Wawancara Kaka: Brasil atau Argentina Bakal Juara Piala Dunia 2022

Oleh Yulianto pada 28 Sep 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 20:00 WIB
Bintang Sepak Bola Dunia Pensiun, Ricardo Kaka
Perbesar
Bintang asal Brasil, Ricardo Kaka (kiri) memutuskan pensiun dari sepak bola pada 15 Oktober 2017 saat berusia 35 tahun. Klub terakhir Kaka sebelum pensiun adalah Orlando City SC. (AFP/Nelson Almeida)

Liputan6.com, Jakarta - Ricardo Izecson dos Santos Leite, lebih dikenal sebagai Kaka, telah menukar sepatu bolanya dengan sepatu lari menjelang maraton di Berlin akhir pekan lalu. Di sela-sela kesibukannya itu, legenda AC Milan ini tetap memberikan prediksinya tentang Piala Dunia 2022.

Kaka memang banting stir, di mana dirinya lebih sibuk mempersiapkan diri menjalani maraton selama tiga tahun. Kaka akan mengikuti lomba bersama saudaranya, Rodrigo.

Dia berbicara kepada Marca secara eksklusif di Berlin sebelum maraton berlangsung pada Minggu (25/9/2022) pagi waktu setempat.

 

Yang pertama adalah pertanyaan yang hampir jelas: Mengapa lari (maraton)?

Saya selalu menyukai kepelatihan. Ketika saya meninggalkan sepak bola profesional, saya terus melakukannya. Tetapi, kenyataannya saya tidak lagi memiliki tujuan. Setelah berbicara dengan beberapa orang di Brasil, saya memutuskan untuk lari maraton.

Apakah akan ada maraton lain setelah debut ini?

Saya tidak tahu. Apa yang ingin saya lakukan adalah menyelesaikan yang pertama dan kemudian kita lihat saja, karena dua bulan terakhir latihan sangat sulit.

Apa perbedaan antara memainkan pertandingan Liga Champions dan lari maraton?

Tekanannya berbeda, sehingga sensasinya berbeda. Ketika Anda bermain sepak bola sebagai seorang profesional, ada banyak orang yang melihat Anda dengan harapan besar, sedangkan ini semua tentang apa yang saya rasakan.

Jika saya menyelesaikannya dalam tiga jam 40 menit, maka ini akan baik-baik saja. Tetapi, jika saya berlari lebih cepat atau lebih lambat, tidak apa-apa juga.

Real Madrid memiliki sembilan kemenangan dalam sembilan pertandingan, apa yang telah Anda buat dari tim di awal musim?

Benar-benar fantastis. Tapi, saya tidak hanya melihat perkembangan para pemain, saya juga banyak fokus pada Carlo Ancelotti yang telah berkembang secara mengagumkan sebagai pelatih.

Casemiro pergi dan Aurelien Tchouameni tiba...

Saya suka pemain ini karena dia masih sangat muda, tetapi dia memiliki kepribadian yang hebat dan bermain sangat baik. Saya harus mengakui bahwa saya memiliki keraguan karena Casemiro adalah pemain yang sangat berpengalaman, walau Tchouameni maupun Camavinga juga memiliki sedikit pengalaman. Tetapi, mereka menangani tekanan bermain untuk Real Madrid dengan mengagumkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

 

Sulit Memilih AC Milan atau Real Madrid

Foto: Barisan 5 Pemain Amerika Latin yang Jadi Top Skor Liga Champions Sepanjang Sejarah, Lionel Messi Rajanya
Perbesar
Kaka. Eks gelandang serang Brasil berusia 40 tahun yang pensiun pada Desember 2017 bersama Orlando di MLS ini menjadi pencetak gol terbanyak di ajang Liga Champions pada musim 2006/2007 bersama AC Milan. Ia mampu mengoleksi 10 gol dan 3 assist dari 13 laga. Gelar top skor pun menjadi miliknya dan Milan pun sukses menjadi kampiun Liga Champions 2006/2007 usai mengalahkan Liverpool 2-1 di laga final. (AFP/Carl De Souza)

Adakah yang bisa berdebat dengan Karim Benzema untuk Ballon d'Or tahun ini?

Saya pikir dia adalah favorit kuat, meskipun Anda tidak pernah bisa mengatakan 100 persen bahwa dia akan memenangkannya. Karim sekarang adalah pemain yang sangat komplet dan penghargaan itu akan sangat layak.

Apakah Neymar masih menjadi bintang Brasil atau menurut Anda Vinicius dapat menyaingi dia untuk takhta itu?

Neymar akan menjadi pemimpin Brasil di Qatar 2022, tetapi sangat penting bahwa dia memiliki pemain seperti Vinicius di sisinya. Di Piala Dunia 2018, Neymar adalah protagonis mutlak, tetapi sekarang kami memiliki Vini, Raphinha, Richarlison, Antony. Semuanya pemain yang sangat bagus.

Vinicius, misalnya, adalah bintang di Real Madrid dan mencetak gol di final Liga Champions terakhir. Ini menghilangkan sedikit tekanan dari Neymar, yang sangat menguntungkan bagi kepentingan kami.

Rodrygo telah tumbuh secara eksponensial sebagai pesepakbola dalam setahun terakhir, apa pendapat Anda tentang dia?

Yah, dia sangat fenomenal. Masih didiskusikan di Brasil apakah dia harus pergi ke Piala Dunia dan saya jelas dia harus ada dalam daftar.

Saya sendiri pergi ke Piala Dunia ketika saya berusia 20 tahun dan belum meninggalkan Brasil. Sementara dia sudah menjadi bintang di Real Madrid. Ini juga merupakan pengalaman yang akan sangat baik untuk pertumbuhan profesionalnya.

Apa kenangan terbaik Anda tentang Real Madrid? Saya tidak berbicara tentang memenangkan trofi, saya sedang berbicara tentang memori tertentu.

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi saya ingat hari ketika saya pergi, karena saya berbicara dengan Florentino. Dia mengatakan kepada saya bahwa mereka melihat saya sebagai seorang profesional hebat yang telah melakukan segala yang mungkin untuk mencapai hasil hebat di Madrid, tetapi cedera membuat pelatih tak memberi saya banyak kesempatan.

Itu adalah kepuasan besar karena saya merasa pintu klub terbuka untuk saya. Itu sebabnya Anda tidak akan pernah mendengar saya berbicara buruk tentang Real Madrid atau Jose Mourinho. Faktanya, ketika saya bertemu Florentino di final Liga Champions di Paris awal tahun ini, kami berpelukan.

Dalam lubuk hati Anda, apa yang lebih Anda nikmati tahun ini, Scudetto untuk AC Milan atau LaLiga dan Liga Champions untuk Real Madrid?

Itu pertanyaan yang bagus. Milan kembali menjadi pusat perhatian di Italia setelah bertahun-tahun dan itu fenomenal, tetapi final di Paris saya mengalaminya secara langsung di Paris dan melihat Real Madrid memenangkan Liga Champions dengan cara itu... Yang benar adalah bahwa saya tidak bisa menembus pikiranku.


Tim yang Bisa Hentikan Brasil dan Argentina

Foto: 5 Kontestan Piala Dunia 2022 dengan Nilai Skuat Termahal, Timnas Inggris di Peringkat Pertama
Perbesar
Brasil. (AFP/Carl De Souza)

Amerika Selatan belum pernah memenangkan Piala Dunia sejak Brasil pada 2002, di mana Anda menjadi bagiannya. Bisakah Brasil atau Argentina mematahkan rekor itu tahun ini?

Saya harap begitu, tetapi sepak bola Eropa sangat bagus. Kami juga memiliki cacat dan itu adalah bahwa dengan lahirnya UEFA Nations League, kami tidak dapat lagi memainkan pertandingan persahabatan melawan tim-tim besar Eropa. Itu membuat kami kurang kompetitif karena di Amerika Selatan, Brasil memenangkan hampir setiap pertandingan.

Itu membuatnya lebih sulit untuk tumbuh sebagai tim nasional, meskipun benar bahwa kedua tim melakukannya dengan sangat baik di Piala Dunia dan memiliki pemain hebat.

Saya sangat menyukai tim Argentina ini, mereka sangat dewasa dan memiliki pelatih yang hebat. Singkatnya, baik Brasil dan Argentina memiliki peluang besar untuk memenangkan Piala Dunia ini.

Tim mana yang bisa melawan Brasil dan Argentina di Qatar?

Di atas segalanya Prancis, yang merupakan rival besar karena mereka memiliki pemain yang fantastis dan merupakan juara bertahan, meskipun Spanyol dan Jerman juga merupakan rival yang hebat.

Kemudian kami harus mengawasi Portugal, yang memiliki tim bagus, meskipun kami harus menunggu dan melihat bagaimana Cristiano sampai di sana. Dan kemudian ada Belgia, tentu saja, yang biasanya gagal pada akhirnya meskipun memiliki tim yang hebat.

Bagaimana Anda melihat Luis Enrique di Spanyol, dan apakah ada pemain yang sangat Anda sukai?

Spanyol memiliki tim yang sangat bagus dengan pemain hebat, meskipun mereka masih sangat muda.

Luis Enrique menurut saya adalah pelatih yang sangat kreatif dan saya sangat menyukai Gavi. Pedri juga memiliki masa depan yang cerah di depannya, meskipun saya memiliki kasih sayang khusus untuk Alvaro Morata karena saya melihatnya langsung menjadi seorang profesional.

Infografis Stadion Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya