Sukses

Covid-19 Mulai Terkendali, Menpora Berharap Kejurnas Olahraga Kembali Rutin Digelar

Menpora berharap semakin banyak kejurnas olahraga digelar lagi setelah pandemi virus corona Covid-19 perlahan membaik.

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada Rabu (19/10/2022) membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Squash 2022, di Lapangan Squash GBK Senayan Jakarta Pusat. Menpora senang sekarang ini banyak cabang olahraga mulai rutin menggelar kejurnas lagi.

Pembukaan Kejurnas Squash ini dilakukan Menpora dengan didampingi Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman dan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI) Sylviana Murni.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bola squash oleh Menpora Amali, Ketum KONI Pusat Marciano Norman, dan Ketum PB PSI Sylviana Murni. Turut menghadiri dari Kemenpora Asdep Orpres Surono, dari NOC Indonesia Indra Gumulya, dan Kadispora DKI Jakarta Achmad Firdaus.

Menpora Amali menilai bahwa, PB PSI luar biasa dalam pembinaan atlet karena bak disaat pandemi maupun disaat landai seperti sekarang terus mengadakan Kejurnas.

"Pagi ini saya membuka Kejurnas Squash 2022. Luar biasa squash ini, pada saat pandemi yang masih tinggi juga melakukan kejurnas, sekarang sudah dalam keadaan melandai, saya kira ini satu hal yang wajib dilakukan oleh semua cabor," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peran Penting Kejurnas

Menpora senang kejurnas mulai banyak digelar oleh cabor-cabor lagi setelah pandemi virus corona Covid-19 mulai melandai. Menurutnya Kejurnas penting untuk menjadi tolak ukur para atlet.

"Kejurnas itu penting, supaya pembinaan itu ada tempat mengevaluasi dan menilai," tegas Menpora Amali.

"Sebab kalau hanya mereka dibina dan berlatih saja kemudian tidak ada tempat mereka untuk bertanding, susah kita untuk memantau prestasinya. Kejurnas adalah salah satu cara untuk memantau pembinaan di daerah-daerah sudah sejauh mana," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

KONI

Sebelumnya, Ketua KONI Pusat Marciano Norman menyampaikan bahwa, cabang olahraga squash akan dipertandingkan di PON ke-21 Aceh-Sumut. Oleh karenanya kepada Ketua Umum dan jajaran PB PSI untuk secara masif mensosialisasikan olahraga squash kepada masyarakat luas agar dapat dimengerti dan diketahui apa sebenarnya squas itu, mengingat masih banyak yang belum tahu.

"Squash ini akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional ke-21 Tahun 2024 di Aceh-Sumut, oleh karena itu saya mendorong Ketua Umum PB PSI untuk terus memasyarakatkan olahraga squash ini," ucap Ketum KONI Marciano.

 

4 dari 4 halaman

19-23 Oktober

"Squash ini karena dari venue-nya tidak terlalu rumit bisa saya sarankan untuk dimulai dari sekolah. Jadi sekolah-sekolah menyiapkan tempat dan anak-anak bisa belajar squash, beberapa tahun ke depan atlet squash ada di 34 provinsi dan prestasinya akan meningkat," harapnya.

Kejurnas squash 2022 ini akan dihelat dari 19-23 Oktober. Ajang ini diikuti atlet dari 17 provinsi, dengan jumlah atlet dan ofisial mencapai 150 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.