Sukses

Cedera Son Heung-min Bikin Korea Selatan Panik Jelang Piala Dunia Qatar

Son adalah pemain aktif dengan caps terbanyak di tim Korea, dengan lebih dari 100 penampilan tim nasional, dan pencetak gol aktif teratas, dengan 35 gol.

Liputan6.com, Jakarta Kebugaran Son Heung-min untuk Piala Dunia Qatar 2022 tiba-tiba dipertanyakan ketika kapten jimat Korea Selatan itu mengalami cedera saat pertandingan Liga Champions UEFA antara Tottenham Hotspur melawan Olympique Marseille pada Rabu (2/11).

Son ditarik keluar pada menit ke-29 di Stade Vélodrome di Marseille, Prancis, setelah bahu Kansel Mbemba mengenai wajahnya di dekat garis tengah.

Wajah Son tampak sangat bengkak dan dia dibantu keluar lapangan oleh staf medis. Sebuah gambar yang diposting di Instagram oleh rekan setimnya Pierre-Emile Hojbjerg setelah pertandingan menunjukkan Son merayakan kemenangan bersama tim, tetapi ia tampaknya berjuang untuk membuka mata kirinya.

Hingga konferensi pers setelah pertandingan, seperti dilansir Korea JoongAng Daily, Rabu (2/11), tidak ada informasi lebih lanjut tentang keadaan cedera Son yang telah dikonfirmasi oleh klub.

Berbicara setelah pertandingan, asisten manajer Cristian Stellini, yang mengatur permainan ketika Antonio Conte dilarang dari pinggir lapangan, menjelaskan bahwa tingkat cedera Son tidak jelas tetapi dia merasa lebih baik.

"Saat ini, kami tidak tahu," kata Stellini. "Kami harus menunggu penilaian medis, dan kami harus menunggu sampai besok. Sonny merasa lebih baik sekarang. Saya melihatnya di ruang ganti. Dia merayakannya bersama kami. Jadi kita tunggu saja besok," tambahnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Skenario Terburuk

Stellini membenarkan bahwa cedera itu ada di wajah Son dan matanya bengkak, menambahkan bahwa klub tidak yakin apakah dia mengalami gegar otak.

Skenario terburuknya adalah Son mengalami retak di wajahnya dan membutuhkan operasi, kata para ahli, tetapi penampilannya di foto Hojbjerg bisa menjadi pertanda baik.

"Kasus terburuk adalah patah tulang orbital, yang membutuhkan perawatan lebih dari delapan minggu," kata Dr. Song Jun-seop, direktur Rumah Sakit Gangnam JS dan seorang dokter untuk tim sepak bola nasional Korea, kepada JoongAng Ilbo.

"Mengingat Son mengambil foto bersama di ruang ganti, dengan hati-hati saya berspekulasi bahwa dia mungkin mengalami gegar otak ringan atau memar," tambahnya. 

"Ada dua kemungkinan cedera besar. Pertama, jika dia mengalami gegar otak ringan atau memar, dia bisa mengambil cuti seminggu dan kemudian mungkin bisa kembali. Itu adalah situasi yang ideal. Di sisi lain, kasus terburuknya adalah orbit. patah tulang. Itu akan membutuhkan lebih dari delapan minggu perawatan karena patah tulang yang melindungi mata."

3 dari 5 halaman

Kabar Baik

Fakta bahwa Son tetap berada di ruang ganti, kata Song, mungkin berarti dia tidak kesakitan seperti yang dikira seperti patah tulang orbital.

Asosiasi Sepak Bola Korea dilaporkan telah menghubungi Tottenham untuk pembaruan kondisi Son. Bagi Korea, cedera itu bisa sangat merusak. 

Cedera di wajah tidak dapat diprediksi dan sifat cedera Son masih belum diketahui, tetapi sebagai kapten Korea yang memiliki jimat, apa pun yang membuatnya keluar dari permainannya di Qatar bisa menjadi bencana bagi tim nasional.

Piala Dunia dimulai pada 20 November, dengan Korea akan memainkan pertandingan pertama mereka melawan Uruguay pada 24 November. 

Jika Son tidak memerlukan operasi untuk cederanya, itu memberinya waktu tiga minggu untuk pulih sebelum pertandingan pembukaan itu, dan bahkan lebih sedikit waktu sebelum dia diharapkan untuk bergabung dengan skuat Korea lainnya untuk pelatihan.

4 dari 5 halaman

Peran Penting di Tim

Bagi pelatih kepala tim nasional Korea, Paulo Bento, itu juga bisa menciptakan situasi yang sangat berbahaya. Son adalah pemain aktif dengan caps terbanyak di tim Korea, dengan lebih dari 100 penampilan tim nasional, dan pencetak gol aktif teratas, dengan 35 gol.

Dia telah menjadi pusat dari setiap lini serang dengan kekuatan penuh yang Korea telah turunkan untuk bagian terbaik dari dekade terakhir, dan meskipun Bento memiliki banyak gelandang untuk dipilih, hanya sedikit yang memiliki keserbagunaan dan tidak ada yang memiliki pengalaman yang dibawa Son. ke pasukan.

Sementara berita buruk untuk Son dan Korea, pertandingan hari Selasa adalah hasil yang baik untuk Tottenham. Klub London kemudian mengalahkan Marseille 2-1 untuk memuncaki Grup D dan mendapatkan tempat di babak sistem gugur Liga Champions awal tahun depan.

Spurs memiliki tiga pertandingan yang dijadwalkan sebelum itu; melawan Liverpool pada hari Minggu, Nottingham Forest pada 9 November dan Leeds pada 12 November.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Korea Selatan

Kamis, 24 November 2022

20.00 WIB: Korea Selatan vs Uruguay di Education City Stadium

 

Senin, 28 November 2022

20.00 WIB: Korea Selatan vs Ghana di Education City Stadium

 

Jumat, 2 Desember 2022

22.00 WIB: Korea Selatan vs Portugal di Education City Stadium

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.