Sukses

Tidak Ada Allison, Berikut 5 Daftar Kiper Terbaik Menurut Iker Casillas

Iker Casillas merupakan salah satu kiper terbaik sepanjang masa. Hampir selama dua dekade, para penonton sepakbola dibuat kagum dengan penampilannya yang heroik dalam setiap pertandingan klub maupun timnas Spanyol.

Liputan6.com, Jakarta Iker Casillas merupakan salah satu kiper terbaik sepanjang masa. Hampir selama dua dekade, para penonton sepakbola dibuat kagum dengan penampilannya yang heroik dalam setiap pertandingan klub maupun timnas. Tak heran bila ia menjadi legenda hidup Real Madrid dan Timnas Spanyol.

Selama seperempat abad lebih Iker Casillas membela Los Blancos (terhitung sejak level junior), ia telah mempersembahkan 18 gelar termasuk 5 trofi La Liga dan 3 trofi Liga Champions.  Di level Timnas, Casillas juga telah memenangkan gelar FIFA World Cup bersama Spanyol pada tahun 2010 dan UEFA Euro pada tahun 2008 dan 2012. 

Sebagai kiper kelas dunia, wajar bila penilaian Casillas terdapat kiper-kiper sekarang bisa jadi pertimbangan. Dilansir dari Squawka.com, Saint Iker, julukan Casillas diminta untuk memberikan lima nama kiper terbaik saat ini.

Ada hal yang mengejutkan dari pendapat Casillas, pasalnya tidak ada nama Allison kiper utama Liverpool dalam daftar kiper terbaik. Padahal, Allison salah satu kiper yang konsisten bermain bagus di beberapa tahun belakang termasuk memberikan gelar Liga Champion ke-6 bagi Liverpool di tahun 2019.

Urutan Pertama

Menurut Casillas, yang lebih layak dijadikan peringkat pertama adalah kiper Real Madrid, Thibaut Courtois. Ia memiliki peran besar saat membawa Madrid mengalahkan Liverpool di final Liga Champions pada bulan mei lalu.

 

Pemain Belgia itu menghasilkan beberapa penyelamatan kunci, saat Los Blancos terus diserang oleh tim asuhan Jurgen Klopp. Pada akhir laga, Courtois pun memenangkan penghargaan Man of the Match.

Urutan Kedua

Selanjutnya, di urutan kedua ada kiper Manchester City, Ederson Moraes. Pemain asal Brazil yang baru didatangkan pada tahun 2017 dari klub Liga Portugal, Benfica. Dia telah memenangkan tiga Golden Glove Award Premier League dan terus menjadi pilihan kiper utama pelatih Pep Guardiola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiper Terbaik versi Iker Casillas

Urutan Ketiga

Pada urutan ketiga ada kiper utama Atletico Madrid yang juga pernah menjadi pesaing di setiap derby madrid, yaitu Jan Oblak. Menurutnya, Oblak merupakan salah satu kiper shot-stopper paling terampil dan cekatan di dunia sepakbola saat ini. 

Oblak juga memenangkan Player of the Season La liga pada 2020/2021, yang tentu menandakan betapa pentingnya peran dia dalam menjaga gawang bagi tim arahan pelatih Diego Simeone.

Urutan Keempat 

Di bawah Oblak, ada dua kiper yang sama-sama berkebangsaan jerman. Pada urutan keempat ada nama Marc-Andre ter Stegen yang merupakan kiper utama Barcelona. Alasan Casillas lebih memilih Ter Stegen, ialah karena melihat besarnya perjuangan Stegen menjaga gawang Barcelona yang sedang menurun permainannya di beberapa tahun belakangan ini, terutama setelah ditinggal beberapa legenda yang memutuskan pensiun. 

Ditambah lagi, Ter Stegen juga telah memulai musim 2022-2023 ini dengan catatan yang gemilang. Ia hanya kebobolan satu kali dari enam laga yang sudah digelar. Mengantarkan timnya yang berjuluk Blaugrana itu kokoh di peringkat dua klasemen sementara La liga.

Urutan Kelima

Kelima adalah Manuel Neuer, kiper utama sekaligus kapten FC Bayern. Meskipun usianya tak lagi muda (sekarang 36 tahun) Manuel Neuer adalah salah satu kiper terbaik dengan perannya sebagai keeper-sweeper. Ia berhasil menjadi bagian kesuksesan Bayern Muenchen selama 1 dekade, termasuk meraih gelar sextuple atau enam trofi dalam semusim pada 2019-2020 lalu.

Itulah lima kiper terbaik dunia saat ini menurut Iker Casillas, legenda Real Madrid dan Timnas Spanyol.

  1. Thibaut Courtois (Real Madrid)
  2. Ederson Moraes (Manchester City)
  3. Jan Oblak (Atletico Madrid)
  4. Marc-Andre ter Stegen (FC Barcelona) 
  5. Manuel Neuer (Bayern Munchen)

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini