, Son Heung-min Bisa Ikut Piala Dunia 2022

Rakyat Korea Selatan bisa bernapas lega. Pemain andalannya, Son Heung-min dikonfirmasi bakal tampil di Piala Dunia 2022, meski sempat menjalani operasi akibat keretakan pada tulang mata kirinya.

Liputan6.com, Jakarta Bintang Tottenham Hotspur Son Heung-min mengonfirmasi dirinya bakal tampil membela Timnas Korea Selatan dalam perhelatan Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar mulai 20 November mendatang.

Peraih sepatu emas Liga Inggris musim lalu itu sejatinya sempat diragukan bakal memperkuat negaranya di ajang sepak bola paling bergengsi sedunia. Ia dilanda cedera yang mengharuskannya menjalani operasi.

Sekadar informasi, cedera Son Heung-min didapat kala ia membela The Lilywhites di pertandingan Liga Champions kontra Marseille. Pemain asal Negeri Ginseng terlibat benturan usai berduel udara dengan Chancel Mbemba yang menyebabkan tulang mata kirinya retak.

Sebelumnya, diberitakan bahwa keikutsertaan Son di Piala Dunia 2022 bergantung pada kelancaran operasi dan progres penyembuhan.

Kedua hal tersebut nampaknya berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Alhasil, pesepak bola yang menyandang predikat sebagai kapten Timnas Korea Selatan dapat memperkuat bangsanya pada akhir bulan.

Kabar ini telah dikonfirmasi langsung oleh Son melalui unggahannya di media sosial. Pemain kelahiran 1992 itu mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan penggemar. Ia juga mengaku tak sabar mentas di ajang FIFA World Cup edisi ini.

"Saya ingin meluangkan waktu sejenak untuk mengucapkan terima kasih atas semua dukungan yang saya terima selama seminggu belakangan. Saya sudah membacanya dan sangat mengapresiasi hal itu. Di masa-masa sulit, saya mendapat kekuatan dari Anda semua."

"Bermain untuk negara sendiri di Piala Dunia adalah impian banyak anak ketika mereka tumbuh dewasa. Itu juga menjadi impian saya. (Oleh karenanya) saya tidak akan melewatkan (kesempatan) ini. Saya tidak sabar untuk mewakili negara kami (di Piala Dunia)," tulis Son, seperti dilansir dari Metro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bikin Khawatir

Cedera Son Heung-min di level klub sempat membuat publik Korea Selatan khawatir. Ketiadaan pemain berusia 30 tahun itu memang bakal menciptakan situasi berbahaya dalam skuad asuhan Paulo Bento.

Sekadar informasi, Son merupakan pemain aktif dengan caps terbanyak di timnasnya. Tampil lebih dari 100 kali di kancah internasional, Son mampu menyumbangkan 35 gol bagi Korea Selatan.

Eks pemain Bayer Leverkusen juga dikenal sebagai pusat dari kekuatan di lini serang. Meski masih memiliki sejumlah amunisi cadangan, Bento nampaknya bakal kesulitan mencari pemain yang memiliki pengalaman sebanyak Son Heung-min.

3 dari 4 halaman

Mbemba Jadi Sasaran

Besarnya harapan Korea Selatan untuk menurunkan Son Heung-min sempat melahirkan situasi kurang mengenakkan bagi Mbemba. Sang pemain menjadi sasaran rasisme usai berbenturan dengan penggawa asal Negeri Ginseng.

Sejumlah penggemar pun menumpahkan kekecewaan pada Mbemba atas cederanya Son Heung-min di media sosial. Mereka menulis ribuan pesan di kolom komentar Instagram Mbemba, baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Korea.

Beberapa unggahan bahkan berisi kata-kata kasar. Walau begitu, masih ada pula yang menyuarakan dukungan dan membela posisi Mbemba.

"Saya orang Korea. Saya tidak pandai berbahasa Inggris, tetapi saya menulis (pesan ini) dalam bahasa Inggris karena saya ingin menyampaikannya. Saya salah satu orang Korea yang kesal dengan cedera Son Heung-min, tetapi saya juga salah satu orang Korea yang tahu bahwa itu (mencederai Son) bukanlah niat Anda," tulis seorang netizen.

4 dari 4 halaman

Cukup Waktu

Son Heung-min masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi laga perdana di Piala Dunia 2022. Taeguk Warriors baru akan turun ke lapangan hijau pada 24 November mendatang untuk meladeni perlawanan Uruguay.

Tim racikan Paulo Bento bakal ditantang Ghana empat hari berselang. Setelahnya, Timnas Korea Selatan juga harus melakoni duel berat melawan Portugal pada Jumat, 2 Desember 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.