Penampakan Berbeda di Kantor FIFA Setelah Tragedi Kanjuruhan: Bendera Negara Anggota Berkibar Setengah Tiang

Oleh Marco Tampubolon pada 03 Okt 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 16:15 WIB
Potret Tragedi Kerusuhan Stadion Kanjuruhan Malang yang Tewaskan 127 Orang
Perbesar
Polisi dan tentara berdiri di tengah asap gas air mata saat kerusuhan pada pertandingan sepak bola antara Arema Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022. Ratusan orang dilaporkan meninggal dunia dalam tragedi kerusuhan tersebut. (AP Photo/Yudha Prabowo)

Liputan6.com, Jakarta FIFA mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati korban tragedi kelam yang melanda sepak bola Indonesia. Sebanyak 125 orang dinyatakan tewas setelah kericuhan pecah usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu malam (1/10/2022). 

Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengaku sangat terkejut mendengar insiden ini. Dalam pernyataan resminya, pria asal Argentina itu menyebut, tragedi Kanjuruhan sebagai hari yang gelap bagi sepak bola. 

Dia juga mengirimkan ucapan belasungkawa kepada keluarga korban tragedi Kanjuruhan. Infantino pun mengajak seluruh stake holder sepak bola di dunia untuk membantu Indonesia melewati masa sulit ini. 

"Bersama FIFA dan komunitas sepak bola global, semua pikiran dan doa kami bersama para korban, mereka yang terluka, bersama dengan rakyat Republik Indonesia, Konfederasi Sepak Bola Asia, Asosiasi Sepak Bola Indonesia, dan Sepak Bola Indonesia. Liga, di saat yang sulit ini," ujar Infantino.

Ungkapan duka dari Infantino juga diikuti oleh pengibaran setengah tiang bendera negara-negara anggota FIFA di markasnya, Zurich, Swiss. Prosesi ini dilakukan sejak hari Senin (2/10/2022) waktu setempat.  

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bendera Setengah Tiang

FIFA
Perbesar
Bendera anggota-anggota FIFA berkibar setengah tiang di Zurich, Swiss untuk menghormati korban tragedi Kanjuruhan. ( Harold Cunningham/FIFA)

Suasana berbeda pun sudah mulai tampak menghiasi kantor FIFA di Zurich, Swiss. Bendera berbagai negara di halaman markas induk organisasi sepak bola dunia itu hanya berkibar setengah tiang. 


Bendera Anggota FIFA Lainnya

Bendera anggota-anggota FIFA
Perbesar
Bendera anggota-anggota FIFA berkibar setengah tiang sebagai bentuk penghormatan terhadap korban tragedi Kanjuruhan ( Harold Cunningham/FIFA)

Tidak disebutkan sampai kapan prosesi ini berlangsung. Namun pengibaran bendera setengah tiang di halaman kantor FIFA sudah dilakukan sehari setelah tragedi Kanjuruhan terjadi pada Sabtu malam (1/10).

 


Bendera FIFA dan Konfederasi

Bendera FIFA
Perbesar
Bendera FIFA dan seluruh konfederasi juga berkibar setengah tiang sebagai bentuk penghormatan terhadap korban tragedi Kanjuruhan (Harold Cunningham/FIFA).

Bendera FIFA dan anggota-anggota konfederasi juga sama. Seluruhnya berkibar setengah tiang.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya