Sukses

Masuk Pot 2 Undian Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia Sekelas dengan Australia dan Jepang

Timnas Indonesia U-20 dipastikan masuk pot 2 undian Piala Asia U-20 2023 bersama Jepang, Australia, dan Tajikistan. Dengan demikian, Garuda Nusantara terhindar dari ancaman Negeri Sakura, dan bakal menghadapi lawan-lawan dari pot 1, 3, serta 4.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia resmi masuk ke pot 2 undian Piala Asia U-20 2023. Kepastian itu diperoleh usai seluruh babak kualifikasi rampung dilaksanakan pada Selasa (18/10/2022) kemarin.

Garuda Nusantara kini berada di pot yang sama dengan tim kuat sekelas Jepang, Australia, dan Tajikistan. Situasi itu membuat penggawa Merah Putih dikonfirmasi tak bakal satu grup bersama negara-negara tersebut.

Seperti diketahui, terdapat total 16 negara yang sudah tembus dari fase Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Mereka adalah tim tuan rumah, juara dari tiap-tiap grup, serta lima runner-up.

Timnas Uzbekistan berhak mendapat tiket ke putaran final lantaran negaranya terpilih menjadi lokasi perhelatan Piala Asia U-20 tahun depan.

Indonesia bersama Arab Saudi, Qatar, Jepang, Yordania, Korea Selatan, Oman, Australia, Tajikistan, dan Iran lolos berkat keberhasilannya keluar sebagai juara grup masing-masing.

Sementara itu, lima slot lainnya menjadi milik Vietnam, Kirgizstan, China, Irak, dan Suriah, yang menyandang predikat sebagai runner-up grup terbaik.

Putaran final Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1–18 Maret 2023 mendatang. Negara-negara yang sudah terbagi ke dalam empat pot selanjutnya akan diundi untuk menentukan pembagian grup A, B, C, dan D.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Calon Lawan Indonesia

Indonesia memang terhindar dari ancaman Jepang dan Australia di putaran final Piala Asia U-20 2023. Walau begitu, bukan berarti langkah pasukan Garuda Nusantara bakal mudah.

Mereka harus menghadapi perlawanan dari negara-negara di pot 1, 3, dan 4. Bukan hal yang mustahil jika skuad asuhan Shin tae-yong nantinya ditantang oleh tim digdaya seperti Korea Selatan, Arab Saudi, maupun Qatar.

Sebagai informasi, pot 1 undian Piala Asia U-20 2023 dihuni oleh Uzbekistan, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Qatar.

Pot 3 diramaikan oleh Yordania, China, Irak, serta Vietnam. Sementara itu, pot 4 beranggotakan Iran, Oman, Suriah, dan Kirgizstan.

3 dari 3 halaman

Jalani Pemusatan Latihan

Demi menghadapi sengitnya persaingan di Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia U-20 dikirim untuk menjalani pemusatan latihan (TC) selama dua bulan di negara-negara Eropa, yakni Turki dan Spanyol.

Dilansir dari Antara, Timnas Indonesia U-20 telah bertolak ke Turki sejak Sabtu (15/10/2022) lalu. Garuda Nusantara bahkan sudah memulai sesi latihan keesokan harinya. Sejumlah negara Eropa nantinya dijadwalkan menjadi lawan Indonesia dalam laga uji coba.

Juru taktik pasukan Merah Putih Shin Tae-yong memaparkan, pemusatan latihan kali ini dimaksudkan untuk membentuk kerja keras dan kedisiplinan para pemain. Ia ingin penggawa Timnas Indonesia tetap fokus dan meningkatkan kemampuan selama TC.

“(Saat menjalani pemusatan latihan), pemain harus bekerja keras, disiplin, fokus, dan terus berupaya meningkatkan kemampuannya,” ujar pelatih asal Korea Selatan, seperti dikutip dari laman resmi PSSI pada Minggu (16/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.