Sukses

Unik! Stadion Piala Dunia 2022 Al-Thumama di Qatar Berbentuk Peci

Berikut ini ulasan mengenai Stadion Piala Dunia 2022 Al-Thumama Stadium di Qatar yang memiliki sejumlah keunikan

Liputan6.com, Jakarta- Piala Dunia 2022 akan segera berlangsung di Qatar pada 20 November 2022 mendatang. Untuk itu, Pemerintah Qatar telah menyiapkan delapan stadion untuk menggelar seluruh pertandingan.

Mengutip dari laman Khaleejtimes, Selasa (25/10/2022), delapan Stadion Piala Dunia 2022 antara lain yaitu Lusail Iconic Stadion, Education City Stadion Al Rayyan, Al Bayt Stadion, Ahmad Bin Ali Stadion, Khalifa International Stadion, Al Janoub Stadion, Stadion 974, dan Al Thumama Stadion Doha.

Delapan stadion Piala Dunia 2022 di Qatar memiliki kemegahan dan keunikannya masing-masing. Salah satu yang Stadion Piala Dunia 2022 yang terunik adalah Stadion Al-Thumama, Doha.

Stadion Al-Thumama mulai dibangun sejak 2017 dan bisa dibilang istimewa dalam proses pembangunannya, karena memang dipersiapkan sebagai Piala Dunia 2022. Stadion ini baru diresmikan pada Oktober 2021 dengan menggelar pertandingan debutnya Final Emir Cup 2021 dan FIFA Arab Cup 2021.

Hingga kini, Stadion Al-Thumama sudah digunakan untuk menggelar enam pertandingan, termasuk semifinal Arab Cup 2021 antara Qatar melawan Aljazair.

Berikut ini Liputan6.com sajikan ulasan mengenai Stadion Al-Thumama, Doha, Qatar yang punya sejumlah keunikan, dirangkum dari berbagai sumber:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi Dekat Bandara

Stadion Al-Thumama mulai dibangun sejak 2017 dan bisa dibilang istimewa dalam proses pembangunannya, karena memang dipersiapkan sebagai Piala Dunia 2022. Stadion Al Thumama memiliki keistimewaan ketimbang stadion-stadion lainnya di Piala Dunia. Pasalnya, venue ini cukup dekat dengan Bandara Internasional Hamad, yaitu berjarak hanya 8 km saja.

Dari segi kapasitas, Stadion Al-Thumama memiliki kapasitas yang standar seperti stadion Piala Dunia pada umumnya, yakni 40.000 kursi.

Disebutkan bahwa setelah Piala Dunia 2022 usai, setengah dari total kursi yang ada akan dibongkar. Hal itu dilakukan untuk memberi ruang pada tempat-tempat pelayanan publik bagi masyarakat sekitar.

 

3 dari 4 halaman

Desain Berbentuk Peci

Selain lokasinya yang tak jauh dari bandara, Stadion Al-Thumama juga memiliki keunikan dari segi desainnya. Jika dilihat sekilas dari kejauhan, bentuk dari Stadion Al-Thumama menyerupai gahfiya tradisional atau peci yang dipakai kaum laki-laki Arab.

Ya, bentuk stadion ini melingkar dengan warna dominan putih. Al-Thumama dirancang oleh Arsitek Ibrahim Jaidah. Ibrahim mengungkapkan, ia ingin membuktikan bahwa ajang Piala Dunia adalah event yang bisa dirayakan oleh semua orang di Qatar.

"Inspirasinya selaras dengan janji Qatar bahwasanya Piala Dunia 2022 nanti adalah ajang yang dirayakan semua orang di sini. Saya yakin desain tersebut beresonansi dengan komunitas atau budaya Arab, dan kami sangat bangga dengan rancangan inovatif ini," kata Jaidah kepada Goal International.

"Konsepnya sebenarnya sederhana saja, di mana selama perancangan, dibantu dengan 13 mitra lainnya, kami mencoba untuk mengulik memori masa kecil di kawasan Aljasra. Kami mencoba mengaplikasikan kultur Arab seperti thawb (jubah khas Arab) dan gahfiya," sambungnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Teknologi Pendingin

Stadion Al Thumama akan menerapkan sistem pendingin secara artifisial sebagai bagian dari strategi agar udara di stadion sejuk.

Selain itu, udara dalam stadion didinginkan menggunakan kipas bertenaga energi matahari kemudian dilepaskan ke seluruh area venue.

Kehadiran Stadion Al Thumama begitu megah di tengah lingkungan hijau yang rimbun.

Area bermain dan relaksasi telah dibuat tidak hanya untuk mempercantik venue, tetapi untuk lebih meningkatkan kehidupan dan masa depan komunitas lokal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.