Cedera atau Performa Anjlok, Ini Starting XI Tim Bertabur Bintang yang Bakal Absen di Piala Dunia 2022

Oleh Yulianto pada 29 Sep 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 11:00 WIB
Foto: Luis Enrique Korbankan Kiper Manchester United David De Gea Demi David Raya dalam Laga Uji Coba Timnas Spanyol di Jeda Internasional
Perbesar
Bahkan, dalam putaran final Euro 2020 lalu, David De Gea sama sekai tidak diturunkan meski hanya sebagai pemain pengganti. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Liputan6.com, Jakarta - Jeda internasional terakhir sebelum Piala Dunia Qatar sudah selesai. Kita bisa melihat banyak pemain jagoan yang tampaknya akan absen di Piala Dunia 2022.

Entah itu karena cedera atau pemain yang bersangkutan kehilangan sentuhan terbaiknya, yang jelas pada Piala Dunia nanti kita tidak akan melihat bermain seperti edisi sebelumnya tahun 2018.

Siapa sajakah mereka? Kami telah menyusunnya dalam bentuk starting XI dalam formasi 4-3-3.

 

GK: David de Gea (Spanyol)

David de Gea adalah satu-satunya pemain Manchester United yang ada dalam daftar ini, tetapi dia hampir pasti tidak akan pergi ke Qatar musim gugur ini.

Pemain berusia 31 tahun terakhir bermain untuk Spanyol pada 2020 dan sekarang berada di belakang pemain seperti David Raya dari Brentford dan Robert Sanchez dari Brighton dalam skema pilihan pelatih.

“Saya ingin memiliki tiga kiper awal dan saya pikir saat ini saya memiliki mereka,” kata Pelatih Spanyol, Luis Enrique, kepada wartawan pada Mei. “Sejujurnya, saya tidak akan memiliki masalah dengan salah satu dari mereka bertiga.”

“Saya membutuhkan penjaga gawang yang mengirimkan kedamaian dan ketenangan kepada saya.”

De Gea makin sering blunder dan memainkannya menuntut risiko yang besar.

 

RB: Trent Alexander-Arnold (Inggris)

Persiapan menuju Euro 2020 musim panas lalu didominasi oleh spekulasi tentang nasib Alexander-Arnold; dan semua orang memiliki pendapat masing-masing tentang apakah Gareth Southgate harus memasukkan bek kanan Liverpool itu ke dalam skuad.

Cedera akhirnya mengakhiri peluangnya bermain di turnamen dan pemenang Liga Champions itu akan melewatkan hal yang lebih besar sekali lagi.

Selain itu, serangkaian kesalahan di Liverpool akan memicu keraguan Gareth Southgate. Dan, dengan tiga stok bek kanan yang cukup, tidak akan terlalu mengejutkan jika Gareth Southgate meninggalkan Alexander-Arnold.

 

CB: Mats Hummels (Jerman)

Hummels telah dikeluarkan dari skuad Jerman terbaru, meskipun penampilan yang bagus dan secara konsisten untuk Borussia Dortmund.

Dengan tim asuhan Hansi Flick yang ingin memperbaiki penampilan buruk pada 2018 dan 2021, dapatkah pemenang Piala Dunia 2014 itu kembali ke skuad sebelum Die Mannschaft pergi ke Qatar?

 

CB: Nayef Aguerd (Maroko)

Maroko adalah salah satu tim Piala Dunia yang paling diremehkan, tetapi mereka memiliki segelintir bakat luar biasa. Tapi, Aguerd, bek tengah berpengaruh mereka, sayangannya harus mengalami cedera pergelangan kaki setelah pindah ke West Ham musim panas ini.

Dia akan pulih sebelum akhir Oktober, dan akan memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan kembali kebugaran pertandingan saat The Hammers bersaing di Liga Konferensi Eropa, tetapi cederanya kini akan membuat peluangnya bermain di Qatar dalam bahaya serius.

 

LB: Lucas Hernandez (Prancis)

Hernandez mengalami robekan pada otot adduktor kirinya saat Bayern Muenchen menang atas Barcelona di fase grup Liga Champions pada awal bulan.

Bek kiri tangguh itu kemungkinan akan absen setidaknya enam minggu dan tidak memiliki kesempatan untuk masuk dalam rencana Didier Deschamp.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pasrah Menjalani Proses Rehabilitasi

Belanda vs Gibraltar
Perbesar
Bek Gibraltar Roy Chipolina (kiri) berebut bola dengan gelandang Belanda Georginio Wijnaldum pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup G di De Kuip, Rotterdam, Selasa (12/10/2021) dini hari WIB. Menjamu Gibraltar, Belanda menang 6 gol tanpa balas. (JOHN THYS/AFP)

CM: Thiago Alcantara (Spanyol)

Pemain berusia 31 tahun itu hanya tampil sebagai pemain pengganti di Euro 2020 dan belum menambah 46 caps internasionalnya sejak turnamen tahun lalu.

Sementara dia bersaing dengan pemain-pemain muda seperti Pedri dan Gavi untuk mendapatkan tempat di lini tengah, kualitas Thiago tidak diragukan lagi sehingga pengecualiannya akan selalu menjadi bahan pembicaraan - tetapi tampaknya Luis Enrique telah mengambil keputusan tentang masa depan pemain Liverpool itu.

 

CM: Paul Pogba (Prancis)

Pogba merupakan bagian dari tim pemenang Piala Dunia 2018 tim nasional Prancis.

Namun, setelah pindah ke Juventus selama musim panas, sang gelandang telah mengalami serangkaian cedera dan tampaknya tidak akan fit pada waktunya untuk pertandingan pembukaan Prancis melawan Australia pada 22 November.

 

CM: Georginio Wijnaldum (Belanda)

Wijnaldum sangat ingin memulai kariernya di Roma musim ini. Sebagai gantinya, mantan gelandang Liverpool itu mengalami patah kaki setelah hanya bermain selama 37 menit dengan seragam Roma.

Dengan demikian, tim Louis van Gaal akan kehilangan salah satu pengatur serangan yang paling berpengalaman dan andal di Qatar.

“Saya tidak bereaksi setelah cedera saya karena saya sangat emosional dan sedih dengan situasi itu,” kata Wijnaldum minggu ini.

“Saya ingin meminta maaf untuk itu. Saya berada di ruang yang sangat bagus sekarang. Saya menerima situasi apa adanya dan itulah mengapa saya sekarang bisa memberikan 100 persen dalam rehabilitasi saya,” katanya.


Kualitas Bersinar Belum Menjamin Masuk Skuad

20 Kandidat Peraih Golden Boy 2020 Bagian 1
Perbesar
Ansu Fati (Barcelona). (AFP/Lluis Gene)

RW: Ansu Fati (Spanyol)

Setelah dipanggil pada Juni, meskipun tidak sepenuhnya fit, performa anak muda itu tampaknya menurun karena kurangnya menit bermain dengan Barcelona.

Dia telah menjadi pemain pengganti di semua enam pertandingan La Liga, hanya bermain sebagai starter melawan Viktoria Plzen di Liga Champions, dan Enrique mengatakan dia harus menemukan kembali performa seperti sebelum cederanya untuk masuk skuad Piala Dunia.

 

ST: Gabriel Jesus (Brasil)

Absennya Jesus dari skuad terbaru Brasil memang membingungkan. Dia selalu menjadi bagian dari skuad meski gol kompetitif terakhirnya untuk Brasil terjadi lebih dari tiga tahun lalu. Tapi kini Jesus sekarang sedang dalam performa terbaik sejak pindah ke Arsenal.

Jesus telah berjanji untuk berjuang untuk mendapatkan kembali tempat skuadnya, dia mengatakan kepada ESPN: “'Ada (kontak), setelah panggilan, ya. Saya sangat menghormati keputusan pelatih, saya menghormati Tite, seluruh staf.”

“Seperti yang saya katakan, saya orang Brasil, saya akan selalu mendukung tim. Dan, saya juga menghormati pemain lain, yang memiliki banyak kualitas. Saya akan terus melakukan yang terbaik untuk mendapatkan kesempatan lagi.”

 

LW: Marcus Rashford (Inggris)

Rashford dulunya adalah pemain sentral bagi tim Inggris asuhan Gareth Southgate, tetapi belum bermain untuk negaranya sejak gagal mengeksekusi penalti dalam kekalahan final Euro 2020 melawan Italia.

Penampilannya untuk Manchester United musim lalu jauh dari standar. Meskipun pemain berusia 25 tahun itu telah memulai musim yang baik saat ini dalam bentuk yang lebih baik, dia menghadapi tugas berat untuk memaksanya kembali ke skuad Inggris.

Ditanya apakah Rashford harus dimasukkan dalam skuad Piala Dunia Inggris, pelatih Manchester United Erik ten Hag mengatakan: “Itu cukup jelas dan cukup jelas. Dia memainkan musim yang sangat bagus dan saya pikir dia melakukan comeback yang hebat dan menunjukkan potensi dan kualitasnya yang luar biasa musim ini.”

Hanya waktu yang akan memberi tahu apakah Rashford, dan rekan satu klubnya, Jadon Sancho, dapat dipanggil kembali selama beberapa minggu ke depan.

Infografis Grup E Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Grup E Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya