Manchester City vs MU: Lisandro Martinez Dikritik, Pep Guardiola Pasang Badan

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 01 Okt 2022, 18:42 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 18:42 WIB
Foto: Deretan 5 Pemain Termahal Amerika Selatan yang Pernah Didatangkan Manchester United, termasuk Lisandro Martinez dan Casemiro
Perbesar
Lisandro Martinez. Bek tengah Argentina berusia 24 tahun ini baru saja didatangkan Manchester United dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas 2022/2023. MU rela merogoh kocek senilai 57,37 juta euro atau setara Rp846 miliar dan terikat kontrak hingga Juni 2027. Musim ini ia telah tampil dalam seluruh 3 laga awal MU di Liga Inggris. (AFP/Lindsey Parnaby)

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Manchester City Pep Guardiola pasang badan untuk bek Manchester United (MU) Lisandro Martinez yang kerap menerima kritik jelang derby antara The Citizens melawan Setan Merah di Stadion Etihad, Minggu (2/10/2022) pukul 20.00 WIB.

Sebagai informasi, Martinez sejatinya merupakan salah satu andalan MU di lini belakang. Pemain berusia 24 tahun itu sudah enam kali dipercaya mentas dalam kompetisi domestik.

Sayangnya, Martinez dianggap kurang tangguh untuk menghadapi Erling Haaland yang kini menjadi mesin pencetak gol bagi Manchester City. Tubuhnya yang mungil membuat penggawa Timnas Argentina dicap bakal kalah duel dari eks pemain Borussia Dortmund.

Pendapat tersebut sempat diutarakan oleh legenda Liverpool Jamie Carragher. Dalam tulisannnya di Daily Telegraph, ia menyatakan Martinez terlalu pendek untuk bermain sebagai bek tengah di kompetisi Liga Inggris.

“Dia (nampak) terlalu pendek untuk bermain sebagai bek tengah di Premier League. Kita bisa lihat ketika MU menghadapi Brentford (di pekan kedua)–betapa sulit baginya (Martinez) jika tim lawan memberi umpan panjang ke area penalti,” ungkap Carragher.

“Tidak ada hal yang bisa dilakukan (untuk mengatasi) kekurangan tinggi badan ketika (seorang pemain) dipaksa untuk melakukan duel udara terus-menerus,” sambung mantan pesepak bola berusia 44 tahun tersebut.

Carragher tak menampik bahwa terdapat sejumlah bek tengah hebat dunia yang memiliki postur tubuh mungil seperti Franco Baresi, Daniel Passarella, dan Bobby Moore. Namun, mereka dinilai sempurna dalam aspek lain, sehingga bisa menutupi kekurangannya.

“Perbedaannya (dengan Martinez) adalah mereka sempurna di tiap aspek (permainan) lain, sehingga dapat mengimbangi kelemahan yang mereka miliki,” pungkasnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tanggapan Guardiola

Foto: Aksi Pemain MU Lisandro Martinez Bikin Salah Tak Berkutik di Pekan ke-3 Liga Inggris
Perbesar
Lisandro Martinez yang sempat diragukan penampilannya di dua laga sebelumnya, kali ini berhasil mengunci pergerakan pemain Liverpool, Mohamed Salah. (AFP/Paul Ellis)

Menanggapi situasi itu, Pep Guardiola angkat bicara. Ia tak setuju dengan pandangan yang mengesampingkan Lisandro Martinez akibat tinggi badannya. Padahal, manajer berkepala plontos itu menilai sang pemain merupakan bek hebat.

“Erling lebih tinggi (dari Martinez), tentu saja. Anda benar. Namun, saya suka ketika orang-orang mulai merehkan pemain akibat ukuran tubuhnya. (Dengan begini), dia bisa muncul dan berkata bahwa dia adalah pemain yang bagus,” ujar Guardiola, seperti dilansir dari Metro.

“Ia (Martinez) adalah pesepak bola yang fantastis. Kaki kirinya luar biasa, mentalitasnya bagus, (dia) agresif. Anda bisa lihat sikapnya. Jika United rela membayar (untuk transfer Martinez) dan Erik (ten Hag) sudah mengenalnya selama di Ajax, tak ada keraguan soal dirinya.”

“Saya rasa ini bukan kali pertama (Martinez) bermain melawan striker yang lebih tinggi, dia bisa mengatasi itu. Yang terpenting adalah dia harus cerdas dan berani,” sambung juru taktik yang pernah menangani Barcelona tersebut.


Penjinak Haaland

Man City Vs Borussia Dortmund
Perbesar
Pemain Manchester City Erling Haaland, kiri, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke-2 timnya pada pertandingan grup G Liga Champions antara Manchester City dan Borussia Dortmund di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Kamis (14/9/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

Sebelumnya, Martinez U sempat digadang-gadang bakal menjadi penjinak Erling Haaland dalam derby Manchester perdana musim ini. Pasalnya, penggawa Timnas Argentina diketahui punya catatan apik ketika menghadapi mesin gol City di klub terdahulu.

Dilansir dari ESPN, bek Setan Merah sempat membuat Haaland terdiam dalam pertandingan Liga Champions antara Ajax melawan Borussia Dortmund pada 20 Oktober 2021.

Martinez yang membela raksasa Eredivisie sukses membangun kemitraan dengan Jurrien Timber. Kerja sama keduanya menetralisir ancaman Haaland di depan jaring. Eks pemain RB Salzburg pun tak berkutik hingga akhir pertandingan. Alhasil, Ajax menang telak dengan 4–0.

Laga Manchester United (MU) kontra Manchester City pada akhir pekan akan menandai dimulainya kembali duel Martinez vs Haaland. Bersama klub baru, kedua pemain saat ini dikenal sebagai pendatang menjanjikan Liga Inggris.


Perubahan Drastis

Ekspresi Erik ten Hag Usai Man Utd Dikalahkan Brighton
Perbesar
Pelatih Manchester United, Erik ten Hag melambaikan tangan kepada para penggemar saat ia tiba sebelum dimulainya pertandingan melawan melawan Brighton & Hove Albion pada pekan pembuka Liga Inggris 2022/2023 di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Minggu (7/8/2022). (AP Photo/Dave Thompson)

Di sisi lain, laporan The Telegraph menyebut Ten Hag kemungkinan akan melakukan perubahan drastis saat dijamu Manchester City. Cristiano Ronaldo berpeluang dimainkan pria Belanda sejak menit pertama dalam laga yang berlangsung di Etihad Stadium.

Sekadar informasi, Ronaldo selama ini jadi cadangan mati di era pemerintahan Ten Hag. Pesepak bola asal Portugal baru sekali menjadi starter di Liga Inggris 2022/2023, yakni MU dibantai Brighton and Hove Albion dengan 0-4.

Ten Hag diprediksi terpaksa menurunkan Ronaldo sejak awal saat melawan Manchester City karena kondisi kepepet. Dua penyerang MU, Marcus Rashford dan Anthony Martial kemungkinan tak bisa main kala mereka bertandang ke markas City.

Martial memang sudah absen sejak beberapa pekan terakhir. Sementara itu, Marcus Rashford baru saja terkena cedera hamstring. Rashford bahkan harus absen membela Timnas Inggris di UEFA Nations League akibat kondisi yang dialaminya.


Peringkat

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya