Jadwal UEFA Nations League : Big Match Inggris vs Jerman, Portugal vs Spanyol

Oleh Muhammad Farhan pada 26 Sep 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 18:00 WIB
Harry Maguire - timnas Inggris
Perbesar
Timnas Inggris dipermalukan Italia pada matchday kelima dengan skor tipis 1-0 di San Siro, Milan. (Marco BERTORELLO / AFP)

Liputan6.com, Jakarta UEFA Nations League kembali hadir dengan sejumlah laga sengit yang akan tersaji pada pekan ini. Salah satu duel sengit mempertemukan Inggris dengan Jerman pada matchday keenam Grup A3. Laga ini akan digelar di Wembley Stadium, Selasa (27/09/2022) pukul 01.45 dini hari WIB.

Sebelum laga ini digelar, pada matchday kelima kedua tim ini sama-sama menelan kekalahan dengan skor identik, yakni 0-1.

Tim asuhan Gareth Southgate dipermalukan timnas Italia di San Siro. Gol semata wayang dicetak oleh Giancomo Raspadori menit ke-68. Hasil ini membawa The Three Lions terdegradasi ke Grup B musim depan. Sementara itu, Gli Azzuri naik ke posisi kedua dengan raihan delapan poin dari lima laga.

Di sisi lain, Jerman juga tunduk oleh sang tamu Hungaria yang berlangsung di Red Bull Arena. Gol kemenangan Hungaria melalui sepakan backheel Adam Szalai menit ke-17.

Ini menjadikan kekalahan perdana timnas Jerman di era kepalatihan Hansi Flick sejak debutnya pada 2021 lalu (9 menang dan 4 seri dari 13 laga).Kedua tim sama-sama tidak mempunyai peluang bersaing dengan Hungaria dan Italia dalam perebutan posisi ke semifinal.

Jerman dan Inggris memanfaatkan UEFA Nations League sebagai pemanasan untuk Piala Dunia 2022. Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 bakal berlangsung di Qatar, mulai 20 November hingga 18 Desember mendatang.

Timnas Inggris akan bergabung Grup B di Piala Dunia 2022 dengan Iran, Amerika Serikat, dan Wales. Sedangkan Jerman ke dalam Grup E bersama Spanyol, Kosta Rika, dan juga Jepang.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Portugal vs Spanyol

Portugal
Perbesar
Portugal pesta gol lawan Republik Ceko di UEFA Nations League (AFP)

Duel panas lainnya, Portugal dijadwalkan menghadapi Spanyol pada laga pamungkas, Rabu (28/09/2022) pukul 01.45 dini WIB. Pertandingan bakal digelar di Municipal de Braga Stadium. Tentu laga ini menjadi hidup mati bagi kedua tim, siapa yang akan menjadi predikat juara Grup A2 nanti. 

Sebelum laga tersaji, Cristiano Ronaldo dan kolega berhasil bungkam Republik Ceko dengan 4-0. Gol kemenangan A Selecao masing-masing dicetak oleh Diogo Dalot (33’ dan 52’) dan Bruno Fernandes (45+3) serta disusul gol dari Diogo Jota di penghujung laga.

Hasil ini membuat timnas Portugal menggeser Spanyol di posisi puncak klasemen dengan torehan 10 poin dari lima laga. Adapun Rep. Ceko hanya mampu menjadi juru kunci dengan empat angka.

Berbeda dengan Portugal, Spanyol tumbang ditangan Swiss dengan skor tipis 1-2 dihadapan fans sendiri, Estadio de la Romarede.

Tuan rumah harus tertinggal terlebih dahulu melalui Manuel Akanji pada menit ke-21. Setelah itu, La Furia Roja menyamakan kedudukan 1-1 dicetak oleh Jordi Alba (55’). Akan tetapi, skor imbang itu dibuyarkan selang tiga menit kemudian melalui Breels Emobolo. Kekalahan ini membuat Spanyol bertengger posisi kedua klasemen Grup A2 dengan mengoleksi delapan poin, hanya selisih dua poin dari sang pemuncak klasemen Portugal.

Pelatih Spanyol, Luis Enrique mengakui bahwa anak asuhnya tampil kurang maksimal dengan pemainnya sering melakukan kesalahan sehingga kekalahan ini kedua kalinya bagi La Furia Roja dalam 20 tahun terakhir di markas sendiri. Terakhir, mereka kalah di markas sendiri sejak 2018 saat menghadapi Inggris dengan skor 2-3 di ajang yang sama.

“Kekalahan selalu menjadi sesuatu yang menyakitkan, tidak peduli berapa lama Anda tak terkalahkan,” kata Luis Enrique, dikutip dari The Athletic, Minggu (25/09/2022).

“Saya tidak dapat mengingat pertandingan dengan begitu banyak kesalahan teknis, terutama di dua sudut dimana kami kebobolan gol. Kami terlalu banyak kehilangan bola serta kami tidak bertahan dengan baik,” ujarnya lagi.


Sistem Degradasi

ilustrasi logo UEFA Nations League
Perbesar
ilustrasi logo UEFA Nations League (Liputan6.com/Abdillah)

Berdasarkan laman resmi UEFA, empat juara grup di Liga A (Grup 1-4) akan melaju ke sistem gugur, sementara tim yang finis keempat akan terdegradasi ke Liga B.

Situasi ini pun yang dirasakan oleh timnas Inggris harus terdegradasi ke Liga B, usai dipermalukan Italia dengan skor 1-0.

The Three Lions tanpa meraih kemenangan dari enam laganya, masing-masing hanya dua hasil imbang dan tiga kekalahan dengan raihan dua poin. Meski demikian, mereka berpuas diri menjadi juru kunci Grup A3.


Jadwal Pertandingan

Selasa, 27 September 2022

01.45 WIB: Inggris vs Jerman

01.45 WIB: Gibraltar vs Georgia

01.45 WIB: Makedonia Utara vs Bulgaria

01.45 WIB: Hungaria vs Italia

Rabu, 28 September 2022

01.45 WIB:. Ukraina vs Scotlandia

01.45 WIB: Swiss vs Republik Ceko

01.45 WIB: Swedia vs Slovenia

01.45 WIB: Portugal vs Spanyol

Foto: 5 Pemain Bintang yang Tak Akan Kamu Lihat di Piala Dunia 2022 Qatar Nanti
Perbesar
Erling Haaland berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu striker terbaik Eropa di usianya yang masih menginjak 21 tahun, sehingga kini menjadi top skor dengan mengoleksi 6 gol bersama timnas Norwegia. (AFP/Jorge Guerrero)
Infografis Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya