Timnas Prancis Dihantam Badai Cedera, Kutukan Piala Dunia Mengintai

Oleh Muhammad Yanto pada 28 Sep 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 18:00 WIB
Foto: Pukulan Telak Timnas Prancis Jelang Piala Dunia, Dibungkam Denmark di UEFA Nations League
Perbesar
Denmark membuat kejutan dengan menghajar Prancis dua gol tanpa balas dalam matchday pemungkas Grup 1 UEFA Nations League A 2022/2023, Senin (26/9/2022). (Franck Fife)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 Qatar tinggal menghitung hari. Namun, masalah besar sedang menghampiri Timnas Prancis. Sang juara bertahan dihantam badai cedera dan membuat performa mereka semakin tidak meyakinkan.

Piala Dunia 2022 akan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022. Ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang berlangsung pada musim dingin.

Prancis sebagai juara bertahan saat ini sedang menjalani laga lanjutan EUFA Nations League. Terbaru, Prancis dipermak Denmark 0-2 di Parken Stadium, Senin (26/9/2022).

Kekalahan ini membuat Les Blues hanya meraih satu kemenangan dalam enam pertandingan UEFA Nations League melawan Kroasia, Austria, dan Denmark.

Kekalahan ini juga tak lepas dari badai cedera yang menghantam Prancis. Dalam laga melawan Denmark, performa Prancis tidak seganas saat mereka menjuarai Piala Dunia 2018 lalu.

Di lini depan, Karim Benzema absen karena cedera paha. Sedangkan Olivier Giroud kurang maksimal dengan Antoine Griezmann tidak lagi menggigit akibat kurangnya menit bermain di klub.

Kemudian di lini tengah, N'Golo Kante masih belum bermain karena cedera. Duo Real Madrid Aurelien Tchouameni dan Eduardo Camavinga yang diplot sebagai pengganti belum mampu menggantikan peran Kante.

Nasib Paul Pogba juga belum jelas. Gelandang Juventus tersebut terancam tak bisa ikut Piala Dunia karena cedera saat pramusim.

Tak sampai di situ, lini pertahanan juga digerogoti cedera. Presnel Kimpembe, Theo Hernandez, Lucas Hernandez, Ibrahima Konate, dan Jules Kounde masih diganggu gangguan fisik. Bahkan di sektor kiper, Hugo Lloris dan Mike Maignan menghadapi masalah yang sama.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Komentar Didier Deschamps

Pelatih Sukses Jebolan Serie A
Perbesar
6. Didier Deschamps – Pelatih Timnas Prancis ini telah mengukir catatan pribadi yang mengesankan. Dia adalah salah satu sosok yang berhasil menjadi juara Piala Dunia baik sebagai pemain dan pelatih. (AFP/Franck Fife)

Kekalahan dari Denmark tak membuat Didier Deschamps cemas. Dia meyakini timnya akan kembali kuat jika para pemain andalan kembali pulih.

"Saya tak merasa cemas, karena setelah pemain-pemain dengan pengalaman internasional kembali, kami akan kembali kuat," ucap Deschamps dikutip RMC Sport.

"Tidak ada yang perlu dicemaskan. Semalam, saya menyaksikan pertandingan lain dan ada tim besar yang juga menelan kekalahan. Kami tidak berpikir kami lebih baik dari yang lain, tetapi kami akan terus berjuang menjadi lebih baik," tambahnya.


Kutukan Piala Dunia Mengintai

Foto: Pukulan Telak Timnas Prancis Jelang Piala Dunia, Dibungkam Denmark di UEFA Nations League
Perbesar
Pasukan Didier Deschamps itu cukup beruntung tak turun ke Liga B UEFA Nations League lantaran Austria kalah dari Kroasia di laga lainnya. Dengan demikian Prancis menutup babak grup di posisi tiga, satu poin saja di depan Austria. (Liselotte Sabroe/Ritzau Scanpix via AP)

Meski tidak cemas, seharusnya Deschamps waspada. Sebab, kutukan Piala Dunia siap mengintai. Prancis terancam kembali mengalami nasib tragis usai menjadi juara pada Piala Dunia 2018.

Pasalnya, sejak pergantian milenium, tim yang berhasil menjadi juara dunia hampir selalu angkat kaki lebih cepat pada edisi berikutnya.

Mereka gagal melangkah ke fase gugur setelah tersingkir di babak grup. Fenomena itu terjadi pada lima edisi terakhir Piala Dunia, dengan empat juara bertahan selalu kandas di fase grup.


Kisah Tragis Prancis di Piala Dunia 2002

Prancis gagal mengulangi prestasi saat Piala Dunia 2002
Perbesar
Prancis gagal mengulangi prestasi saat Piala Dunia 2002 (AFP/Patrick Hertzog)

Prancis juga sempat merasakannya kala memenangkan edisi 1998. Prancis menjadi unggulan, terlebih setelah berhasil menjadi juara di Euro 2000

Namun, di laga perdana Piala Dunia 2022, Prancis mengalami kekalahan yang mengejutkan. Mereka ditumbangkan 0-1 oleh Senegal. Di laga kedua, Prancis bersua Uruguay. Kemenangan pun menjadi harga mati untuk pasukan Roger Lemerre untuk melaju ke babak 16 besar. Kenyataanya Prancis hanya mampu bermain imbang 0-0.

Hasil itui memang belum menutup peluang Prancis ke perdelapan final. Penentuannya ada di laga terakhir melawan Denmark. Namun, bukannya meraih kemenangan, Prancis malah hancur 0-2.

Dennis Rommedahl dan Jon Dahl Tomasson sukses mengirim Prancis ke dasar klasemen. Prancis pun harus angkat koper dari Piala Dunia 2002 Korea Selatan-Jepang.


Jadwal Prancis di Piala Dunia

Foto: 5 Kontestan Piala Dunia 2022 dengan Nilai Skuat Termahal, Timnas Inggris di Peringkat Pertama
Perbesar
Prancis. Timnas Prancis sebagai peringkat ke-3 FIFA lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan nilai skuat mencapai 978,80 juta euro atau setara sekitar Rp15,7 triliun. Di antara para pemain berusia emas, Kylian Mbappe menjadi yang paling tinggi nilainya mencapai 160 juta euro. (AFP/Franck Fife)

Rabu, 23 November 2022

02.00 WIB: Prancis vs Australia di Al-Wakrah Stadium

Sabtu, 26 November 2022

23.00 WIB: Prancis vs Denmark di Stadium 974

Rabu, 30 November 2022

22.00 WIB: Prancis vs Tunisia di Education City Stadium

Infografis Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya