Sukses

Bola Ganjil: Tidak Kesepian, Pasangan Setia Bela Klub Tercinta

Uang membuat pesepak bola begitu mudah berganti seragam. Tapi tetap saja ada para pelayan setia. Beberapa nama beruntung karena bisa menjalani komitmen bersama rekan. Kuartet AC Milan sudah merasakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Uang membuat pesepak bola begitu mudah berganti seragam. Tapi tetap saja ada para pelayan setia. Mereka bertahan ketika pemain lain datang dan pergi.

Pemain istimewa ini merupakan idola para suporter karena tidak tergoda tawaran klub. Meski, situasi tersebut bisa membuat mereka kesepian karena teman-teman lama memutuskan pergi.

Namun, beberapa nama beruntung karena bisa menjalani komitmen bersama rekan. Kuartet AC Milan sudah merasakannya.

Franco Baresi dan Mauro Tassotti sama-sama pensiun pada 1997. Keduanya masing-masing membela I Rossoneri lebih di 500 laga.

Begitu pula Paolo Maldini dan Alessandro Costacurta walau gantung sepatu di tahun berbeda. Maldini, yang mundur pada 2009, bermain 902 kali. Sedangkan Costacurta memperkuat Milan di 663 pertandingan setelah berhenti dua tahun sebelumnya.

Di seberang Kota Mode, Inter Milan boleh bangga dengan Sandro Mazzola (568) dan Giacinto Facchetti (629). Keduanya bahu membahu memberi kejayaan bagi I Nerazzurri, dengan Mazzola pensiun pada 1977 dan Facchetti setahun kemudian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak di Inggris

Di Inggris, Liverpool punya Jamie Carragher (737) dan Steven Gerrard (710). Lulus dari akademi klub, mereka lalu membawa The Reds memenangkan sejumlah titel.

Menariknya, meski lebih dulu gantung sepatu pada 2013, Carragher menorehkan jumlah laga lebih banyak ketimbang Gerrard yang pergi ke LA Galaxy dua tahun kemudian.

Di Old Trafford, trio angkatan 92 Paul Scholes, Gary Neville, dan Ryan Giggs hampir dua dekade bersama membela Manchester United. Total ketiganya tampil lebih dari 2.000 partai bagi MU, dengan rincian Scholes (718), Neville (602), dan Giggs (963).

Tidak lupa duo Frank Lampard (648) dan John Terry (717) yang membantu Chelsea jadi kekuatan baru di Inggris.

3 dari 3 halaman

Ada yang Masih Aktif

Pat Bonner-Paul McStay (Glasgow Celtic), Marco Bode-Dieter Eilts (Werder Bremen), Alberto Gorriz-Juan Antonio Larranaga (Real Sociedad), serta Jimmy Dickenson-Peter Harris (Portsmouth) juga bersamaan membela klub masing-masing setidaknya di 500 pertandingan. Sedangkan ada trio Henry Smith, Gary Mackay, dan John Robertson di Heart of Midlothian.

Di kalangan yang masih aktif, Paul Hanlon (507) dan Lewis Stevenson (550) mencatat hal serupa bersama Hibernian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.