Sukses

Rebut 6 Emas, Indonesia Juara Umum Kejuaraan Dunia Para-Bulu Tangkis di Jepang

Tim Para Bulu Tangkis Indonesia baru saja berhasil meraih gelar juara umum pada ajang Hulic Daihatsu BWF Para Badminton World Championship 2022 yang berlangsung di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Tim Para Bulu Tangkis Indonesia baru saja berhasil meraih gelar juara umum pada ajang Hulic Daihatsu BWF Para Badminton World Championship 2022 yang berlangsung di Tokyo, Jepang. Predikat tersebut diraih setelah tim Indonesia mengumpulkan enam medali emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Pelatih Para Bulu Tangkis Indonesia, Jarot Hernowo menyebutkan pencapaian tim telah melampaui target yang ditetapkan oleh NPC Indonesia.

"Keberhasilan merebut enam medali emas dan menjadi juara umum di kejuaraan dunia ini merupakan target yang ditetapkan oleh NPC Indonesia. Awalnya kita hanya memasang target minimal menyamai pencapaian kejuaraan dunia tahun 2018 di Swiss yakni empat medali emas,” tutur Jarot seperti dikutip dari laman Kemenpora.go.id

Jarot mengaku bangga dengan pencapaian tim bulu tangkis. Menurutnya, hasil di Jepang menjadi bukti pembinaan para-bulu tangkis yang dilakukan oleh NPC Indonesia.

Dalam partai final yang berlangsung di Yoyogi National Stadium First Gymnasium, Tokyo pada hari Minggu (6/11) itu, tim para bulu tangkis Indonesia diperkuat 13 atlet.

Emas pertama Indonesia berhasil disumbangkan oleh ganda campuran SH6, Subhan/Rina Marlina. Mereka mengalahkan pasangan dari Peru, Nilton Quispe Ignacio/Carmen Giuliana Poveda Flores dalam dua gim langsung dengan skor 21-9, 21-15.

Emas kedua dipersembahkan oleh ganda putri andalan Indonesia, Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah Sukohandoko yang turun di nomor SL3-SU5. Mereka berhasil menggugurkan wakil dari Prancis, Lenaig Morin/Faustine Noel usai bermain tiga gim sengit 21-14, 16-21, dan 21-13.

Keberhasilan merebut emas di sektor ganda campuran bersana Subhan, melecut semangat Rina Marlina untuk merebut emas kedua baginya. Akhirnya, dia mampu memenuhi target, menyumbangkan emas ketiga untuk Indonesia pada nomor tunggal putri SH6 setelah mengalahkan Carmen Giuliana Poveda Flores (Peru), 21-14, 21-14.

Pencapaian Ria semakin spesial karena dirinya baru selesai merayakan ulang tahun pada 3 November lalu. Di samping itu, lawan yang dihadapi masih sangat asing dan baru pertama kali dihadapi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyumbang Medali Emas

Selanjutnya, emas keempat didapatkan tim Indonesia setelah pasangan ganda putra SL4-SL4, Hikmat Ramdani/Ukun Rukaendi berhasil melakukan comeback atas pasangan India Pramod Bhagat/Manoj Sarkar dalam pertandingan 3 set, yakni 14-21, 21-18, dan 21-13.

Koleksi emas Indonesia kembali bertambah dan membuat bendera merah putih berkibar setelah pasangan Dheva Anrimusthi/Hafizh Briliansyah Prawiranegara berhasil mengalahkan pasangan Malaysia Moh Faris Ahmad Azri/Cheak Liek Hou dengan dua gim langsung 21-13, 21-12.

Adapun emas keenam dan terakhir didapatkan dari pasangan Fredy Setiawan/Khamlimatus Sadiyah (ganda campuran SL3-SU5) yang menang atas ganda Thailand, Siripong Teamarrom/Saensupa Napiada dengan skor 21-15, 21-12.

Semua prestasi yang berhasil didapatkan Indonesia pada ajang Hulic Daihatsu BWF Para-Badminton World Championship 2022, seperti menegaskan keseriusan Kemenpora dalam memperbanyak prestasi olahraga tanah air. Terutama cabor bulutangkis, yang sudah sejak lama selalu sukses meraih medali emas di setiap kejuaraan Nasional maupun Internasional.

3 dari 3 halaman

Rincian Medali yang Diperoleh Indonesia

Berikut rincian medali yang diraih tim Indonesia di ajang Hulic Daihatsu BWF Para Badminton World Championship 2022.

Emas

  • XD SH6 : Subhan/Rina Marlina
  • WS SH6 : Rina Marlina
  • WD SL3-SU5 : Leani Ratri/ Khalimatus Sadiyah
  • MD SU5 : Dheva Anrimusthi/ Hafizh Prawiranegara
  • MD SL3-4 : Ukun Rukaendi/ Hikmat Ramdani
  • XD SL3-SU5 : Khalimatus Sadiyah/ Fredy Setiawan

Perak

  • MS SL4 : Fredy Setiawan
  • MS SU5 : Dheva Anrimusthi

Perunggu

  • MS SU5 : Suryo Nugroho
  • WS SL4 : Khalimatus Sadiyah
  • MS SL4 : Hikmat Ram

 

(*/Akb)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.