Hubungan Kevin Sanjaya dan Herry IP Retak, Sekjen PBSI Buka Suara

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 27 Sep 2022, 08:45 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 20:50 WIB
Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon - Indonesia Masters 2021 - 20 November -3
Perbesar
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan pelatih Herry Iman Pierngadi usai laga Indonesia Masters 2021 di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Sabtu (20/11/2021). (foto: Humas PP PBSI)

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PP PBSI Muhammad Fadil Imran buka suara soal isu keretakan hubungan pemain ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo dengan pelatihnya Herry Iman Pierngadi alias Herry IP.

Ia mengeklaim bahwa pihaknya telah bertemu dengan kedua sosok. Walau begitu, PBSI hingga kini belum bisa mengungkap solusi spesifik yang akan diambil untuk menengahi situasi tersebut. Fadil Imran hanya berharap permasalah Kevin dan Herry IP dapat diatasi.

“(Masalah seperti itu) biasa antara pelatih dengan atletnya,” ujarnya kepada awak media saat menghadiri final IFSC Climbing World Cup di SCBD pada Senin (26/9/2022) malam WIB.

“Saya sudah pernah bertemu dengan keduanya, mencoba mencari solusi terbaik, ya. Mudah-mudahan saja kita bisa mencarikan solusi,” sambung Fadil Imran.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Herry IP saat ini tak berada dalam situasi baik. Pebulu tangkis yang pernah menghuni peringkat satu dunia bersama Marcus Fernaldi Gideon itu mengaku sudah tak cocok dilatih Coach Naga Api.

Herry mengungkap sang pemain sendirilah yang memilih berpisah dengannya usai gelaran Indonesia Open 2022 lalu. Ia mengetahui hal itu setelah mendapat kabar dari asisten pelatih ganda putra Aryono Miranat.

“Bukan saya (yang tidak mau melatih), Kevin yang tak mau berlatih dengan saya. Lebih baik tanya Kevin saja. Katanya Kevin sudah tidak cocok berlatih dengan saya. Kalau sudah tidak merasa cocok, ya sudah tidak usah latihan dengan saya,” ujarnya, dikutip dari Antara.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Masih di Pelatnas

Kevin/Marcus Kandas Ditangan Pebulu Tangkis China
Perbesar
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamulio saat bertanding melawan Liang Wei Keng/ Wang Chang (China) pada babak Semifinal Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (11/6/2022). Kevin/Marcus takluk dan gagal melaju ke final Indonesia Masters 2022. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terlepas dari hal itu, Kevin dikabarkan masih tetap berlatih di Pelatnas. Pebulu tangkis yang kerap dijuluki Si Tangan Petir memisahkan diri dari skuad ganda putra yang diasuh Herry IP dan bergabung dengan rekan-rekannya di pratama serta ganda campuran.

Fadil Imran menuturkan bahwa konflik antara Kevin dan Coach Naga Api tak lantas membuat sang pemain kesulitan latihan. Ia dan pasangannya masih bisa berguru dari Aryono, walau tengah terlibat polemik dengan Herry IP.

“Di pelatnas badminton itu bukan hanya Herry IP, ada (juga) asisten coach, ada Mas Aryono di situ. Jadi Kevin dan Sinyo tetap bisa berlatih. Walau misalnya ada sesuatu yang mengganjal di antara keduanya, so far kita bisa running,” pungkas Fadil.


Tetap dengan Marcus

Foto: Mendung di Istora, 6 Wakil Indonesia Terhenti di Babak 16 Besar Indonesia Open 2022 termasuk Marcus Gideon/ Kevin Sanjaya
Perbesar
Turnamen Bulu Tangkis East Ventures Indonesia Open 2022 tampak tak bersahabat dengan para wakil tuan rumah. Saat turnamen baru menyelesaikan babak 16 besar, para wakil Indonesia telah bertumbangan. Total, 6 wakil Indonesia gugur di babak 16 besar yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2022) dan hanya menyisakan 4 wakil di perempatfinal. (Bola.com/bagaskara Lazuardi)

Konflik Kevin dan Herry IP membuat sejumlah pihak khawatir dengan kelanjutan duet The Minions. Keduanya memang sempat cukup lama absen dari turnamen lantaran Marcus masih berada dalam tahap pemulihan.

Fadil mengaku dirinya tak bisa memberi kepastian soal masa depan Kevin/Marcus. Walau begitu, ia meyakini kedua pemain akan tetap bersama, mengingat prestasi mereka masih mumpuni kala tampil di event-event bergengsi internasional.

“Bukan saya, ya, (yang menentukan). Kabid Binpres nanti yang akan melihat itu semua. Akan tetapi, sejauh ini kan prestasi mereka masih cukup mumpuni di event-event internasional. Nanti (mereka) akan ke Denmark Open. Mudah-mudahan di situ mereka bisa bangkit kembali.”

Infografis bulu tangkis
Perbesar
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya