Indonesia Menang Dua Kali atas Curacao di FIFA Matchday, PSSI Siap Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 28 Sep 2022, 09:24 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 09:24 WIB
Shin Tae-yong
Perbesar
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam laga melawan Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/9/2022) malam WIB. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia sukses menuai hasil positif dalam dua laga FIFA Matchday kontra Curacao yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Sabtu (24/9/2022) serta Stadion Pakansari Bogor pada Selasa (25/9/2022).

Skuad Garuda menang dua kali beruntun atas tim yang saat ini menghuni peringkat 84 FIFA. Pasukan Merah Putih unggul 3–2 di pertemuan perdana berkat sumbangsih gol dari Marc Klok (’18), Fachruddin Aryanto (’22), dan Dimas Drajad.

Duel Indonesia vs Curacao berjalan lebih alot di kali kedua. La Familia Azul sempat memaksa Skuad Garuda bermain imbang 1–1 hingga mendekati pengujung laga. Dendy Sulistyawan baru bisa memastikan kemenangan kubu Tanah Air lewat aksinya pada menit ke-87.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memuji performa Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong dalam FIFA Matchday kali ini. Sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu bahkan terang-terangan mengaku siap menyodorkan kontrak baru berdurasi empat tahun kepada juru taktik asal Korea Selatan.

“Sesuai dengan analisis dan diskusi saya dengan pihak terkait, (ada) beberapa kemajuan besar dan luar biasa (yang terjadi pada) Timnas,” ujar Mochamad Iriawan dalam konferensi pers pasca pertandingan Indonesia vs Curacao pada Selasa (27/9/2022) malam WIB.

“Sehingga (ketika pada) 2023 (kontrak Shin Tae-yong) habis, kami minimal (akan memperpanjang kontrak) empat tahun seperti sekarang. Insya Allah nanti, setelah fokus pada (Piala Dunia) U-20 tahun depan,” sambungnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Prestasi Shin Tae-yong

Foto: Yuk Lihat Kelakuan Shin Tae-yong di Laga Pamungkas Kualifikasi Piala Asia U-20 2023
Perbesar
Publik pecinta sepak bola Indonesia bisa melihat senyum bahagia dari Shin Tae-yong dalam laga epic comeback yang dimenangkan oleh Timnas Indonesia U-20. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Shin Tae-yong memang tergolong sebagai pelatih bertangan dingin. Selama menukangi Indonesia, ia sanggup menorehkan sejumlah prestasi.

Pelatih asal Negeri Ginseng menjadi sosok yang mengantar Skuad Garuda lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Capaian tersebut amat mengesankan mengingat Timnas Indonesia sudah 15 tahun tidak meraih hasil serupa.

Pasukan Merah Putih terakhir kali tampil di Piala Asia edisi 2007. Saat itu, Indonesia berstatus sebagai tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Shin Tae-yong juga tampil gemilang bersama Timnas U-20. Ia baru saja membawa Marselino Ferdinan dan kawan-kawan lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 usai membekuk Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam dalam persaingan Grup F.


Piala AFF

Konferensi Pers Jelang Laga FIFA Match Day Timnas Indonesia Vs Curacao
Perbesar
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat konferensi pers menjelang laga FIFA Match Day antara Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao yang berlangsung di Hotel Harris Citylink, Bandung, Jumat (23/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sayangnya, Shin Tae-yong belum berhasil mempersembahkan trofi Piala AFF untuk Indonesia. Prestasi terbaiknya adalah menjadikan Skuad Garuda sebagai runner up kejuaraan sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara edisi 2020.

Juru taktik Timnas Indonesia masih punya kesempatan untuk memperbaiki catatannya di Piala AFF 2022. Ketum PSSI Mochamad Iriawan pun berharap Skuad Garuda di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong dapat menunjukkan performa maksimal dalam perhelatan tersebut.

“Ini memang terakhir FIFA Matchday, tetapi kita (masih) ada AFF Mitsubishi (Piala AFF 2022). Saya melihat kita harus maksimal (di turnamen itu),” kata Iwan Bule kepada awak media pada Selasa (17/9/2022).


Drawing Piala AFF

Foto: Kena Mental, Timnas Indonesia Langsung Tertekan dan Takluk 0-4 dari Thailand di Leg Pertama Final Piala AFF 2020
Perbesar
Pada menit ke-63 leg pertama Final Piala AFF 2020, Egy Maulana Vikri dimasukkan pelatih Shin Tae-yong menggantikan Ricky Kambuaya untuk meningkatkan serangan akibat stamina Ricky Kambuaya yang mulai kelelahan. (AP/Suhaimi Abdullah)

Sekadar informasi, Timnas Indonesia bakal menghadapi persaingan berat sejak fase penyisihan grup Piala AFF 2022. Skuad racikan Shin Tae-yong berada di grup yang sama dengan sang juara bertahan Thailand.

Mengacu pada hasil drawing Piala AFF 2022, Skuad Garuda tergabung dalam grup A bersama empat negara lainnya, termasuk Thailand, Filipina, Kamboja, dan juara QR.

Kehadiran tim Gajah Perang tak pelak bakal memberi tantangan besar bagi Timnas Indonesia. Pasalnya, Thailand merupakan lawan tangguh yang berhasil menumbangkan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan di final Piala AFF 2020.

Skuad Garuda harus puas menyandang predikat runner up dalam kompetisi sepak bola paling bergengsi se-Asia Tenggara setelah kalah agregat 2–6 dari Thailand di partai puncak.

Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia
Perbesar
Infografis Shin Tae-yong Pelatih Baru Timnas Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya