BRI Liga 1: Polda Jabar Siapkan Pengawalan untuk Persija di Bandung

Oleh Huyogo Simbolon pada 01 Okt 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 12:30 WIB
Foto: Persija Jakarta Patahkan Rekor Belum Terkalahkan Persib Bandung di BRI Liga 1 2021 / 2022
Perbesar
Pemain Persija Jakarta, Marko Simic (tengah) merayakan gol ke gawang Persib Bandung bersama Tony Sucipto (kanan) dan Novri Setiawan dalam laga pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Bandung - Polda Jawa Barat (Jabar) telah menyiapkan pengawalan dan pengamanan untuk tim Persija Jakarta yang akan bertandang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Minggu (2/10/2022). Macan Kemayoran bertindak sebagai tim tamu menghadapi Persib Bandung dalam pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023.

Selain Polda Jabar, pola pengamanan saat pertandingan Persib vs Persija juga telah disiapkan jajaran Polrestabes Bandung.

"Sudah ada standar pengawalan dan pengamanan terhadap pemain dan ofisial, itu dilaksanakan sama dengan yang lain," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo, Jumat (30/9/2022).

Ibrahim tak menjelaskan terkait nantinya Persija akan datang ke Stadion GBLA menggunakan kendaraan taktis (rantis) atau bus biasa. Dia hanya memastikan bahwa pengawalan ketat sudah disiapkan.

Selain pengamanan tim, Ibrahim juga memastikan pihaknya telah menyiapkan pengamanan bagi penonton yang datang ke stadion. Pengamanan akan dilakukan dengan menerapkan skema empat ring.

"Jadi, menggunakan pola empat ring dan juga ring-ring di luar stadion itu kita lakukan dengan sistem dan seleksi yang lebih ketat. Apalagi ada seleksi untuk pendukung Persija tidak boleh masuk ke dalam stadion," ujarnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pulangkan Penonton

Piala Presiden 2018: Persib Bandung Vs Sriwijaya FC
Perbesar
Suporter Persib Bandung, Bobotoh, melakukan koreografi saat melawan Sriwijaya FC pada laga Grup A Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (16/1/2018). Persib menang 1-0 atas Sriwijaya FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Adapun ring empat diterapkan dari beberapa titik jalan raya menuju arah Stadion GBLA. Untuk ring ini, penonton yang tidak memiliki tiket bakal langsung diminta putar balik meninggalkan area stadion.

Sedangkan, ring tiga dan dua berada di area jalan masuk ke kawasan stadion serta kawasan atau luar stadion. Untuk ring satu, akan diterapkan saat pemeriksaan tiket menggunakan scan barcode.

"Sehingga kalau terindikasi ini penonton Persija, otomatis pasti akan dikembalikan lagi. Misalnya dia bawa atribut-atribut Persija," ujar Ibrahim.


Larangan Pendukung Persija

Persija Jakarta Bungkam Arema FC
Perbesar
Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, memberikan dukungan saat melawan Arema FC pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Sabtu (31/3/2018). Persija menang 3-1 atas Arema FC. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sementara, larangan untuk pendukung Persija, Jakmania, datang ke stadion juga sudah dilakukan mulai dari pembelian tiket. Warga berdomisili Jakarta pun dilarang masuk ke dalam stadion.

"Ini sudah ada verifikasi dilakukan oleh panitia. Jadi, pada saat verifikasi tersebut sudah ada terseleksi untuk yang pendukung Persija berdomisili di Jakarta mungkin, enggak akan bisa membeli tiket," tuturnya.

Laga antara Persib vs Persija akan dilaksanakan pada Minggu (2/10/2022) pukul 16.30 WIB. 


Klasemen

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya