Indonesia Kembali Ikut Piala Dunia Anak Jalanan 2022

Oleh Thomas pada 07 Okt 2022, 22:00 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 22:00 WIB
Tim Indonesia di Piala Dunia Anak Jalanan 2022
Perbesar
Tim Indonesia di Piala Dunia Anak Jalanan 2022

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia kembali akan ikut serta di Piala Dunia Anak Jalanan (Street Child World Cup). Setelah 2014 di Brazil dan 2018 di Rusia, Indonesia kembali mengirim Tim Garuda Baru untuk berlaga di ajang internasional Street Child World Cup (SCWC) 2022 di Doha, Qatar.

Piala Dunia Anak Jalanan 2022 rencananya berlangsung 8 sampai 15 Oktober 2022. Tim Garuda Baru ini terdiri dari 9 pemain putri yang sudah menjalani tahap seleksi pada Agustus hingga September 2021.

Anak-anak yang terpilih berasal dari berbagai kota di wilayah Jabodetabek. Para peserta yang berhak mengikuti seleksi diwajibkan terlebih dahulu mengikuti pelatihan bola selama 2 tahun.

Tim Garuda Baru menjalani pembinaan intensif pada Oktober 2021 hingga Agustus 2022 dan menjalani karantina di Rumah Perubahan milik Rhenald Khasali pada September 2022 selama hampir 1 bulan. Mereka yang terpilih memiliki latar belakang pernah terkoneksi dengan kehidupan jalanan; pernah bekerja atau rentan turun ke jalan.

Tahun ini Indonesia hanya mengirimkan tim putri ke ajang SCWC 2022, mereka bukan hanya berjuang untuk meraih prestasi, tetapi juga turut menjadi suara anak-anak marginal di Indonesia untuk bisa mendapatkan persamaan hak dan perlindungan dari kekerasan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


10 Tahun

Forum CSR Indonesia mendukung penuh program ini kepada seluruh kontingen yang berangkat. Mahir Bayasut sebagai inisiator Tim Garuda Baru sekaligus Ketua Umum Pengurus Nasional Forum CSR Indonesia, mengatakan bahwa dukungan ini adalah wujud kepedulian Forum CSR Indonesia terhadap hak dan perlindungan bagi anak-anak Indonesia.

“Sudah hampir 10 tahun terlibat dalam piala dunia anak jalanan ini, Melalui SCWC anak-anak jalanan mendapat kesempatan untuk menyuarakan hak mereka. Mereka juga bisa memiliki pengalaman baru dengan bertemu anak-anak dari negara lain dan berkesempatan untuk mewujudkan cita-cita. Forum CSR Indonesia akan terus mendukung dan melindungi hak-hak anak Indonesia” ujar Mahir.


Diikuti 12 Negara

Ajang SCWC tim puteri diikuti 12 negara antara lain Indonesia, Brasil, Bangladesh, Bolivia, Colombia, India, Meksiko, Palestina, Peru, Filipina, Amerika Serikat, dan Zimbabwe. Tim Garuda Indonesia sudah berangkat ke Doha pada Kamis, 6 Oktober 2022.

Pasca acara akan terdapat pembinaan lanjutan untuk alumni Tim Garuda Baru mulai Desember 2022 hingga Maret 2023. Selain itu terdapat juga Promosi Hak Anak yang akan diselenggarakan pada Januari hingga Maret 2023.

“Mari kita dukung dan doakan bersama. Kami optimis Tim Garuda Baru dapat bermain dengan baik dan memberikan prestasi di ajang internasional SCWC 2022 ini. Kami juga berharap setelah berlaga di SCWC 2022, Tim Garuda Baru dapat memiliki kehidupan dan masa depan yang lebih baik,” pungkas Mahir.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya