Marah Dicurangi Wasit Saat Lawan Inter Milan, Barcelona Akhirnya Ambil Sikap Ini

Oleh Defri Saefullah pada 07 Okt 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 12:00 WIB
Foto: Kecewanya Penggawa Barcelona Saat Disingkirkan Eintracht Frankfut dari Liga Europa di Kandang Sendiri
Perbesar
Xavi Hernandez marah besar dengan wasit yang memimpin Inter Milan vs Barcelona (AP/Joan Monfort)

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona marah besar dengan kepemimpinan wasit asal Slovenia Slavko Vincic saat menghadapi Inter Milan di Liga Champions, Rabu (5/10/2022) dini hari WIB lalu. Barca harus terima kenyataan pahit karena satu gol dianulir karena hanball.

Namun saat bek Inter Milan, Denzel Dumfries kena handball, wasit tidak melihat VAR dan tak memberikan penalti untuk Barcelona. Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez gusar.

Kubu Barcelona pun sempat berniat untuk mengajukan protes khusus kepada UEFA. Di ruang ganti, Xavi marah marah, sesuatu yang tak pernah dilihat pemain.

Setelah dipikirkan matang-matang, Barcelona pilih untuk tetap tenang. Mereka membatalkan rencana untuk mengajukan protes resmi ke UEFA.

Kubu Barca menilai upaya untuk mengajukan protes tak akan membawa hasil apa-apa. Untuk saat ini, rencana itu ditahan dulu.

Barcelona juga terkejut karena wasit yang beroperasi di ruang Video Assistant Referee (VAR) ogah memberi komentar. Sebelumnya ini juga terjadi saat Barcelona tak mendapatkan penalti lawan Bayern Munchen.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Kurang Matang

Robert Lewandoski Dua Gol, Barcelona Lumat  Real Valladolid
Perbesar
Gelandang Barcelona, Pedri berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Valladolid pada pertandingan lanjutan La Liga Spanyol di stadion Camp Nou di Barcelona, Spanyol, Senin (29/8/2022). Barcelona menang telak atas Valladolid 4-0. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Meski kecewa dengan wasit, staf teknis juga mengakui tidak main bagus di Milan. Mereka banyak peluang, pemain Barcelona tak mampu memanfaatkannya dengan baik.

Namun kekecewaan kepada wasit masih muncul. Bek Barcelona, Eric Garcia mengaku gol Pedri yang dianulir wasit bukan karena handball, setidaknya itu yang diucapkan wasit.

"Gol kami dianulir dan saya tak tahu mengapa. Wasit menjelaskan kalau pencetak gol handball, itu tidak sah. Namun kalau teman lain handball, ini valid."

 


Tidak Adil

Barcelona Vs Pumas Unam
Perbesar
Gelandang Barcelona, Franck Kessie (kanan), terjatuh usai ditekel oleh pemain Pumas Unam, Arturo Ortiz, dalam laga bertajuk Trofeo Joan Gamper, Minggu (7/8/2022) malam waktu setempat. (AP Photo/Joan Monfort)

 

Xavi saat konfrensi pers mengatakan, Barcelona sudah diperlakukan tak adil oleh wasit. Sama seperti Garcia, Xavi mengaku tak paham dengan keputusan yang diberikan.

"Saya marah karena ini tidak adil, kami harus menjalaninya. Saya pikir wasit harus bicara dan jelaskan semuanya karena kami tak mengerti apapun," katanya.

Sergi Roberto pun mengungkapkan pendapat yang sama. Dia menilai wasit sudah bersikap aneh.

"Saya tak mengerti ini. Mereka bahkan tak tahu peraturan handball. Mereka memberi handball untuk gol kami, tapi tak melakukannya untuk pemain Inter," katanya.


Pulang ke Barcelona

Joan Laporta
Perbesar
Joan Laporta saat menyapa Lionel Messi di acara pelantikannya menjadi presiden Barcelona (AFP)

Di luar itu, Barcelona mendapatkan kabar bagus. Lionel Messi meninggalkan Barcelona dengan status bebas transfer pada musim panas 2021 lantaran masalah keuangan tim. Pesepak bola berusia 34 tahun itu akhirnya menandatangani kontrak dua musim dengan Paris Saint-Germain.

Kontrak Messi dengan PSG akan berakhir pada Juni 2023. Diyakini bahwa Barcelona tertarik untuk membawa kembali ke Camp Nou dengan status bebas transfer di akhir musim.

Menurut Daily Mail, pemain timnas Argentina itu terbuka untuk gagasan kembali ke Barcelona. Namun, sejauh ini belum ini belum ada pembicaraan serius mengenai kesepakatan dengan raksasa Catalan.

Laporan tersebut juga mengklaim kepergian Sergio Busquets, Gerard Pique, dan Jordi Alba dengan status bebas transfer akan memberi keuangan Barcelona peluang untuk kembali mengontrak Messi.

Ketika ditanya soal Messi awal pekan ini, pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengatakan pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu harus dibiarkan 'dalam damai untuk menikmati waktunya di Paris'. Tapi, mantan rekan Messi di Barcelona itu menolak untuk mengesampingkan langkah di masa depan.

"Dengan Leo, mari kita lihat, tetapi ini bukan saatnya untuk membicarakannya sekarang. Anda tahu cinta yang saya miliki untuknya. Dia adalah teman dan saya akan selalu mendoakan yang terbaik untuknya," kata Xavi kepada wartawan seperti dikutip Sportsmole.


Perpanjang Kontrak

Lionel Messi - PSG - Paris Saint-Germain - 18 September 2022
Perbesar
Bintang Paris Saint-Germain atau PSG Lionel Messi. (Olivier CHASSIGNOLE / AFP)

Penasihat sepak bola Paris Saint-Germain Luis Campos, baru-baru ini, mengatakan PSG ingin memperpanjang kontrak Lionel Messi. Raksasa Prancis itu berharap mempertahankannya di tengah spekulasi saat ini.

"Saya sangat senang dengan dia. Musim lalu sulit baginya. Setelah menjadi ikon di Barcelona selama 20 tahun, dia harus membuat perubahan besar dalam hidup, di tempat yang berbeda dan liga berbeda dari liga Spanyol," kata Campos kepada RMC Sport.

"Dia butuh waktu. Sekarang kita melihat seorang Leo yang secara bertahap akan mencapai level seperti biasanya. Perbarui? Kami harus menang banyak, tapi mudah-mudahan dia bisa bertahan," imbuhnya.

Lionel Messi
Perbesar
Infografis Lionel Messi resmi gabung ke PSG (Abdillah/Liputan6.com)

Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya