Sukses

Hadapi WSBK Mandalika, Pedercini Kawasaki Kembali Terjunkan Pembalap Baru

Balap motor WSBK Mandalika bakal berlangsung mula 12-13 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta Balap motor Word Superbike (WSBK) seri Mandalika, Indonesia tidak hanya berpotensi menghadirkan juara dunia baru. Balapan yang berlangsung di sirkuit yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, (NTB) itu juga bakal diramaikan debut pembalap veteran Kyle Smith bersama tim Pedercini Kawasaki. 

Smith merupakan rider berbeda kedelapan yang menunggangi Kawasaki ZX-10RR. Aksinya di WSBK bakal diawali dari seri Mandalika pada 12-13 November 2022. Setelah itu, Kyle Smith juga akan tampil di Sirkuit Philip Island, Australia yang jadi penutup WSBK 2022 pada pekan berikutnya.

Seperti dilansir dari Motorsport, Smith sebenarnya bukan sosok baru di ajang balap motor. Sebelumnya, rider asal Inggris itu merupakan peserta World Supersport (WSSP) dan berkompetisi penuh pada 2015 dan 2019. Selama periode tersebut, Kyle Smith sempat meraskan tiga kemenangan. 

Pada tahun berikutnya, Smith pindah ke ajang Supersport Spanyol. Sedangkan tahun lalu, rider berusia 31 tahun itu kembali pindah dan memutuskan untuk mengikuti balapan British Supersport. 

Tahun ini, Kyle Smith sempat kembali ke WSSP. Namun setelah seri Magny-Cours pada September lalu, Smith memutuskan berpisah dengan timnya, VFT Racing Yamaha. "Saya sangat senang mendapat kesempatan untuk balapan di world superbike bersama tim Team Pedercini," kata Smith. 

"Satu-satunya pengalaman saya mengendarai superbike adalah pada ajang World Endurance yang secara teknik memiliki spesifikasi teknik yang beda dan saya sangat antusias," beber Smith. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buta Arah

Debut Kyle Smith bersama Kawasaki di WSBK tahun ini semakin menantang karena berlangsung di Sirkuit Mandalika. Di ajang balap motor, sirkuit ini boleh dikatakan masih jadi 'pendatang baru'.

Sejak diresmikan oleh Presiden Jokow Widodo pada 12 November 2021, sirkuit ini baru sekali menjadi tuan rumah WSBK, yakni tahun 2021. Saat itu, pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea berhasil memenangkan race 1 dan race 2. Sementara Superpole race dibatalkan karena hujan. 

Di Sirkuit Mandalika, Toprak Razgatlıoglu dari tim Yamaha YZF-R1 akhirnya keluar sebagai juara dunia. Perolehan poin rider asal Turki itu tidak terkejar setelah finis kedua pada balapan pertama. 

Selain WSBK, Sirkuit Mandalika juga sudah menggelar ajang MotoGP 2022, Maret lalu. 

"Saya belum pernah balapan di Mandalika di mana tahun lalu saya belum tampil. Saya berharap bisa belajar dari pengalaman dan berusaha menikmatinya serta menerima apa adanya," beber Kyle Smith. 

"Menurutku, Phillip Island akan lebih mudah karena saya sudah mengenal trek itu. Tapi saya sudah siap untuk kedua ajang tersebut dan menantikan kepulangan ke World Superbike paddock."

 

3 dari 4 halaman

Pembalap Kedelapan

Musim ini, tim Pedercini Kawasaki kerap gonta-ganti pembalap di ajang WSBK. Sejumlah nama bergantian masuk setelah rider yang dikontrak penuh, Loris Cresson hengkang usai seri pembuka di Aragon. Di beberapa seri, Pedercini menurunkan pembalap wild card Leon Haslam.

Selanjutnya, nama-nama seperti Isaac Vinales, Alessandro Delbianco, dan debutan Ryan Vickers silih berganti menempati posisi yang ditinggalkan Cresson. Pada balapan di Barcelona dan Magny-Cours, Pedercini juga sempat menurunkan pembalap muda asal Spanyol, yakni Oscar Gutierrez.

Sementara pembalap lokal Marco Solorza mendapat kesempatan untuk tampil di seri Argentina pekan lalu. Sayang aksinya tidak terlalu menjanjikan dan hanya mampu finis di urutan ke-21. Kyle Smith merupakan pembalap kedelapan yang menggantikan Cresson dan akan tampil di dua seri WSBK. 

 

 

4 dari 4 halaman

Peluang Bautista

Sementara itu, pembalap Aruba.it Racing Ducati, Alvaro Bautista semakin dekat dengan gelar juara dunia di WSBK Mandalika. Saat ini, Bautista memimpin klasemen dengan 507 poin. Dia unggul 82 poin dari Razgatlioglu di posisi kedua. Sedangkan tempat ketiga dihuni Joanthan Rea dengan 409 poin.

Meski masih menyisakan dua seri lagi, Bautista sangat berpeluang mengamankan gelar di Mandalika. Sayaratnya, dia hanya perlu unggul 17 poin dari Razgatlioglu dan 1 poin dari Rea pada race pertama. 

(Berita selengkapnya mengenai peluang Alvaro Bautista, bisa Anda saksikan di sini).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.