Sukses

Fajar/Rian dan Kevin/Marcus Disebut dari Malaysia, Ini Penjelasan Federasi Bulu Tangkis Denmark

Peristiwa kurang mengenakkan terjadi pada seremoni hadiah juara Denmark Open 2022. Duo ganda putra Indonesia yang bertemu di final, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menderita salah identitas.

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa kurang mengenakkan terjadi pada seremoni hadiah juara Denmark Open 2022. Duo ganda putra Indonesia yang bertemu di final, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon menderita salah identitas.

Pembawa acara menyebut kedua pasangan berasal dari Malaysia.

"Selamat kepada Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. Kami sungguh menyesal atas kesalahan dalam pengumuman. Fajar Alfian/Muhammad Ardianto dan Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo tentu saja berasal dari Indonesia. Kami tahu itu. Ini adalah kesalahan manusiawi. Kami harap Anda bisa menerima permintaan maaf ini," tulis Federasi Badminton Denmark di akun resmi media sosial.

Fajar/Rian memupus harapan Kevin/Marcus untuk meraih gelar juara pertamanya pada 2022. Fajri mengalahkan Minions 21-19 dan 28-26 dalam waktu 47 menit, Minggu (23/10/2022).

Kevin/Marcus sejatinya punya peluang untuk memenangkan gelar juara Denmark Open. Sebab, mereka sudah unggul atas Fajri/Rian di gim pertama dan kedua.

Pada gim pertama, Kevin/Marcus sempat unggul jauh 18-11 setelah interval. Tetapi, Fajar/Rian merebut tujuh poin beruntun untuk membalikkan skor menjadi 18-17.

Kevin/Marcus sempat meraih dua poin tambahan untuk kembali memimpin 19-18. Namun, tiga poin beruntun yang didapat Fajar/Rian membuat mereka memenangkan gim ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gim Kedua

Di gim kedua, Kevin/Marcus kembali memimpin perolehan poin atas Fajar/Rian. Hingga interval, pasangan ini unggul 11-5.

Tetapi, secara perlahan Fajar/Rian mampu memperkecil skor menjadi 14-16. Kevin/Marcus berpeluang untuk memenangkan gim kedua setelah unggul 20-17.

Namun, Fajar/Rian tak mau menyerah begitu saja. Setelah memaksa deuce, juara Indonesia Masters 2022 itu berbalik unggul 21-10 atas Kevin/Marcus.

Setelah tujuh kali deuce, Fajar/Rian akhirnya mengakhiri perlawanan Kevin/Marcus. Mereka menang dengan skor 28-26.

3 dari 3 halaman

Rindu Gelar

Sebelumnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menargetkan kembali juara usai melangkah ke final Denmark Open 2022. The Minions terakhir kali meraih podium juara di Indonesia Open 2021.

Setelah itu, pasangan yang dijuluki The Minios ini belum kembali meraih podium juara. Prestasi terbaik mereka adalah perempat final Indonesia Masters 2022, sebelum lolos ke final Denmark Open.

"Kembali masuk final, saat ini kami berdua kangen menjadi juara," kata Marcus seusai laga semifinal Denmark Open, Sabtu, 22 Oktober. "Semoga kami bisa mendapatkan hasil yang terbaik dan bisa juara di sini," timpal Kevin.

Namun, pasangan bulu tangkis yang kini menempati peringkat tiga dunia itu harus menunggu ambisnya untuk kembali meraih gelar juara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.