Sukses

Puluhan Mantan Pemain Timnas Indonesia Ikut Kursus Kepelatihan Lisensi C

Peserta kursus kepelatihan lisensi c ini antara lain Buyung Ismu, Cecep Supriyatna, Patar Tambunan, Alexander Pulalo, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh hingga M Azhari Rangkuti.

Liputan6.com, Jakarta- Di tengah libur kompetisi akibat Tragedi Kanjuruhan. PSSI bersama Kemenpora mengadakan kursus kepelatihan lisensi C. Puluhan mantan pemain timnas Indonesia ikut serta dalam kursus yang diadakan pada awal November 2022.

Kursus kepelatihan lisensi C ini dilangsungkan Jimbaran, Bali pada 1 sampai 15 November 2022. Total peserta ada 24 orang. Kursus kepelatihan diberikan secara gratis oleh Kemenpora dan PSSI.

Yeyen Tumena bertindak sebagai instruktur dan ditemani oleh Mundari Karya sebagai asisten instruktur dalam kursus ini. Selain itu juga, dalam kegiatan ini diisi oleh pemberian materi dari Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Beberapa nama eks pemain timnas Indonesia ikut serta di kursus kepelatihan ini. Seperti Buyung Ismu, Cecep Supriyatna, Patar Tambunan, Alexander Pulalo, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh hingga M Azhari Rangkuti.

“Terima kasih kepada pak Menpora Zainudin Amali yang telah memberi kesempatan bagi kami untuk mengikuti,” kata Azhari seperti dilansir Antara.

Pria yang memperkuat Timnas Indonesia pada tahun 1987 itu berharap ilmu yang didapat selama menjalani kursus bisa berguna untuk perkembangan sepak bola di Tanah Air. Khususnya untuk generasi muda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

DBON

“Semoga hasil yang kami dapat bisa bermanfaat untuk perkembangan sepak bola di Tanah Air, khsususnya untuk pada usia muda,” jelas eks Persija itu.

Selain kursus kepelatihan sepak bola, juga dilaksanakan pelatihan tenaga kesehatan induk organisasi cabor prestasi pada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Kemenpora bersama induk cabor mempunyai arah kebijakan yang jelas dan kuat. Pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan prestasi olahraga di Tanah Air, terutama di sektor SDM tenaga keolahragaan,” kata Plt. Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahrgaan Kemenpora, Anwar.

Dijelaskan Anwar, kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah dan upaya dari Kemenpora dalam meningkatan Sumber Daya Manusia serta menciptakan lapangan kerja, khususnya bagi pelatih sepakbola dan tenaga pendukung kesehatan olahraga.

“Dengan harapan prestasi olahraga di Tanah Air dapat terukur dan direncanakan dengan baik,” pungkas Anwar.

3 dari 3 halaman

Daftar Peserta

Berikut daftar lengkap 24 peserta yang mengikuti kursus kepelatihan lisensi C yang berlangsung di Bali.

1. David Sulaksmono – DKI Jakarta

2. Kamaruddin Bettay – Jawa Barat

3. Patar Tambunan – DKI Jakarta

4. M. Azhari Rangkuti – Banten

5. Edy Sudarnoto – DKI Jakarta

6. Arief Hidayat – Jawa Barat

7. Buyung Ismu – DKI Jakarta

8. Cecep Supriyatna – Jawa Barat

9. Sobur – Jawa Barat

10. Dede Iskandar – Jawa Barat

11. Soeharto S – Jawa Barat

12. Donny Erikson Latuperissa – Sumatera Utara

13. Galih Sudaryono – Jawa Tengah

14. Wahyu Hidayat – DKI Jakarta

15. Anjar Rahmulyono – Jawa Barat

16. Alexander Pulalo – Jawa Barat

17. Nurwisman Koto – Banten

18. Sabeq Fahmi Fachrezy – Jawa Timur

19. Muhamad Sahrul Kurniawan – Jawa Timur

20. Muchlis Hadi Ning Syaifulloh – Jawa Timur

21. Bernardus Valentinus Telaubun – Maluku

22. Fecky Thimotius Yakobus Lasut – Sulawesi Utara

23. Deddy Djunaidi Umarella – Jawa Barat

24. Stenly Tonny Mamuaja – Sulawesi Utara

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.