Sukses

Beragam Reaksi Penggemar Tentang Akomodasi di Piala Dunia 2022

Pilih tinggal di Qatar dengan harga fantastis, atau singgah di negara tetangga walau sedikit kehilangan nuansa turnamen Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Penggemar sepak bola Inggris, Paul Clegg, berharap untuk menonton tim kesayangannya bermain di Piala Dunia 2022 Qatar, tetapi khawatir tentang akomodasi di Negeri Timur Tengah tersebut.

Dalam 25 tahun terakhir, Paul Clegg telah melakukan perjalanan ke beberapa negara untuk menonton tim sepak bola Inggris bermain. Dia telah menandai tiga Piala Dunia dari daftarnya dan sekarang bersiap untuk yang keempat di Qatar.

Seperti edisi sebelumnya, dia berencana untuk melacak perjalanan Inggris melalui turnamen dan telah membeli tiket untuk pertandingan mereka sampai final, jika mereka lolos.

Satu-satunya tantangan baginya adalah bahwa dia tidak yakin, di mana dia akan tidur untuk sebagian besar turnamen.

"Saya baru saja memesan kamar untuk empat malam pertama dan saya membayar mahal untuk itu. Saya belum menemukan pilihan dengan harga terjangkau. Jadi, saya tidak yakin di mana saya akan tinggal setelah itu," katanya.

Paul tidak sendirian dalam perjuangannya - ribuan orang lainnya menghadapi masalah yang sama.

BBC berbicara kepada lebih dari dua lusin penggemar yang masih belum berhasil memesan akomodasi apa pun. Dengan kurang dari dua bulan lagi, kekhawatiran mereka semakin meningkat.

Piala Dunia diharapkan menarik lebih dari satu juta pengunjung, tetapi pada Maret 2022, Qatar hanya memiliki 30.000 kamar hotel, 80% di antaranya telah dipesan oleh FIFA untuk tim sepak bola, ofisial, dan sponsor.

Lebih dari satu juta penggemar diperkirakan akan mengunjungi Qatar untuk Piala Dunia, tetapi banyak yang masih belum menemukan kamar yang terjangkau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi Tuan Rumah Menampung Antusias Fans

Untuk meningkatkan pilihan akomodasi, penyelenggara menawarkan kamar bersama di apartemen kosong, vila, desa, dan tenda bergaya tradisional di padang pasir.

Dua kapal pesiar sedang diubah menjadi hotel terapung yang akan ditambatkan di pelabuhan Doha. Semua langkah ini diharapkan dapat menambah hingga 70.000 kamar.

Dalam sebuah pernyataan kepada BBC, Komite Tertinggi untuk Pengiriman & Warisan negara itu mengatakan negara Teluk akan mengirimkan hingga 130.000 kamar pada waktunya untuk turnamen.

"Ini adalah inventaris yang nyaman untuk penggemar, tim, dan sponsor yang bepergian ke Piala Dunia 2022 Qatar," tambahnya.

Terlepas dari pengumuman ini, pilihan akomodasi di darat, khususnya di Qatar sedikit dan mahal.

Kabin yang direfabrikasi di desa-desa penggemar yang dibangun di gurun di pinggiran Doha dijual sebagai pilihan anggaran. Mereka dihargai USD 207 (Rp 3,1 juta) per malam dan banyak penggemar mengatakan bahwa mereka tidak sepadan dengan uangnya.

3 dari 4 halaman

Dilema yang Masih Belum Terpecahkan Qatar

Anas Filali, yang terbang dari Amerika Serikat, mengatakan tidak ada pilihan yang terjangkau untuk pelancong beranggaran terbatas seperti dirinya.

"Dua ratus dolar untuk kabin-kabin di desa penggemar itu... terlalu mahal. Kamar-kamar Airbnb juga sangat mahal. Saya berharap menemukan beberapa pilihan yang lebih murah begitu saya sampai di sana," katanya.

BBC meminta akses untuk mengunjungi desa-desa penggemar, tetapi izin ditolak oleh pihak berwenang. Situs-situs tersebut dilaporkan masih dalam tahap pembangunan.

Penduduk setempat telah diizinkan untuk menjamu penggemar di rumah mereka, tetapi dengan harga yang lumayan. Di situs penyewaan kamar Airbnb hampir tidak ada pilihan dengan harga kurang dari USD 200 (Rp 3,01 juta) per malam.

Leo Caglilio, yang bepergian dari Australia dengan saudara iparnya, membayar USD 265 (Rp 3,9 juta) per malam untuk kamar pribadi di rumah keluarga. Dia mengatakan dia tidak pernah menghadapi masalah menemukan kamar yang terjangkau ketika dia pergi ke Brasil di Piala Dunia 2014.

"Kali ini benar-benar menegangkan. Kami sudah mencari sejak April, tetapi harganya tidak pernah benar-benar turun," katanya.

Qatar adalah negara terkecil berdasarkan ukuran daratan yang pernah menggelar Piala Dunia.

Negara ini dilaporkan telah menghabiskan USD200 miliar sejak memenangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah turnamen pada 2010. Mayoritas dana digunakan untuk membangun infrastruktur dan stadion.

Periode tersibuk akan menjadi babak penyisihan grup, ketika empat pertandingan sehari akan dimainkan di stadion di dalam dan sekitar Doha.

Sementara FIFA mengatakan hampir 2,5 juta tiket dari kemungkinan 3 juta telah terjual dan 1,2 juta orang yang belum pernah terjadi sebelumnya, setara dengan hampir 40% populasi Qatar, diperkirakan akan berkunjung.

4 dari 4 halaman

Berkah untuk Negara Tetangga

Kemacetan akomodasi telah memaksa ribuan penggemar untuk mencari opsi di luar Qatar, dengan banyak yang memutuskan untuk melalui diri mereka dari negara tetangga.

Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Kuwait, dan Oman akan mengoperasikan penerbangan antar-jemput setiap hari untuk mengangkut penggemar ke negara tuan rumah.

Dubai telah muncul sebagai tujuan populer, dengan permintaan kamar hotel yang melonjak menjelang Piala Dunia. Kota ini akan mengoperasikan hampir 50 penerbangan antar-jemput setiap hari ke Doha, yang berjarak kurang dari satu jam perjalanan dengan pesawat.

Simon Witney, seorang penggemar dari Inggris, tinggal di Dubai dan berencana untuk melakukan perjalanan ke Doha hanya pada hari pertandingan. Dia bilang dia membayar kurang dari USD 100 (Rp 1,5 juta) per malam untuk "kamar yang jauh lebih baik" di sebuah lokalitas kelas atas di kota.

"Meskipun ada biaya penerbangan, saya akan menghemat jumlah yang besar," katanya.

Dewan Olahraga Dubai memperkirakan bahwa sekitar 1 juta penggemar Piala Dunia bisa tiba di kota itu - meskipun beberapa pengamat merasa target ini mungkin ambisius, mengingat Qatar juga mengharapkan jumlah pengunjung yang sama.

Terlepas dari kekacauan akomodasi, banyak penggemar seperti Paul berharap dapat tinggal di Qatar untuk memanfaatkan kunjungan mereka sebaik mungkin.

"Saya ingin berendam dalam atmosfer Piala Dunia," katanya. "Jika saya tinggal di negara lain, maka saya akan kehilangan pengalaman itu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini