Sukses

ONE Championship: Duel John Lineker vs Fabricio Andrade Berakhir Tanpa Kontes

Andrade melakukan serangan lutut yang tidak disengaja ke pangkal paha Lineker. Akibatnya Lineker tak bisa melanjutkan pertarungan akbar di ONE Championship edisi ONE Fight Night 3 itu.

Liputan6.com, Jakarta- ONE Championship sukses menggelar hajatan akbar ONE Fight Night 3 atau ONE on Prime Video 3. Berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, ONE Fight Night 3 menyajikan duel John Lineker vs Fabricio Andrade pada Sabtu (22/10/2022).

Pertarungan utama antara mantan Juara Dunia ONE Bantamweight Lineker dan penantang peringkat 2 Andrade berakhir dengan kontroversi di pertengahan ronde ketiga. Penyebabnya Andrade melakukan serangan lutut yang tidak disengaja ke pangkal paha Lineker.

Kedua rival sengit itu saling bertukar serangan sejak bel pembukaan dibunyikan, “Wonder Boy” berusaha untuk mendominasi dengan pukulan jab tangan kanannya. Lineker menemukan celah untuk mendaratkan pukulannya yang menggelegar dan membuat Andrade goyah di ronde kedua.

Namun, petarung yang lebih muda itu melakukan serangan dengan pukulan yang membuat kerusakan cukup besar pada John Lineker dan menyebabkan luka pada mata kanan petarung veteran itu di penghujung ronde.

Di ronde ketiga, Andrade melanjutkan serangannya dengan lutut ke bagian tengah tubuh dan membuat Lineker terhuyung-huyung kesakitan. “Wonder Boy” mencoba meneruskannya dengan serangan lutut lainnya, tetapi secara tidak sengaja mendarat di bawah garis pinggang.

Setelah melakukan pemulihan selama lima menit, Lineker tidak bisa lagi melanjutkan. Pertarungan tersebut akhirnya dinyatakan tanpa kontes (no contest) dan gelar Juara Dunia ONE Bantamweight sekarang masih kosong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Regian Eersel

Dalam laga pendukung utama, Regian Eersel menjadi Juara Dunia dua cabang olahraga ONE, merebut gelar Juara Dunia ONE Lightweight Muay Thai perdana setelah tampil efisien melawan bintang Thailand Sinsamut Klinmee. Aksi berlangsung sengit sepanjang lima ronde pertandingan, dengan kedua petarung itu saling melakukan aksi jual beli kombinasi serangan terbaik masing-masing.

Sinsamut adalah permainan dari awal hingga akhir, memakai kerusakan Eersel di wajahnya dengan baik. Tapi petarung Belanda-Suriname itu tampil terlalu baik dan tanpa celah, “The Immortal” meningkatkan intensitas serangannya di ronde terakhir untuk meraih kemenangan dengan keputusan terpisah (split-decision).

Petarung remaja nan sensasional dengan keahlian Brazilian Jiu-Jitsu Kade Ruotolo merebut gelar Juara Dunia ONE Lightweight Submission Grappling perdana, mengalahkan Juara Dunia Sambo beberapa kali Uali Kurzhev melalui heel hook.

Ruotolo terus-menerus menyerang, tetapi begitu dia menjebak Kurzhev dalam situasi kuncian kaki, petarung Amerika itu memegang tumitnya dan menekan lutut untuk memaksa musuhnya menyerah. Ruotolo juga menerima bonus 50.000 dollar Amerika Serikat atas penampilannya.

3 dari 4 halaman

Sitthichai

Dalam kontes kickboxing kelas featherweight, Sitthichai Sitsongpeenong dan Mohammed Boutasaa tampil dengan menyajikan pertarungan terbuka selama tiga ronde yang melelahkan. Keduanya saling bertukar serangan di ronde pembuka.

Boutasaa melakukan upaya serangan yang lebih agresif di ronde kedua ketika Sitthichai cenderung untuk bertahan dan membalas. Di ronde ketiga, bintang Thailand itu menjadi lebih hidup, bergerak maju dengan serangan yang lebih terukur. Pada akhirnya, ketiga juri menilai pertarungan layak dimenangkan oleh Sitthichai dengan keputusan bulat.

4 dari 4 halaman

Hasil Lengkap

Pemenang bonus penampilan: Kade Ruotolo (US$50.000), Shamil Gasanov (US$50.000), Mehdi Zatout (US$50.000), dan Noelle Grandjean (US$50.000)

KARTU UTAMA

MMA - Catchweight (145.50 lbs): John Lineker vs. Fabricio Andrade dinyatakan tidak ada kontes (no contest) di ronde ketiga

Muay Thai - Lightweight: Regian Eersel kalahkan Sinsamut Klinmee melalui Keputusan Terpisah

Submission Grappling - Catchweight (174.00 lbs): Kade Ruotolo kalahkan Uali Kurzhev melalui Submission (Heel Hook) pada menit 4:26

Kickboxing - Featherweight: Sitthichai Sitsongpeenong kalahkan Mohammed Boutasaa melalui Keputusan Bulat

MMA - Featherweight: Shamil Gasanov kalahkan Kim Jae Woong melalui Submission (Rear-Naked Choke) pada menit 2:09 ronde 1

KARTU PEMBUKA

MMA - Catchweight (127,00 lbs): Jeremy Miado kalahkan Danial Williams melalui TKO pada detik 0:31 ronde 3

Muay Thai - Flyweight: Taiki Naito kalahkan Amir Naseri melalui Keputusan Bulat

Muay Thai - Bantamweight: Mehdi Zatout kalahkan Asa Ten Pow melalui TKO pada menit 3:00 ronde 1

MMA - Catchweight (116,75 lbs): Noelle Grandjean kalahkan Lea Bivins melalui TKO pada menit 4:01 ronde 1

KARTU TAMBAHAN (SETELAH ACARA)

MMA - Featherweight: Yoon Chang Min kalahkan Keanu Subba melalui Keputusan Bulat

MMA - Welterweight: Agilan Thani kalahkan Ilja Stojanov melalui Submission (Rear-Naked Choke) pada menit 1:48 ronde 2

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.