Kabar Gembira, Timnas Indonesia Resmi Muncul di Game eFootball 2023

Oleh Thomas pada 06 Okt 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 17:00 WIB
eFootball
Perbesar
Konami luncurkan eFootball sebagai pengganti PES. (Twitter/eFootball)

Liputan6.com, Jakarta- Penantian panjang penggemar sepak bola di Indonesia untuk bisa memainkan timnas Indonesia secara resmi di game bola populer eFootball akhirnya berakhir. Mulai 6 Oktober 2022, timnas Indonesia resmi hadir dan bisa dimainkan di game eFootball yang dulunya dikenal sebagai Pro Evolution Soccer/PES.

Kehadiran timnas Indonesia di eFootball 2023 terjadi usai Konami melakukan update pada Kamis pagi WIB. Tak cuma timnas Indonesia, yang ikut muncul di eFootball 2023 adalah Timnas Malaysia.

Sebelumnya negara Asia Tenggara yang hadir di eFootball /PES hanya Thailand. Bahkan beberapa pemain Thailand sudah wajah asli. Konami juga sempat mengeluarkan kartu spesial dua pesepakbola top Thailand, Kiatisuk Senamung dan Chanathip Songkrasin.

Sayangnya pada update terbaru Konami ini, Timnas Indonesia baru sekadar muncul dengan nama-nama pemain sesuai line-up terakhir. Wajah pemain belum asli. Bahkan untuk foto di kartu pemain juga baru Pratama Arhan yang memakai foto asli.

Foto Arhan sesuai asli karena eks pemain PSIS Semarang itu saat ini bermain di Liga Jepang bersama Tokyo Verdy.

Jersey timnas Indonesia di eFootball 2023 juga belum sama seperti yang dipakai Elkan Baggott dan kawan-kawan. Konami hanya memberikan jersey berwarna merah dan putih.

Kehadiran timnas Indonesia di eFootball ini tak lepas dari keberhasilan skuad Garuda lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Pasalnya Konami menjalin kerjasama dengan AFC dan memegang lisensi Piala Asia 2023.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Klub

Pengumuman Konami soal kehadiran timnas Indonesia di eFootball
Perbesar
Pengumuman Konami soal kehadiran timnas Indonesia di eFootball

Adapun untuk kehadiran klub-klub Liga 1 di eFootball nampaknya masih harus menunggu lebih lama lagi. Negosiasi Konami dengan IFeL selaku pengelola liga esports BRI Liga 1 terhambat.

Masalah muncul karena Konami sedang dipusingkan dengan berbagai kendala yang muncul saat proses transisi perubahan dari PES ke eFootball. Perubahan tersebut banyak ditolak para gamers. Konami kini fokus penuh memperbaiki kekurangan eFootball.

"Untuk komunitas pasti tahu ya, bahwa eFootball ini sebenarnya untuk tahun ini banyak banget kendalanya sih. Transisi dari PES ke eFootball bisa dibilang tidak diterima juga di komunitas karena masih banyak kekurangan," terang Bos IFeL Putra Sutopo kepada Liputan6.com.

"Komunikasi kami dengan Konami juga terhambat akibat update eFootball ini. Mungkin Konami sendiri masih fokus memperbaiki gamenya tapi kami masih menjalin komunikasi. Namun untuk kepastiannya kapan kita masih belum tahu," lanjut Putra Sutopo.


Update Terbaru

Selama ini para gamers Indonesia memainkan PES atau eFootball dengan melakukan patch agar agar muncul timnas dan klub BRI Liga 1. Kini timnas Indonesia sudah bisa dimainkan resmi tanpa perlu patch.

Konami kemungkinan akan memperbarui foto dan tampilan pemain timnas Indonesia mendekati pelaksanaan putaran final Piala Asia 2023.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya