Sukses

2 Tahun Cuti, Lomba Lari HHM Digelar Lagi dengan Kelonggaran Cut Off Time

Lomba lari HMM sempat absen selama dua tahun akibat pandemi virus corona Covid-19 yang melanda dunia.

Liputan6.com, Jakarta- Lomba lari Highlands Half Marathon (HHM) kembali digelar setelah dua tahun cuti akibat pandemi virus corona Covid-19. Lomba lari di kawasan Sentul, Bogor ini rencananya akan berlangsung pada 27 November 2022.

Edisi pertama HHM sukses terselanggara pada tahun 2019. Sebenarnya panitia ingin mengadakannya rutin setiap tahun. Namun pandemi virus corona Covid-19 menyerang dunia dan Indonesia pada awal 2020. Akibatnya HMM edisi kedua baru bisa dilangsungkan tahun 2022.

Sebagaimana tahun 2019, lokasi race central tetap berada di Jalan Siliwangi, dan lokasi race village di Kawasan Taman Budaya, semuanya di Sentul City. HHM menyajikan pemandangan indah dan iklim relatif sejuk pada ketinggian sekitar 200-500 mdpl. Serta tentu didukung dengan infrastruktur di kawasan Sentul City, sehingga lomba lari jalan raya ini sepenuhnya menempuh jalur aspal mulus.

Pada edisi pertama, para peserta sangat senang dengan tantangan yang diberikan di HHM. Banyak istilah muncul dari para peserta lomba lari di antaranya adalah “tanjakan PHP, tanjakan pedes, tanjakan cinta” dan masih banyak lagi.

Lomba lari ini kembali akan menghadirkan beberapa kekhasan lain, selain jalur hilly. Di antaranya adalah adalah kategori usia peserta yang dibagi pada Kelas Open (di bawah usia 40 tahun), kelas Master Kelompok Usia 41 sd 50 dan Kelompok Usia 51 tahun ke atas.

“Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat mengakomodir para jago lari di usia master dengan filter usia yang lebih bersahabat,” ujar Jimmy Tjahjanto, advisor pada HHM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Kategori

Ada tiga kategori yang diperlombakan di HHM yakni 21K/Half Marathon (HM), 10K, dan 5K. Panitia menargetkan jumlah peserta mencapai 3.500 pelari.

Ada yang berbeda di lomba lari HHM jilid 2 ini. Cut off time kini relatif dilonggarkan. Sebagai gambaran, untuk kategori jarak HM, COT adalah empat jam. “Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan pelari menikmati rute, juga merespon situasi akibat pandemi yang mungkin menyebabkan pelari tidak intens berlatih sebagaimana keadaan normal,” lanjutnya.

Dengan demikian, praktis para pelari akan dapat mencapai garis finish dengan nyaman dan mendapatkan finisher medal masing-masing. Bagi para pemburu podium, HHM menyediakan total hadiah Rp 200 juta dengan posisi juara dan pemenang satu hingga tiga.

3 dari 4 halaman

Kesehatan

Race Management lomba lari jalan raya ini dipercayakan kepada IdeaRun. Dan saat ini race course telah disiapkan secara maksimal, termasuk titik pos guyur, medik, cheering, foto dan juga pace maker/pacer serta aktivasi lain yang akan mendukung kenyamanan peserta berlari.

“Peserta harap memahami bahwa jalur yang akan dilalui ini memang hilly, agar peserta menyikapi dengan bijak,” ujar Safrita Aryana, Direktur IdeaRun.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, panitia menyediakan ambulans lengkap yang bisa langsung memberikan pertolongan di lokasi. Ambulans ini juga akan dihuni dokter spesialis dan perawat yang kompeten.

4 dari 4 halaman

Hiburan dan Makanan

Sebagaimana tahun 2019, setelah lomba lari HHM selesai akan diisi dengan entertainment yang seru. Salah satu yang akan mengisi acara adalah RAN. “Kami sudah menyiapkan line up pengisi acara yang keren,” ujar Aida Ristany, Direktur Komersial Sentul Highlands Golf Club yang juga menjadi Ketua Panitia HHM ini.

Kemudian, pelari juga dapat menikmati aneka hiburan di panggung seraya menikmati beragam makanan dan minuman yang disediakan gratis. “Dan, mumpung musimnya, kami akan sajikan durian juga kepada pelari,” lanjut Aida.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.