Sukses

Hasil Liga Champions: Pesta Gol, RB Leipzig Dampingi Real Madrid Lolos ke 16 Besar

RB Leipzig tampil sebagai runner-up dan berhak mendampingi Real Madrid maju ke babak 16 besar Liga Champions 2022/203.

Liputan6.com, Jakarta Tim-tim yang berada di Grup F sudah menyelesaikan seluruh pertandingannya. Hasilnya, RB Leipzig turut mendampingi Real Madrid lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023.

RB Leipzig tampil sebagai runner-up setelah pada laga terakhir menang telak 4-0 atas Shaktar Donetsk di Stadion Polish Army, Polandia, Kamis dini hari WIB (3/11/2022). Juara di grup ini masih ditempati Real Madrid juga menang telak atas Celtic di laga pemungkas.

Los Blancos berhasil menaklukkan Celti 5-1 dalam laga matchday 6 fase grup Liga Champions 2022/2023 yang digelar di Santiago Bernabeu. Tim tamu hanya mampu membalas satu gol melalui tendangan bebas.

Lima gol kemenangan Real Madrid masing-masing diciptakan oleh Luka Modric, Rodrygo, Marco Asensio, Vinicius Junior, dan Federico Valverde. Sementara itu, Celtic mencetak gol hiburan lewat aksi Jota.

Dengan kemenangan ini, Real Madrid finis sebagai juara Grup F dengan perolehan poin 13. Sedangkan, Celtic harus terpuruk di dasar klasemen dengan hanya meraih dua poin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penalti

Real Madrid sangat mendominasi permainan saat menghadapi Celtic. Laga baru berjalan beberapa menit mereka sudah mendapat hadiah penalti. Modric pun sukses menaklukkan Joe Hart dari titik putih.

Tuan rumah kembali mendapat penalti menit ke-20. Rodrygo kali ini bertindak sebagai algojo dan kembali membuat Hart terperdaya.

Celtic sebenarnya berpeluang memperkecil ketinggalan setelah mendapat penalti menit ke-33. Namun, eksekusi penalti Josip Juranovic masih bisa dimentahkan Thibaut Courtois.

3 dari 5 halaman

Gol Hiburan

Memasuki abak kedua, Real Madrid sama sekali tak mengendurkan tekanan. Asensio pun memperbesar keunggulan Los Blancos lewat tembakan first time Asensio pada menit ke-51.

Hanya berselang 10 menit kemudian, Vinicius melengkapi kemenangan setelah ia mampu menyontek crossing Valverde dari sisi kanan. 10 menit berselang, giliran Valverde yang mencatatkan namanya di papan skor.

Celtic mendapat gol hiburan untuk dibawa pulang dari Santiago Bernabeu lewat free kick cantik Jota pada menit ke-84. Skor 5-1 untuk kemenangan Real Madrid pun menjadi hasil akhir laga ini.

4 dari 5 halaman

Pesta Gol

Sementara itu, meski bermain di kandang lawan, Leipzig tampil cemerlang saat menghadapi Shaktar Donetsk. Mereka membungkam tuan rumah dengan empat gol.

Christopher Nkunku membuka pesta gol Leipzig di menit ke-10. Tiga gol lainnya diciptakan di babak kedua oleh tiga pemain berbeda. Mereka adalah Andre Silva (50’), Dominik Szoboszlai (63’), dan bunuh diri Valeriy Bondar (68’).

5 dari 5 halaman

Tuntaskan Dendam

Kemenangan telak ini menempatkan posisi Leipzig di peringkat ke-2 klasemen akhir Grup F dengan torehan 12 poin. Sedangkan Donetsk yang baru mengumpulkan enam poin harus puas menuju play-off Liga Europa.

Kemenangan Leipzig ini membalaskan dendam mereka pada pertemuan pertama. Ketika itu Leipzig yang bermain di kandang sendiri justru dipermalukan 1-4 oleh Donetsk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.