Sukses

Moncer di Manchester City, Erling Haaland Diragukan Bisa Saingi Rekor Messi dan Cristiano Ronaldo?

Sejumlah pakar sepak bola memuji performa Erling Haaland di Manchester City. Walau begitu, pengamat ragu Erling Haaland mampu mencapai level duo legenda: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Liputan6.com, Jakarta - Erling Haaland terus menarik perhatian sejak kedatangannya ke Manchester City. Pemain internasional Norwegia itu bertransformasi menjadi sosok menakutkan bagi lini belakang tim-tim pesaing berkat penampilannya yang tajam di depan gawang.

Seperti diketahui, Haaland sukses mencetak 15 gol hanya dalam sembilan pertandingan di Liga Inggris. Eks penggawa Borussia Dortmund juga mampu membobol gawang lawan 20 kali setelah membukukan 13 laga bersama City di semua ajang.

Gol teranyar Haaland tersaji dalam duel melawan Southampton. Tampil di hadapan publik sendiri, ia mempertegas kemenangan The Citizens atas tim tamu usai mengoyak jaring The Saints pada menit ke-65. Skuad asuhan Pep Guardiola pun berjaya 4–0.

Daily Mail menyebut catatan Erling Haaland membuatnya nyaris mengoleksi 200 gol sepanjang kariernya di kancah sepak bola. Capaian itu tergolong mengesankan. Pasalnya, Haaland saat ini baru menginjak usia 22 tahun.

Sejumlah pengamat pun melontarkan pujian bagi putra Alf-Inge itu. Mantan legenda Chelsea Joe Cole menilai Haaland sebagai game changer.

“Orang ini (Haaland) telah mengubah permainan. Kita perlu melihat kembali pakar-pakar BT Sport, serta mereka yang pernah mengatakan bahwa Haaland tidak akan mencetak gol. Hal yang dilakukannya saat ini benar-benar tidak masuk akal,” ujar Cole.

Rio Ferdinand juga mengakui bahwa penampilan Haaland di klubnya luar biasa. Meski sempat diragukan bakal tampil moncer bersama The Citizens, penggawa Timnas Norwegia nyatanya mampu membuktikan kualitasnya di bawah asuhan Guardiola.

“Dia melakukannya (mencetak banyak gol) di Premier League. (Padahal) orang-prang dulu bilang dia hanya bisa melakukan itu di Jerman. Saya sempat khawatir (Haaland) tidak mampu mencetak gol seperti sebelumnya saat di City,” tutur Ferdinand.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak Seperti Messi dan Ronaldo

Terlepas dari catatannya yang gemilang, pengamat rupanya masih ragu Erling Haaland bakal menjadi sosok sebesar Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Seperti diketahui, CR7 baru saja membuat pencapaian baru dalam kariernya. Pemain internasional Portugal sukses mencetak gol ke-700 di level klub saat dirinya membela Manchester United dalam laga kontra Everton.

Adapun Messi memang belum membukukan gol sebanyak itu. Walau demikian, pesepak bola asal Argentina tengah menuju ke jalan yang sama dengan Ronaldo, setelah mengoleksi 691 gol sepanjang kiprahnya di kancah sepak bola.

“Haaland mungkin mencetak banyak gol, tetapi apakah dia akan memiliki kualitas (yang sama)? Saya tidak yakin. Kita kemungkinan tak akan melihat (pemain) yang seperti ini untuk waktu yang sangat lama,” tutur Cole kala membandingkan Ronaldo dan Haaland.

3 dari 5 halaman

Tanggapan Lain

Ferdinand juga sependapat dengan Cole. Ia menilai tak banyak pesepak bola bola yang mampu mempertahankan kualitasnya untuk waktu yang lama, seperti Messi dan Ronaldo.

Menurutnya, Erling Haaland dan Kylian Mbappe yang juga tengah naik daun belum berada di level yang sama dengan duo legenda.

“Kami bicara soal legenda, tidak ada dari mereka yang mampu mempertahankan kehebatannya untuk waktu selama ini. Kami melihat Haaland dan Mbappe, tetapi mereka rasanya tidak akan mencapai (level itu),” pungkas Ferdinand.

4 dari 5 halaman

Laga Selanjutnya

Sekadar informasi, City dan Haaland saat ini tengah bertengger di peringkat dua klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 23 poin dari sembilan pertandingan. Tim racikan Guardiola hanya tertinggal satu angka dari Arsenal yang menghuni posisi puncak.

Adapun The Citizens selanjutnya akan meladeni perlawanan Liverpool dalam pekan ke-11 Liga Inggris 2022/2023 yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (16/10/2022) pukul 22.30 WIB.

Bicara dari segi peluang, Manchester City punya kesempatan besar untuk menaklukkan The Reds di laga tersebut. Pasalnya, mereka lebih teruji dibanding calon lawannya.

Liverpool diketahui hanya mampu menempati peringkat 10 klasemen sementara dengan raihan 10 angka. Anak-anak asuh Jurgen Klopp baru menang dua kali dari total delapan pertandingan yang sudah dilalui di Liga Inggris musim ini.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.