Eks Kapten MU Beda Pendapat dengan Ten Hag: Setan Merah Tak Hormati Ronaldo

Oleh AY Yustiawan pada 03 Okt 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 11:30 WIB
Foto: Jelang Derby Manchester, 7 Catatan Menarik Cristiano Ronaldo di 15 Laga Kontra Manchester City, Masih Lebih Banyak Menang
Perbesar
Laga terakhirnya dalam Derby Manchester usai kembali ke Old Trafford berujung dengan kekalahan 0-2. Laga tersebut berlangsung di pekan ke-11 Liga Inggris musim 2021/2022, 6 November 2021 dimana MU bertindak sebagai tuan rumah. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Mantan kapten Manchester United atau MU, Roy Keane, mengklaim eks klubnya memperlakukan Cristiano Ronaldo dengan tidak hormat setelah kekalahan derby Manchester, Minggu (2/10/2022). Pada laga lanjutan Liga Inggris itu, Setan Merah dihancurkan 3-6 oleh rival lokal mereka Manchester City.

Manchester City di pertandingan tersebut memang menunjukkan superioritasnya atas MU. Kedua pemain City Erling Braut Haaland dan Phil Foden mencetak hat-trick.

Saat pertahanan MU diobrak-abrik lawannya, Ronaldo menyaksikan dari bangku cadangan sebagai pemain pengganti yang tidak digunakan oleh Erik ten Hag. Usai pertandingan, manajer asal Belanda itu justru punya alasan lain mengapa tak memainkannya pada pertandingan itu.

Namun, Keane berbeda pandangan dia menilai Setan Merah tidak menunjukkan rasa hormat pada Ronaldo. Mereka seharusnya membiarkannya pergi di musim panas ketika pemain berusia 37 tahun itu menyatakan keinginannya untuk bermain untuk klub di Liga Champions.

“Saya pikir United menunjukkan rasa tidak hormat kepada Ronaldo. Dia seharusnya dilepaskan sebelum jendela transfer," kata Keane pada Sky Sports.

“Manajer tetap menginginkannya. Oke, dia bilang dia punya pilihan. Tapi Anda tidak bergantung pada Ronaldo untuk duduk di bangku cadangan. Dia adalah salah satu pemain terhebat yang pernah ada," lanjut Keane.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Lebih Buruk

Manchester United vs Norwich City
Perbesar
Cristiano Ronaldo tampak kecewa saat MU menjamu Norwich City dalam lanjutan Liga Inggris 2021/2022 di Old Trafford, Sabtu (16/4/2022) malam WIB. (AP Photo/Jon Super)

“Dia punya opsi [untuk pindah di musim panas]. Gagasan bahwa dia tidak punya opsi adalah sampah. Dia punya empat atau lima opsi bagus," kata Keane.

"Gambaran besarnya adalah dia [Ten Hag] tidak akan memainkan Ronaldo. Itu hanya akan menjadi lebih buruk seiring berjalannya musim. United tidak menunjukkan apa-apa selain tidak menghormati Ronaldo."

Pemain internasional Portugal itu telah mencetak satu gol dalam dua pertandingan Liga Europa. Tapi, Ten Hag hanya memasukkannya ke dalam satu starting lineup Liga Inggris musim ini.


Rasa Hormat

Foto: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Belum Habis, Kompak Jadi Pahlawan di Liga Champions
Perbesar
Akan tetapi, mental pemenang dan kaya pengalaman membuat Manchester United mampu membalikkan kedudukan. Marcus Rashford dan Harry Maguire berhasil mencetak gol yang membuat skor menjadi imbang 2-2. (Martin Rickett/PA via AP)

Sebelumnya, disebutkan bahwa Ten Hag mengaku menunjukkan rasa hormat untuk karier Ronaldo sehingga dia tak menurunkannya sebagai penyerang dalam laga derby Manchester itu. "Saya tidak memasukkannya karena menghormati karier besarnya," ujarnya pada media.

Derby Manchester pertama Ten Hag ini, sepertinya menjadi pengalaman yang terlupakan bagi manajer baru MU. Dia menyaksikan timnya dikalahkan rival lokal mereka dengan skor telak.


Perubahan

Cristiano Ronaldo - Manchester United - MU - Liga Europa
Perbesar
Manajer Manchester United Erik ten Hag (kiri) akan memainkan Cristiano Ronaldo sejak awal laga saat menjamu Real Sociedad di laga pembuka Grup E Liga Europa. MU akan menjamu Sociedad di Old Trafford, Jumat (9/9/2022) pukul 02:00 WIB. (Adrian DENNIS / AFP)

Meski pelatih Belanda itu sudah melakukan lima perubahan dalam pertandingan tersebut, Ronaldo tetap berada di bangku cadangan, gagal tampil dalam pertandingan United untuk pertama kalinya musim ini.

"Dan hal lainnya, ada keuntungan yang bisa saya bawa dari Antony Martial. Dia membutuhkan menit bermain, tetapi saya tidak ingin menunjukkannya seperti itu."


Klasemen

Foto: Senyum Sumringah Pemain MU di Sesi Latihan Jelang Laga Perdana Liga Inggris 2022 / 2023, Ada Cristiano Ronaldo
Perbesar
Rutinitas latihan juga dilakukan oleh Lisandro Martinez yang siap bersaing untuk mendapatkan di skuad utama Manchester United musim ini. (Twitter/@ManUtd)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya