Sukses

Harry Maguire Melempem, MU Berniat Hidupkan Lagi Perburuan Bek Villarreal

Paul Torres bukan sosok yang baru bagi Manchester United atau MU.

Liputan6.com, Jakarta Bursa transfer pemain baru bergulir lagi tahun depan. Namun Manchester United atau MU sudah mulai pasang kuda-kuda sejak dini.

Setelah mendaptkan sejumlah pemain baru pada bursa transfer musim panas, pelatih MU, Erik Ten Hag sepertinya belum puas. Pria asal Belanda itu bakal melengkapi lagi kepingan timnya dengan menambah sejumlah nama baru pada musim dingin mendatang. 

Kabarnya, Ten Hag bakal dibekali uang belanja sebesar 70 poundsterling atau sekitar Rp1,2 Triliun. Angka ini jauh di bawah anggaran belanja MU pada bursa transfer musim panas lalu yang mencapai 200 juta pound sterling atau setara dengan Rp 3,2 Triliun. 

Menurut laporan Sportwitness.com. satu nama yang mulai masuk radar MU adalah Pau Torres. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut dianggap cocok untuk menambal kekuatan barisan pertahanan Setan Merah agar semakin ideal lagi. 

Kebetulan, kontrak Torres bersama Villarreal juga bakal berakhir tahun 2024 dan tidak ada tanda-tanda akan diperpanjang.

Artinya setelah tahun depan, pria berusia 25 tahun itu akan berstatus free transfer. Nah, Situasi ini bakal dimanfaatkan Setan Merah untuk menekan Villarreal agar memberi diskon atau potongan harga Pau Torres yang memiliki klausul pelepasan senilai 65 juta euro. 

Seperti diketahui, Ten Hag terus melakukan perubahan di jantung pertahanan MU. Posisi bek tengah yang sebelumnya akrab dengan sosok Harry Maguire, kini lebih sering dihuni oleh Lisandro Martinez dan Raphael Varane. Kedua pemain tersebut semakin sering tampil sebagai starter, terutama di Premier League.  Sementara peran Maguire semakin terpinggirkan dan sering duduk di bangku cadangan.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa Pau Torres?

Sebenarnya Torres bukan wajah baru bagi MU. Namanya sudah masuk dalam radar MU sejak bursa transfer musim panas 2022. 

Hanya saja, proses negosiasi mandek dan Ten Hag akhirnya mendatangkan Martinez dari Ajax Amsterdam. 

Dikutip dari berbagai sumber, Torres telah memperkuat Villarreal sejak 2017 lalu. Namun dalam dua musim terakhir, pemain kelahiran 16 Januari 1997 itu dipinjamkan ke tim Malaga. Sejauh ini, Torres telah bermain sebanyak 108 laga bersama Villarreal. 

Torres juga merupakan bagian dari timnas Spanyol. Dia membela tim Matador sejak 2019. Pau Torres mulai dipanggil memperkuat Spanyol pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020 lalu saat tim Spanyol masih ditangani oleh Robert Moreno. 

Meski demikian, Torres tidak sempat tampil dalam laga ini. Dia baru debut saat Spanyol bertemu Malta 15 November 2022. Saat itu, dia menggantikan posisi bek veteran Spanyol, Sergio Ramos dalam laga yang dimenangkan tim Matador dengan skor 7-0 tersebut.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Diincar Tim Lain

Sebenarnya, bukan hanya MU yang berniat mendatangkan Pau Torres. Dua tim Liga Inggris lainnya, Manchester City dan Chelsea juga jatuh hati kepadanya. Kedua tim ini juga sempat ikut meramaikan perburuan Torres pada bursa transfer musim panas 2022.

Menurut jurnalis sekaligus pakar transfer, Fabrizio Romano, City dan Chelsea bahkan sempat mengirim orang untuk memantaunya. 

Menurut ESPN, tidak hanya ketiga tim Liga Premier saja, perburuan Torres juga sempat diikuti oleh klub di Spanyol, seperti Barcelona.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Ten Hag Boros

Sementara itu, sejak didatangkan ke MU, Erik Ten Hag sudah menghabiskan dana hingga 200 juta pound sterling untuk belanja pemain. Di musim panas lalu, dia mendatangkan enam pemain baru, seperti Tyrell Malacia, Lisandro Martinez, Christian Eriksen, Antony, Casemiro, hingga penjaga gawang Martin Dubravka. Dari seluruh amunisi ini, hanya Eriksen yang didapat Ten Hag dengan gratis. 

Antony menyedot biaya transfer terbesar untuk MU. Setan Merah harus mengeluarkan dana hingga 85 juta poundsterling unuk memboyong pemain asal Brasil tersebut dari Ajax Amsterdam ke Old Trafford.

Awalnya, banyak yang nyinyir dengan keputusan ini. Bahkan legenda Timnas Belanda, Marco Van Basten menganggap MU kemahalan menebus Antony. Beruntung, Antony segera menepis keraguan itu. Dia langsung diterima publik MU usai mencetak gol dalam debutnya. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sebuah klub asal Spanyol yang berbasis di Vila-real, sebuah kota yang ada di provinsi Castellon.
    Sebuah klub asal Spanyol yang berbasis di Vila-real, sebuah kota yang ada di provinsi Castellon.

    Villarreal

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Pau Torres