Sukses

Luis Enrique Butuh Pengalaman dan Kepemimpinan Sergio Ramos di Piala Dunia 2022

Jelang Piala Dunia 2022 di Qatar, pelatih Luis Enrique akan memanggil sebanyak 55 pemain dalam daftar skuat bayangan Timnas Spanyol.

Liputan6.com, Jakarta - Luis Enrique akan memilih skuad awal untuk Piala Dunia 2022, Jumat (28/10/2022). Bek veteran Sergio Ramos dilaporkan bakal masuk di dalamnya.

Enrique memanggil 55 orang yang kemudian dipangkas menjadi 26 pada 11 November 2022 mendatang, atau sepekan lebih sebelum turnamen dimulai.

Menurut laporan Diario AS, daftar 55 pemain yang dipanggil Luis Enrique tidak akan dipublikasikan. Sebab, banyak pemain yang diproyeksikan masuk daftar panggil saat ini dalam kondisi cedera dan Enrique ingin memiliki fleksibilitas jika melakukan perubahan.

Pemain yang dipanggil ke skuat Timnas Spanyol bahkan bisa berubah 24 jam sebelum pertandingan pertama di Piala Dunia Qatar, jika ada yang mengalami cedera.

Sergio Ramos yang berusia 36 tahun dikabarkan bisa mempertahankan peluangnya yang tipis untuk masuk skuat Spanyol di Piala Dunia 2022, setelah tampil reguler bersama PSG sejak pulih dari cedera.

Ramos kemungkinan tidak akan masuk dalam daftar pilihan utama Enrique karena absen sejak Maret 2021 akibat masalah kebugaran. Tetapi, Enrique bagaimanapun butuh pemain berpengalaman dengan jiwa pemimpin seperti eks Real Madrid itu.

Nama-nama terkenal lain yang kabarnya juga masuk dalam daftar skuat sementara Spanyol adalah anak-anak muda seperti Nico Williams dan Alejandro Balde.

Salah satu pertanyaan besar saat ini adalah apakah Enrique cukup yakin untuk memberikan kesempatan kepada Ansu Fati yang tak memperoleh kesempatan reguler di Barcelona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Punya Sumber Daya Melimpah

Enrique di atas kertas sebenarnya tidak akan kesulitan tidur dalam menentukan daftar pemain untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Dia sudah memiliki bayangan skuat yang diandalkan selama berkuasa.

Piala Dunia 2022 berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember. Adapun Spanyol tergabung di Grup E dengan Kosta Rika, Jepang, dan Jerman.

Spanyol memulai perjuangan mereka di Piala Dunia Qatar melawan Kosta Rika pada 23 November, sebelum bertemu sesama raksasa Eropa Jerman empat hari kemudian.

Pertandingan grup terakhir La Roja adalah melawan Jepang pada 1 Desember. Mereka akan berharap berada di dua besar saat peluit akhir dibunyikan untuk melaju ke babak 16 besar.

Beberapa situs taruhan Piala Dunia menganggap Spanyol sebagai salah satu favorit untuk menjadi juara, mengulangi keberhasilan di Piala Dunia 2010.

Lantas, siapa saja pemain yang memiliki potensi besar untuk memperkuat Spanyol di Piala Dunia 2022. Berikut daftarnya dari setiap posisi.

 

3 dari 5 halaman

Kiper

Kiper Athletic Bilbao Unai Simon berada di posisi terdepan untuk menjadi kiper pilihan pertama Spanyol di Piala Dunia 2022 mengungguli Robert Sanchez dan David Raya.

Adapun kiper Manchester United David De Gea diperkirakan akan absen di Piala Dunia setelah dikeluarkan dari skuad untuk delapan pertandingan internasional terakhir.

De Gea belum menjadi starter untuk Spanyol sejak kekalahan 0-1 melawan Ukraina di Nations League pada Oktober 2020 dan akan menjadi kejutan besar jika Enrique memanggilnya kembali.

Enrique dimanjakan dengan pilihan berlimpah di lini belakang. Bahkan, kemungkinan akan ada satu bek kelas dunia yang tidak dibawa.

Dani Carvajal, Eric Garcia, Aymeric Laporte dan Jordi Alba mungkin akan menjadi empat bek di Qatar 2022 yang dipastikan masuk dalam skuat.

Cesar Azpilicueta dan Pau Torres berpotensi sebaga pelapis. Enrique juga masih punya Jose Luis Gaya, Hugo Guillamon, Inigo Martinez, Diego Llorente, dan Marcos Alonso.

Namun, keputusan terbesarnya berpusat pada bek Paris Saint-Germain Sergio Ramos apakah akan menjadi bagian dari skuad La Roja.

Mantan kapten tim itu berjuang melawan cedera musim lalu dan kini telah dalam bentuk yang sangat baik. Pengalaman Ramos tentu sangat dibutuhkan oleh Spanyol.

 

4 dari 5 halaman

Tengah dan Depan

Lini tengah adalah area lain di mana Spanyol memiliki kekayaan yang berlimpah. Beberapa bintang bahkan tidak bakal dibawa karena keterbatasan kuota pemain.

Thiago Alcantara, Sergio Busquets, Rodri, Pedri, Koke dan Gavi ada di urutan paling depan. tetapi siapa yang bergabung dengan mereka masih belum jelas.

Carlos Soler dan Sergio Roberto harus menunjukkan penampilan cemerlang di klub masing-masing sebelum penentuan pemain. Sementara itu, akan mengejutkan jika Marco Asensio menembus skuad Spanyol.

Nico Williams adalah di antara pemain lain yang berharap untuk dimasukkan setelah tampil dalam skuad untuk pertandingan UEFA Nations League baru-baru ini.

Pablo Sarabia, Alvaro Morata, dan Ferran Torres menjadi kandidat terkuat. Namun, sejumlah nama berpotensi menggeser mereka. Di antaranya ada Yeremi Pino, Borja Iglesias, Ansu Fati, Rodrigo, dan Bryan Gil

Fati bisa menjadi pemain yang membuat perbedaan dari bangku cadangan untuk Spanyol setelah tampil mengesankan di awal musim bersama Barcelona.

 

5 dari 5 halaman

Prediksi Starting XI Spanyol

Spanyol tidak diragukan lagi memiliki kemampuan untuk melangkah jauh di Piala Dunia 2022, meskipun apakah mereka dapat mengangkat trofi masih bisa diperdebatkan.

Catatan minor musim lalu menjadi penyebabnya. Spanyol tersingkir di babak penyisihan grup pada 2014 dan 16 besar empat tahun lalu.

Di sisi lain, ada tanda-tanda selama beberapa tahun terakhir bahwa Spanyol membuat kejutan di Qatar. Dan, pon pentingnya adalah seberapa tepat Enrique untuk memilih pemain ke Piala Dunia 2022.

Berikut prediksi Starting XI Spanyol:

Unai Simon, Dani Carvajal, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Sergio Busquets, Koke, Pedri; Pablo Sarabia, Alvaro Morata, Ferran Torres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.