Manchester City Gilas MU, Roy Keane Sebut Pemain Ini Tidur di Babak Pertama

Oleh Defri Saefullah pada 03 Okt 2022, 09:21 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 09:21 WIB
Foto: Aksi Memukau Erling Haaland dan Phil Foden Saat Man City Bantai MU di Liga Inggris, Keduanya Cetak Rekor Baru
Perbesar
Sementara itu, Erling Haaland juga sukses mencetak dua gol sebelum babak pertama usai yaitu pada menit ke-34 dan ke-37. (AP/Rui Vieira)

Liputan6.com, Manchester- Manchester City berhasil menggilas Manchester United atau MU dengan skor telak 6-3 pada derby Manchester yang berlangsung di stadion Etihad, Minggu (2/10/2022). Dua pemain Erling Haaland dan Phil Foden berhasil cetak hattrick.

Sedangkan tiga gol Man Utd dicetak oleh Anthony Martial (2) dan Anthony. MU sudah tertinggal 0-4 dari Man City di babak pertama.

Permainan di babak pertama inilah yang membuat eks gelandang MU Roy Keane murka. MU sudah tertinggal saat Phil Foden cetak gol di menit ke-8.

Erling Haaland lalu menambah penderitaan MU lewat dua gol pada menit ke-34 dan 27. Phil Foden melengkapi nestapa Manchester United lewat golnya di menit ke-44.

Keane mengaku geram dan memendam amarah lihat penampilan babak pertama MU. Dia secara khusus soroti Christian Eriksen yang disebutnya sudah tidur di momen momen kunci.

"Tak ada usaha untuk menghalangi, Anda harus hentikan umpan silang itu. Eriksen sudah tidur, Foden bisa tiba di belakang dia dengan satu sentuhan. Ini di awal laga, tidak dijaga sama sekali," kata Roy Keane seperti dikutip Metro.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Buruk

Foto: Aksi Memukau Erling Haaland dan Phil Foden Saat Man City Bantai MU di Liga Inggris, Keduanya Cetak Rekor Baru
Perbesar
Gol pembuka The Cityzens diciptakan oleh Phil Foden saat laga baru berjalan delapan menit. Ia sukses memanfaatkan umpan silang mendatar dari Bernardo Silva. Foden kembali mencetak gol lagi saat menit ke-44 dan membuat Manchester City unggul 4-0. (AP via PA/Martin Rickett)

Keane tak percaya MU tampil begitu buruk. Dia mengakui perbedaan kelas antara MU dengan City.

"Saya terkejut dengan betapa buruknya permainan MU. City tampil luar biasa, tapi pertandingan dimulai dengan aksi membiarkan lawan cetak gol," katanya.

"Anda harusnya tutup peluang lawan. Anda tak bisa memberi Man City waktu dan ruang untuk memperlihatkan kualitas mereka. Itu sangat mudah," ujarnya.

 


Turut Bertahan

Gelandang MU Christian Eriksen
Perbesar
Gelandang MU Christian Eriksen (AFP)

 

Keane maklum Eriksen tak bagus saat bertahan. Namun saat melihat lawan berbahaya ada di dekat dirinya, dia diminta untuk turut bertahan.

"United tak memulai laga dengan bagus. Eriksen ada di posisi bagus, saya tahu dia tak bagus saat bertahan tapi ada Foden di dekatnya. Awal terburuk dari MU," ujarnya.

"Eriksen ada di posisi bagus di MU. Dia harus melanggar De Bruyne dan berkorban. Dia lakukan itu tapi terlambat."


Ronaldo Tak Main

Foto: Aksi Memukau Erling Haaland dan Phil Foden Saat Man City Bantai MU di Liga Inggris, Keduanya Cetak Rekor Baru
Perbesar
Delapan menit kemudian giliran Foden yang berhasil menyusul catatan hattrick Haaland usai berhasil memanfaatkan umpan darinya. (AP via PA/Martin Rickett)

Manajer Manchester United atau MU Erik ten Hag menjelaskan alasan tak menurunkan Cristiano Ronaldo pada laga lawan Manchester City pada laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023, Minggu (2/10/2022). Pada pertandingan yang digelar di Etihad Stadium, Setan Merah kalah telak 3-6.

Manchester City memang menunjukkan superioritasnya atas rival sekotanya MU. Kemenangan ini juga membantu Man City menempel pimpinan klasemen Arsenal.

Pasukan Pep Guardiola memiliki 20 poin, tertinggal satu nilai di belakang The Gunners. Sementara MU menetap di posisi enam. Setan Merah mengoleksi 12 angka.

Usai pertandingan Ten Hag mengaku menunjukkan rasa hormat untuk karier Ronaldo sehingga dia tak menurunkannya sebagai penyerang dalam laga derby Manchester itu. "Saya tidak memasukkannya karena menghormati karier besarnya," ujarnya pada media.

Derby Manchester pertama Ten Hag ini, sepertinya menjadi pengalaman yang terlupakan bagi manajer baru MU. Dia menyaksikan timnya dikalahkan rival lokal mereka dengan skor telak.


Perubahan

Meski pelatih Belanda itu sudah melakukan lima perubahan dalam pertandingan tersebut, Ronaldo tetap berada di bangku cadangan, gagal tampil dalam pertandingan United untuk pertama kalinya musim ini.

"Dan hal lainnya, ada keuntungan yang bisa saya bawa dari Antony Martial. Dia membutuhkan menit bermain, tetapi saya tidak ingin menunjukkannya seperti itu."

Selama ini Ronaldo selalu menjadi starter di kedua pertandingan grup Liga Europa. Tapi, pemain asal Portugal itu hanya dimasukkan dalam satu starting lineup Liga Inggris musim ini.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya