Sukses

Penantian 12 Tahun, Rifat Sungkar Rebut Juara di Rally Danau Toba APRC 2022

Rifat Sungkar dengan navigator Benjamin Searcy berhasil meraih poin tertinggi dalam dua hari Rally Danau Toba APRC 2022

Liputan6.com, Jakarta Pembalap senior Indonesia,Rifat Sungkar yang tergabung dalam Mitsubishi XPANDER Rally Team (MXRT) berhasil meraih gelar juara Rally Danau Toba Asia Pacific Rally Championship (APRC) sekaligus Kejuaraan Nasional Rally 2022, Minggu 25 September 2022. Hasil tersebut diraih setelah Rifat Sungkar, yang berpasangan dengan navigator Benjamin Searcy, menuntaskan 4 Special Stage (SS) di Leg 2 (hari kedua).

Menunggangi Mitsubishi XPANDER AP4 yang tampil luar biasa, Rifat dan Ben mencatat total waktu 2 jam 2 menit 24,4 detik setelah menyelesaikan 12 SS sejak hari pertama.Sejak hari pertama, persaingan di kelas RC2 APRC, dimana XPANDER AP4 berada, berlangsung sangat ketat. Kendala juga sempat dihadapi saat dua ban pecah akibat panas dan kerasnya lintasan.

Mesin yang kehilangan tenaga akibat bahan bakar yang overheat sempat pula dialami pasangan pereli andalan MXRT itu. Namun kerja keras dan ketenangan tim mampu membawa XPANDER AP4 menempati posisi teratas usai menyelesaikan 8 SS di hari pertama.

Pada hari kedua, persaingan semakin keras mengingat jarak waktu antar pereli tidak terpaut jauh. Para pesaing mencoba mencatat waktu tercepat pada 4 SS terakhir. Sayangnya di Rally Danau Toba, bukan hanya kemampuan teknik berkendara yang utama. Dengan lintasan yang berat, performa kendaraan juga dituntut prima. Hal itulah yang kemudian membuat beberapa pesaing MXRT berguguran akibat tunggangan mereka mengalami masalah teknis dan tidak dapat meneruskan lomba.

"Kami sudah memperkirakan bahwa lintasan Rally Danau Toba ini menuntut segala hal mulai dari skill berkendara, ketenangan, kesabaran juga kerjasama dalam tim. Dan yang tidak kalah penting juga harus mampu menyiapkan kendaraan untuk tetap di performa terbaiknya," ucap Irwan Bagong, Manajer MXRT seperti rilis yang diterima media.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunci Sukses

Irwan yang telah malang melintang sebagai manajer tim reli mengerti betul apa yang dihadapi oleh timnya. Ia memuji penampilan Rifat dan Ben yang tetap tenang meski sempat mengalami kendala. Begitu juga dengan XPANDER AP4 yang tampil sangat luarbiasa. Lintasan berat yang tersaji sepanjang lomba mampu ditaklukkan mobil berbasis mobil keluarga itu.

"Ketenangan Rifat dan Ben, serta performa XPANDER AP4 yang luar biasa, membuat seluruh tim terpacu untuk mengerahkan segala kemampuan dalam mendukung mereka," kata Irwan.

Rifat Sungkar sendiri sangat puas atas hasil yang ia raih. Menurutnya gelar juara yang diraih adalah hasil dari kekompakan semua pihak di dalam tim.

"Saya sangat puas dan bangga dengan hasil yang kami peroleh. Menjadi juara di Rally Danau Toba APRC bukan semata karena usaha saya dan Ben di balik kemudi, tapi hasil kerja keras seluruh tim. Mitsubishi XPANDER AP4 juga tampil hebat. Meski sempat didera masalah, mobil itu tetap mampu memberikan penampilan terbaik. Saya juga bangga dapat merasakan langsung kehebatan XPANDER AP4 di lintasan reli yang paling berat yang pernah dihadapi mobil ini,” ujar Rifat.

 

3 dari 3 halaman

Penantian 12 Tahun

 

Lebih lanjut Rifat Sungkar mengemukakan bahwa secara pribadi hasil yang diraih di Rally Danau Toba merupakan penantian selama 12 tahun di ajang reli.

"Ini pencapaian yang luar biasa karena mampu juara di ajang reli tingkat Asia Pasifik. Bagi saya pribadi hasil ini memberi kebanggan tersendiri, sementara bagi Mitsubishi hal ini memperpanjang catatan emas Mitsubishi di arena reli," kata Rifat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.