Tampil Gemilang di Laga Kontra AC Milan, Graham Potter Sebut Reece James Calon Legenda Chelsea

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 06 Okt 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 20:53 WIB
Foto: 5 Pemain Andalan yang Ternyata Menerima Upah Murah di Liga Inggris Musim Ini
Perbesar
Reece James - Produk akademi Chelsea ini menjelma menjadi bek sayap terbaik di Premier League. Tidak hanya tangguh dalam bertahan, ia juga piawai mencetak gol. Namun sayang penghasilan James ternyata merupakan salah satu yang terendah di Chelsea yakni 58 ribu Pounds perminggu. (AFP/Adrian Dennis)

Liputan6.com, Jakarta Chelsea akhirnya mampu memanaskan persaingan Grup E Liga Champions 2022/2023. Di bawah asuhan Graham Potter, The Blues meraih kemenangan perdananya usai membantai AC Milan dengan 3–0 dalam duel yang berlangsung pada Kamis (6/10/2022).

Keberhasilan Chelsea meraih kejayaan di laga tersebut tak lepas dari kontribusi Reece James. Pemain internasional Prancis itu tercatat mampu menyumbangkan satu gol dan satu assist, yang mengantar timnya kini menghuni peringkat dua klasemen sementara grup E.

Adapun dua angka lain bagi kubu Chelsea bersumber dari aksi rekrutan anyarnya, Wesley Fofana dan Pierre-Emerick Aubameyang, masing-masing pada menit ke-24 serta 56.

Potter yang menjadi suksesor Thomas Tuchel di Stamford Bridge langsung memberi sanjungan bagi Reece James selepas pertandingan. Eks manajer Brighton & Hove Albion mengaku senang bekerja sama dengan jebolan akademi Chelsea.

Menurutnya, pesepak bola berusia 22 tahun tersebut memiliki potensi yang luar biasa. Ia bahkan tak ragu menyebut James sebagai calon legenda The Blues.

“Saya pikir Reece adalah pemain yang luar biasa. Ia masih muda, jadi dia masih bisa berkembang sepanjang waktu. Dia akan menjadi lebih baik lagi. Saya sangat senang bekerja dengannya,” ujar Potter pasca pertandingan, seperti dilansir dari Metro.

“Kami (Chelsea) menyukainya, dia sangat penting bagi kami. Tugas saya adalah membantu dia mencapai potensinya, dan potensi (James) adalah menjadi legenda Chelsea.”

“Itulah level yang dia miliki, potensi yang dia miliki. Agar hal itu terwujud, dia harus menjadi bagian dari tim yang sukses. Inilah yang sedang kami upayakan,” sambung juru taktik yang pernah menangani Swansea City itu.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Jalannya Pertandingan

Foto: Graham Potter Petik Tiga Poin di Laga Debut Liga Champions Bersama Chelsea, Gol Lionel Messi Gagal menangkan PSG
Perbesar
Pada menit ke-61 giliran Reece James yang mencetak gol ke gawang AC Milan. Gol ketiga tersebut dicetak melalui skema serangan balik usai menerima umpan Raheem Sterling. (AP/Ian Walton)

Sekadar informasi, Milan memang tidak tampil dengan kekuatan penuh kala bertandang ke markas Chelsea. Mereka kesulitan mencetak angka, meski telah berkali-kali berupaya mendobrak pertahanan The Blues.

Justru Chelsea yang sanggup menebar ancaman sejak menit-menit awal. Pierre-Emerick Aubameyang sempat memberi umpan yang coba dituntaskan oleh Mason Mount, tetapi masih mampu diamankan oleh kiper Rossoneri.

Kebuntuan akhirnya terpecah pada menit ke-23. Wesley Fofana mencetak angka perdana bagi tim tuan rumah setelah memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang Milan.

Pierre-Emerick Aubameyang berhasil menggandakan keunggulan Chelsea pasca turun minum. Berawal dari umpan silang Reece James, eks pemain Arsenal itu mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-56.

James mempertegas kleunggulan The Blues enam menit berselang. Pesepak bola asal Inggris menggunakan celah di sisi kiri pertahanan Milan. Hasil itu mengantar Chelsea berjaya dengan skor meyakinkan 3–0.


Bukan Laga Mudah

Foto: Graham Potter Petik Tiga Poin di Laga Debut Liga Champions Bersama Chelsea, Gol Lionel Messi Gagal menangkan PSG
Perbesar
Chelsea sudah unggul 1-0 pada menit ke-24 melalui gol Wesley Fofana. Bola sambarannya dalam situasi kemelut di depan gawang AC Milan tak mampu diantisipasi kiper Ciprian Tatarusanu. (AP/Ian Walton)

Aubameyang menilai pertandingan Liga Champions kontra AC Milan sebenarnya bukanlah laga yang mudah. Pasalnya, Rossoneri mampu menunjukkan performa cukup apik di paruh pertama.

Namun, kepercayaan diri menjadi kunci kemenangan Chelsea. Gol perdana yang disumbangkan Fofana juga disebut menjadi batu loncatan penting bagi The Blues untuk menyudahi permainan dengan keunggulan.

“Itu bukan pertandingan yang mudah. Mereka (AC Milan) bermain bagus di babak pertama. Kemudian, kami menjaga intensitas tetap tinggi. Kami percaya diri,” ujar Aubameyang pasca kemenangan timnya, dikutip dari Metro.

“Gol pertama sangat penting. Itu memberi kami kekuatan dan kepercayaan diri untuk memainkan laga. Kami tahu apa yang harus kami lakukan saat melawan Milan. Mereka juga punya striker hebat. Para bek (Chelsea) menyelesaikan tugas dengan luar biasa hari ini.”


Dibayar Mahal

Foto: Graham Potter Petik Tiga Poin di Laga Debut Liga Champions Bersama Chelsea, Gol Lionel Messi Gagal menangkan PSG
Perbesar
Chelsea harus kehilangan sang pencetak gol Wesley Fofana pada menit ke-38. Ia mengalami cedera dan harus ditarik keluar. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama usai. (AP/Ian Walton)

Sayangnya, kemenangan Chelsea harus dibayar mahal. Fofana mengalami cedera hingga ditarik keluar lapangan ketika pertandingan baru memasuki menit ke-38. Tabrakan dengan penyerang AC Milan Rafael Leao membuatnya digantikan oleh Trevoh Chalobah.

Manajer The Blues Graham Potter mengaku belum bisa memberi update mengenai kondisi Fofana. Ia enggan berspekulasi lantaran sang pemain masih harus menjalani tahap pemindaian dan pemeriksaan.

“Kita harus memindainya besok dan melihat bagaimana keadaannya. Saya tidak ingin berspekulasi tentang itu sekarang, tetapi kami berharap yang terbaik untuknya,” ujar Potter selepas pertandingan.

“Kami akan mendukungnya, tetapi kami belum tahu (kondisinya), kami akan mendapatkan hasil pemindaiannya besok. Tidak ada yang bisa dilaporkan sementara, tetapi (momen cedera Fofana) adalah satu-satunya hal yang mengecewakan malam ini,” pungkasnya.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya