Sukses

Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Padat, Pelatih Timnas Indonesia Siap Lakukan Rotasi

Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengaku pihaknya bakal merotasi pemain sepanjang pelaksanaan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Hal ini dilakukan dibuat demi memastikan para penggawa Merah Putih tetap berada dalam kondisi bugar di tengah padatnya jadwal.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti mengungkap pihaknya bakal bersiap melakukan rotasi sepanjang pelaksanaan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Keputusan itu dibuat demi memastikan penggawa Merah Putih tetap bugar di tengah padatnya jadwal.

Seperti diketahui, Garuda Asia bakal segera memulai perjuangannya dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Rangkaian pertandingan dijadwalkan berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, mulai Sabtu (1/10/2022) hingga Minggu (9/10/2022) mendatang.

Timnas Indonesia tergabung dalam grup B bersama empat negara lain, yakni Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Emirat Arab (UEA). Iqbal Gwijangge dan kolega akan meladeni perlawanan Guam dalam laga perdana yang dihelat pada Senin (3/10/2022).

Anak-anak asuh Bima Sakti diprediksi tak bakal memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Pasalnya, jadwal pertandingan di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 terbilang padat. Wakil-wakil Tanah Air hanya memiliki jeda satu hari antar pertandingan.

Demi menyiasati situasi tersebut, rotasi pemain pun mau tak mau harus dilakukan. Juru taktik yang pernah mengantar Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 2022 membeberkan para pemain nantinya akan bergantian diberi kesempatan untuk merumput di lapangan.

“Ini tantangan buat kami tim pelatih, dengan jadwal yang jedanya satu hari, berbeda dari AFF kemarin (yang memiliki jeda) dua hari. Jumlah pemain juga makin mengerucut (menjadi) hanya 23 pemain, beda dari AFF (yang mencapai) 28 pemain.”

“Kami harus menyiasati dalam tiap pertandingan, siapa yang perlu dirotasi, siapa yang perlu kami kasih kesempatan,” ujar Bima Sakti dalam sesi pre match press conference di Hotel Lorin Sentul pada Jumat (30/9/2022) siang WIB.

“Saya akan melihat bagaimana kondisi mereka dalam tiap pertandingan. Baik itu momen pertandingan awal, kedua, ketiga, akan selalu ada perubahan untuk menjaga performa mereka agar fit. Yang terpenting satu lagi adalah recovery pemain harus kami perhatikan betul,” sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menang di Semua Laga

Rotasi pemain memang menjadi hal krusial jelang menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Apalagi Bima Sakti diketahui menyimpan ambisi besar dalam perhelatan kali ini.

Pelatih berusia 46 tahun itu bertekad meraih kemenangan di setiap laga yang dilakoni. Bima Sakti mengaku pihaknya ogah bergantung pada tim lain. Ia ingin memastikan Garuda Asia lolos ke putaran selanjutnya, tanpa harus menunggu hasil pertandingan pesaing-pesaingnya.

“Tiap pertandingan akan kami manfaatkan sebaik mungkin, (untuk) memenangkan laga. Karena kami tidak mau di akhir kualifikasi ini, kita tergantung dengan tim lawan atau bergantung pada (hasil) pertandingan di grup lain,” kata Bima Sakti.

“Seperti di (Piala) AFF kemarin, (kami ingin) memenangkan setiap pertandingan,” pungkas juru taktik yang sukses membawa Timnas Indonesia keluar sebagai kampiun Piala AFF U-16 2022.

3 dari 4 halaman

Persiapan Timnas Indonesia

Demi merujudkan misi tersebut, Bima Sakti telah melaksanakan rangkaian persiapan bersama skuad racikannya. Ia sempat mengadakan pemusatan latihan (TC) serta laga uji coba sebelum menyongsong Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

“Kita (sudah) memulai TC pasca Piala AFF kemarin pada tanggal 5 September sampai 25 September di Jogja. Kemudian (dari tanggal 25) sampai hari ini, kami pindah ke Bogor.”

“(Sebagai) persiapan, ada lima laga uji coba (yang kami lakukan) dengan tim-tim lokal, yakni akademi-akademi di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Terakhir, kami melawan PPLP Kemenpora pada hari Rabu malam,” ungkapnya dalam kesempatan yang sama.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Berikut adalah jadwal pertandingan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Senin, 3 Oktober 2022

20.00 WIB: Indonesia vs Guam

Rabu, 5 Oktober 2022

20.00 WIB: Indonesia vs Uni Emirat Arab

Jumat, 7 Oktober 2022

20.00 WIB: Indonesia vs Palestina

Minggu, 9 Oktober 2022

20.00 WIB: Indonesia vs Malaysia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.