Jelang WSBK 2022, Perbaikan di Sirkuit Mandalika Diperkirakan Rampung Akhir Oktober

Oleh Marco Tampubolon pada 06 Okt 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 19:30 WIB
FOTO: Toprak Razgatlioglu Rebut Gelar Juara Dunia di Race 1 WSBK Mandalika 2021
Perbesar
Pembalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu (54) dan pembalap Kawasaki Racing Team Jonathan Rea (1) bersaing pada Race 1 WSBK Mandalika 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/11/2021). (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta Persiapan balap motor WSBK di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 11-13 November 2022 terus dikebut. Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, mengatakan, berbagai penyempurnaan dilakukan demi memenuhi permintaan Dorna dan FIM.

Salah satunya dengan melakukan pengaspalan ulang untuk memperbaiki permukaan lintasan. Selain itu, penyempurnaan juga dilakukan dengan menambah run off pada beberapa tikungan serta perubahan kerb biasa dengan Misano Kerb guna meningkatkan keselamatan para pembalap.

"Permintaan penyempurnaan ini disampaikan oleh Dorna dan FIM setelah melakukan evaluasi atas pelaksanaan balapan MotoGP pada bulan Maret 2022 lalu, serta adanya beberapa perubahan regulasi dari FIM yang mengharuskan Sirkuit dilakukan peningkatan atau upgrading. Pekerjaan penyempurnaan track direncanakan selesai seluruhnya pada akhir Oktober 2022,” kata Andhi Rabu 5 Oktober 2022.

Berkaca dari penyelenggaraan event WSBK 2021 dan MotoGP awal tahun lalu, akomodasi dan traffic management saat penyelenggaraan menjadi hal yang perlu dilakukan perbaikan. Untuk itu, ITDC group telah melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menyelesaikan permasalahan itu.

"Kami berupaya melakukan komunikasi dan kolaborasi kerja sama dengan pihak-pihak terkait guna menyelesaikan permasalahan tersebut. Tingkat ketersediaan akomodasi di NTB menjelang WSBK mencukupi, tercatat lebih dari 10.000 kamar yang siap menerima calon penonton,” kata Andhi.

MGPA juga sudah melakukan audiensi dengan Gubernur NTB Bapak Dr. H. Zulkieflimansyah perihal isu akomodasi dan tarif hotel maupun penginapan. Gubernur NTB telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi yang mengatur batas atas harga kamar berdasarkan zonasi. Hal tersebut, untuk mengantisipasi adanya penyelenggara usaha akomodasi yang mengeluarkan tarif terlampau mahal menjelang balap motor WSBK pada November 2022.

Gubernur NTB juga telah menunjuk Jamaludin Maladi sebagai Komandan Lapangan Persiapan WSBK 2022, di mana salah satu tugas Komandan Lapangan WSBK ini adalah pengendalian harga kamar hotel di Pulau Lombok jelang perhelatan WSBK Mandalika 2022 agar tidak melambung tinggi.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Antisipasi Kemacetan

Foto: Toprak Razgatlioglu Jadi Juara Dunia, Jonathan Rea Menangkan Race 1 dan 2 WSBK Mandalika 2021
Perbesar
Balapan yang awalnya berlangsung pada pukul 14.00 WIB akhirnya harus ditunda hingga 15.30 WIB karena hujan lebat yang terjadi. Hal tersebut membuat race yang awalnya berlangsung selama 21 lap, akhirnya harus dipotong menjadi 12 lap. (AP/Achmad Ibrahim)

Sementara untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di sekitar Sirkuit Mandalika saat event WSBK 2022, MGPA telah berkoordinasi dengan Polda Nusa Tenggara Barat. Polda NTB dan MGPA telah menyiapkan strategi untuk pengaturan kendaraan dan arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan kendaraan yang akan berdatangan ke kawasan Mandalika seperti saat MotoGP 2022 berlangsung. 

“Untuk memenuhi kebutuhan parkir, ITDC MGPA telah membuat kantong-kantor parkir baru untuk menambahkan daya tampung kendaraan agar tidak terjadi kemacetan," kata Andhi.

"ITDC bersama MGPA juga telah menyiapkan total 28 titik parkir yang diperkirakan dapat menampung 110 bus, 9116 mobil, 3172 motor untuk mengakomodir kendaraan penonton. Saat ini telah selesai perluasan ruas jalan dari dan menuju sirkuit yang semula 2 lajur menjadi 4 lajur serta pembangunan pedestrian untuk pejalan kaki, sehingga penonton dapat berjalan dari kantong-kantong parkir ke sirkuit dengan mudah. Semua yang kami lakukan sudah berdasarkan timeline yang ada dan kami optimistis event ini dapat berjalan dengan baik dengan target penonton sesuai yang ditetapkan,” beber Andhi.

 


Bukan Seri Penutup

WSBK seperti diketahui menjadi balap motor bergengsi pertama yang mentas di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Adu kebut kuda besi pabrikan itu berlangsung pada tahun 2021 lalu. 

Karena menjadi seri penutup, Sirkuit Mandalika pun jadi saksi keberhasilan pembalap Yamaha Toprak Razgatlioglue menjadi juara dunia WSBK 2021. Rider Turki itu mengakhiri dominasi Jonathan Rea.

Setelah WSBK, Sirkuit Mandalika kemudian dipercaya menggelar MotoGP pada Maret 2022. Ajang ini berlangsung meriah meski diwarnai guyuran hujan yang cukup deras di hari balapan. 

Pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira menorehkan sejarah sebagai pembalap pertama yang berhasil memenangi balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Oliveira mengungguli Fabio Quartararo dan Johann Zarco. MotoGP Mandalika juga diwarnai kecelakaan yang menimpa pembalap Honda, Marc Marquez. 

 

Berbeda dengan tahun lalu, WSBK di Mandalika, 11-13 November nanti bukan seri penutup. Masih ada satu seri lagi yang akan berlangsung di Sirkuit Grand Ridge Brewery, Australia, 18-20 November 2022.

Saat ini, Alvaro Bautista masih berada di puncak klasemen dengan 394 poin. Sementara juara bertahan, Toprak menguntit di tempat kedua dengan koleksi 335 poin. Sebelum kembali tampil di Mandalika, para pembalap WSBK bakal lebih dulu bersaing di Portugal dan Argentina. 

Motogp
Perbesar
Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya