Sukses

BRI Liga 1: Polda Jabar Siapkan Pengawalan untuk Persija di Bandung

Macan Kemayoran bertindak sebagai tim tamu menghadapi Persib Bandung dalam pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023.

Liputan6.com, Bandung - Polda Jawa Barat (Jabar) telah menyiapkan pengawalan dan pengamanan untuk tim Persija Jakarta yang akan bertandang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Minggu (2/10/2022). Macan Kemayoran bertindak sebagai tim tamu menghadapi Persib Bandung dalam pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/2023.

Selain Polda Jabar, pola pengamanan saat pertandingan Persib vs Persija juga telah disiapkan jajaran Polrestabes Bandung.

"Sudah ada standar pengawalan dan pengamanan terhadap pemain dan ofisial, itu dilaksanakan sama dengan yang lain," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo, Jumat (30/9/2022).

Ibrahim tak menjelaskan terkait nantinya Persija akan datang ke Stadion GBLA menggunakan kendaraan taktis (rantis) atau bus biasa. Dia hanya memastikan bahwa pengawalan ketat sudah disiapkan.

Selain pengamanan tim, Ibrahim juga memastikan pihaknya telah menyiapkan pengamanan bagi penonton yang datang ke stadion. Pengamanan akan dilakukan dengan menerapkan skema empat ring.

"Jadi, menggunakan pola empat ring dan juga ring-ring di luar stadion itu kita lakukan dengan sistem dan seleksi yang lebih ketat. Apalagi ada seleksi untuk pendukung Persija tidak boleh masuk ke dalam stadion," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pulangkan Penonton

Adapun ring empat diterapkan dari beberapa titik jalan raya menuju arah Stadion GBLA. Untuk ring ini, penonton yang tidak memiliki tiket bakal langsung diminta putar balik meninggalkan area stadion.

Sedangkan, ring tiga dan dua berada di area jalan masuk ke kawasan stadion serta kawasan atau luar stadion. Untuk ring satu, akan diterapkan saat pemeriksaan tiket menggunakan scan barcode.

"Sehingga kalau terindikasi ini penonton Persija, otomatis pasti akan dikembalikan lagi. Misalnya dia bawa atribut-atribut Persija," ujar Ibrahim.

3 dari 4 halaman

Larangan Pendukung Persija

Sementara, larangan untuk pendukung Persija, Jakmania, datang ke stadion juga sudah dilakukan mulai dari pembelian tiket. Warga berdomisili Jakarta pun dilarang masuk ke dalam stadion.

"Ini sudah ada verifikasi dilakukan oleh panitia. Jadi, pada saat verifikasi tersebut sudah ada terseleksi untuk yang pendukung Persija berdomisili di Jakarta mungkin, enggak akan bisa membeli tiket," tuturnya.

Laga antara Persib vs Persija akan dilaksanakan pada Minggu (2/10/2022) pukul 16.30 WIB. 

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.