Sukses

Erik Ten Hag Ungkap Kondisi Varane, Timnas Prancis Dapat Kabar Baik Menuju Piala Dunia 2022

Erik Ten Hag telah mengungkap kondisi terbaru Raphael Varane. Dia menyatakan, sang pemain akan absen panjang, tapi berpeluang besar main di Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United Erik Ten Hag mengungkap kondisi terkini pemainya, Raphael Varane.

Sebelumnya, Varane mengalami cedera saat MU bermain imbang 1-1 dengan Chelsea di Stamford Bridge, Sabtu (22/10/2022).

Pada laga tersebut, Varane tampak mengalami kesakitan saat ditarik ke luar pada menit ke-60. Dia tidak berjalan menuju bench pemain. Bersama tim medis, Varane langsung menuju ruang ganti.

Varane begitu terpukul dengan kondisinya. Wajar saja, karena Piala Dunia 2022 Qatar tinggal sebentar lagi. Sebab bukan tidak mungkin, cedera yang menimpanya bakal membuatnya absen pada event ini.

Absenya Varane juga merupakan kerugian bagi Prancis. Pasalnya, Varane adalah pemain utama, termasuk saat menjadi juara di Piala Dunia 2018.

Kini, Ten Hag telah mengungkap kondisi terbaru Varane. Dia menyatakan, sang pemain akan absen panjang, tapi berpeluang besar main di Piala Dunia 2022.

Hal itu ia ucapkan jelang laga melawan Sheriff Tiraspol di Liga Europa, Kamis (27/10). Varane harus absen dalam enam laga MU jelang Piala Dunia 2022.

"Raphael Varane tidak ada dalam skuad. Dia akan absen, tentu saja sampai Piala Dunia 2022, sehingga dia tidak akan bermain di blok [permainan] ini untuk Man United," ujar Ten Hag dikutip dari situs resmi Man Utd.

Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember. Ini akan jadi Piala Dunia pertama yang berlangsung pada musim dingin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keyakinan Ten Hag

Ten Hag mengaku tidak bisa 100 persen memastikan Varane akan memperkuat timnas Prancis di Piala Dunia 2022. Tapi juru taktik asal Belanda itu cukup yakin dengan peluang mantan bek Real Madrid itu.

"Saya rasa dia bisa main di Piala Dunia, tapi kita mesti melihat bagaimana perkembangan situasinya dan bagaimana rehabilitasinya berjalan," ucapnya.

MU United masih punya enam pertandingan lagi sampai Piala Dunia 2022. Setelah menghadapi Sheriff, Jumat (28/10) dini hari WIB, MU akan melawan West Ham United, Real Sociedad, Aston Villa (2 kali, di Liga Inggris dan Piala Liga Inggris), dan Fulham.

3 dari 5 halaman

Favorit Juara

Timnas Prancis berstatus sebagai juara bertahan di Piala Dunia 2022 Qatar. Itu setelah mereka mengalahkan Kroasia di babak final Piala Dunia 2018 dengan skor 4-2.

Di Piala Dunia 2022, Prancis tergabung di Grup D. Les Bleus akan menghadapi Australia, Denmark, dan Tunisia.

Prancis memastikan diri lolos ke putara final Piala Dunia 2022 pada akhir tahun lalu, atau tepatnya (14/11/2021).

Kemenangan besar atas Kazakhtan di Parc des Princes, pada laga Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, sekaligus memastikan Prancis ke Piala Dunia edisi ke-22 ini.

Mereka melibas Kazakhtan dengan skor 8-0. Gelontoran gol Prancis lahir dari empat gol Kylian Mbappe, brace Karim Benzema dan masing-masing torehan satu gol dari Adrien Rabiot dan Antoine Griezmann.

Di akhir kualifikasi, Prancis memuncaki klasemen Grup D dengan poin 18 dari delapan pertandingan. Mereka meraih lima kemenangan dan tiga kali imbang, tanpa kalah sekali pun.

4 dari 5 halaman

Dijagokan Messi

Peluang Prancis untuk mempertahankan gelar di Piala Dunia 2022 diakui megabintang Argentina, Lionel Mesi terbuka lebar.

Menurut Messi, Prancis memiliki pemain berkualitas di setiap lini. Dan, tidak ada berbedaan yang mencolok antara pemain inti dan cadangan.

"Prancis adalah tim nasional yang mengesankan, bahkan saat itu (2018) kami mengatakan mereka adalah kandidat juara dan akhirnya menjadi juara," ujar Messi, seperti dikutip Sportkeeda.

"Dan saya pikir untuk Piala Dunia ini mereka akan kembali bersatu. Prancis akan mencoba sekali lagi untuk menjadi juara dunia," sambungnya.

5 dari 5 halaman

Ancaman Kutukan Piala Dunia

Meski begitu, Prancis tak boleh jemawa. Pasalnya, ada kutukan Piala Dunia yang mengincar mereka, yakni sang juara bertahan langsung hancur di fase grup.

Hal itu terjadi sejak lima edisi terakhir Piala Dunia, empat juara bertahan selalu kandas di fase grup. Dan, Prancis pun pernah mengalaminya.

Momen itu terjadi pada Piala Dunia 2002. Berstatus sebagai juara beratahan di edisi 1998, Prancis menjadi unggulan. Apalagi mereka juga berhasil menjadi juara di Euro 2000

Di laga perdana, Prancis mengalami kekalahan yang mengejutkan. Mereka ditumbangkan 0-1 oleh Senegal.

Di laga kedua, Prancis bersua Uruguay. Kemenangan pun menjadi harga mati untuk pasukan Roger Lemerre untuk melaju ke babak 16 besar.

Namun, pada kenyataanya Prancis hanya mampu bermain imbang 0-0. Hasil ini memang belum menutup peluang Prancis ke babak 16 besar.

Penentuannya ada di laga terakhir malwan Denmark. Namun, bukannya meraih kemenangan, Prancis malah hancur 0-2.

Dennis Rommedahl dan Jon Dahl Tomasson sukses mengirim Prancis ke dasar klasemen. Prancis pun harus angkat koper dari Piala Dunia 2002 Korea Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.