Sukses

David De Gea Tersingkir dari Daftar Sementara Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

Luis Enrique telah memilih lima kiper dalam daftar 55 pemain sementara Timnas Spanyol

Liputan6.com, Jakarta - David de Gea tidak akan pergi ke Piala Dunia 2022 yang akan digelar akhir tahun ini di Qatar setelah dilaporkan dikeluarkan dari daftar 55 pemain sementara Timnas Spanyol. Pemain Manchester United itu kalah saing dari tiga kiper Liga Inggris lainnya.

Pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique telah menyerahkan daftar awal pemain yang akan dimainkan di Piala Dunia 2022 Qatar. Pada tahap selanjutnya akan dipangkas menjadi hanya 26 pemain.

Meski ukuran skuad besar, masih belum ada tempat bagi De Gea setelah Enrique memilih tiga kiper Liga Inggris lainnya. Menurut AS, Enrique telah memilih lima kiper berbeda dalam daftar 55 pemain, tetapi David De Gea bukan salah satunya.

Tiga penjaga gawang yang diperkirakan terbang ke Qatar adalah Unai Simon dari Athletic Bilbao, kiper Brighton Robert Sanchez, dan David Raya asal Brentford. 

Sementara itu, Kepa Arrizabalaga dari Chelsea dan David Soria dari Getafe telah dipilih sebagai cadangan jika ada yang cedera atau penyakit sebelum turnamen.

Pencoretan De Gea akan mengejutkan beberapa orang mengingat sejarah panjangnya bermain untuk tim nasional. Tetapi, pengucilannya telah dilakukan selama beberapa tahun. 

Dia tidak berada di skuad Spanyol sejak kemenangan kualifikasi Piala Dunia 1-0 atas Swedia pada November 2021. Saat itu, dia adalah pemain pengganti yang tidak dimainkan.

Penampilan terakhir De Gea sebagai starter di Timnas Spanyol terjadi pada dua tahun lalu. Dia bermain 90 menit penuh saat tim Enrique kalah 0-1 dari Ukraina dalam pertandingan Nations League 2020.

Pemain berusia 31 tahun itu mendapat kecaman setelah pertandingan. Banyak yang berpendapat bahwa posisinya yang memungkinkan Viktor Tsygankov mencetak gol kemenangan pada malam itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terancam di Manchester United

Tim nasional mungkin bukan satu-satunya perhatian David de Gea dalam waktu dekat. Laporan menunjukkan Manajer Manchester United Erik ten Hag sedang mencari pengganti untuk pemain Spanyol itu. 

Kontrak penjaga gawang berusia 31 tahun itu akan habis musim panas 2023. Sekarang ada tanda tanya besar apakah MU akan memperbarui kontraknya atau tidak.

Setan Merah telah dikaitkan dengan orang yang menggantikan De Gea di tim nasional. Simon dari Bilbao dan kiper Porto Diogo Costa.

Ini adalah situasi yang aneh mengingat De Gea telah tampil di semua 15 pertandingan untuk Setan Merah sejak Ten Hag mengambil alih musim panas ini.

De Gea telah mengatasi persaingan dengan Dean Henderson sebagai kiper utama MU, yang memilih dipinjamkan ke Nottingham Forest musim ini.

Tampaknya kiper asal Spanyol itu sudah mengukuhkan dirinya sebagai orang nomor satu di bawah mistar gawang Setan Merah.

Ketika ditanya tentang situasi ini, Manajer MU Erik ten Hag meminta De Gea memusatkan perhatiannya di lapangan, bukan kontrak baru.

3 dari 5 halaman

Sergio Ramos Masuk Daftar

Bek PSG Sergio Ramos mendapat peluang luar biasa untuk tampil bersama Timnas Spanyol di Piala Dunia Qatar. Laporan dari Spanyol menyatakan bahwa dia berada di daftar 55 pemain sementara. 

Dilansir Daily Mail, Jumat (28/10/2022), mantan kapten Spanyol akan ditawari kesempatan untuk menunjukkan dirinya masih memiliki apa yang diperlukan untuk bersaing di panggung internasional.

Ramos tidak tampil untuk Spanyol sejak Maret 2021. Tetapi, sejauh ini ia masih merupakan pembuat rekor penampilan terbanyak di negaranya dengan 180 pertandingan untuk La Roja.

Di masa keemasannya, Ramos bisa dibilang sebagai pemain paling penting bagi tim nasional. Namun, belakangan dia semakin terpuruk dalam urutan kekuasaan. 

Kehadirannya hampir tidak pernah terlewatkan meskipun dengan munculnya Pau Torres sebagai salah satu bek terkuat bangsanya, bersama Aymeric Laporte dari Manchester City.

4 dari 5 halaman

Ansu Fati Terancam

Kembalinya Ramos ke line up turnamen internasional menjadi hal yang mengejutkan, di sisi lain Ansu Fati justru bisa kehilangan posisinya. 

Fati muncul dua musim lalu dan terbukti sebagai bakat yang lincah. Dia mencetak 22 gol dan sembilan assist yang mengesankan dalam 74 penampilan untuk Barcelona. 

Pemain lain yang diperkirakan masuk dalam daftar panjang adalah Borja Iglesias, pemain muda Barca Alejandro Balde dan Nico Williams. Williams telah menjadi salah satu paket kejutan di La Liga musim ini.

Penyerang itu pertama kali bermain untuk Spanyol pada jeda internasional terakhir. Dia punya peluang bagus untuk setidaknya masuk skuad sementara. 

Laporan itu juga menyebut bahwa daftar 55 pemain Enrique tidak akan tersedia secara umum karena dia selalu mempersiapkan diri untuk Piala Dunia.

Dengan turnamen yang akan dimulai pada 20 November, daftar 26 pemain terakhir Spanyol dan harus diselesaikan pada 11 November.

5 dari 5 halaman

Prediksi Starting XI Spanyol

Spanyol tidak diragukan lagi memiliki kemampuan untuk melangkah jauh di Piala Dunia 2022, meskipun apakah mereka dapat mengangkat trofi masih bisa diperdebatkan.

Catatan minor musim lalu menjadi penyebabnya. Spanyol tersingkir di babak penyisihan grup pada 2014 dan 16 besar empat tahun lalu.

Di sisi lain, ada tanda-tanda selama beberapa tahun terakhir bahwa Spanyol membuat kejutan di Qatar. Dan, poin pentingnya adalah seberapa tepat Enrique untuk memilih pemain ke Piala Dunia 2022.

Berikut Prediksi Starting XI Spanyol:

Unai Simon, Dani Carvajal, Eric García, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Sergio Busquets, Koke, Pedri; Pablo Sarabia, Alvaro Morata, Ferran Torres

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.