Jaga Hubungan Baik, Barcelona Berencana Jadikan Lionel Messi Duta Klub

Oleh AY Yustiawan pada 26 Sep 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 08:00 WIB
Foto: Lionel Messi Cetak Gol Indah Bersama Argentina, Neymar Berikan Dua Assist ke Richarlison
Perbesar
Gol ketiga Argentina di laga ini, yang dicetak oleh Messi, adalah sebuah gol yang cantik. Messi mencetaknya dengan sebuah tendangan chip dari luar kotak penalti. Kiper lawan pun sampai tak berkutik. Lionel Messi dan kawan-kawan benar-benar serius mempersiapkan diri untuk berlaga di Piala Dunia 2022 mendatang. (AP Photo/Wilfredo Lee)

Liputan6.com, Jakarta Barcelona dilaporkan sudah menyiapkan sejumlah rencana untuk menyambut kembalinya Lionel Messi ke klub dalam kapasitas bermain atau tidak bermain.

Seperti diketahui, pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu menyampaikan perpisahan yang penuh air mata pada La Blaugrana pada tahun 2021. Akibat, situasi keuangan membuat Messi tidak mungkin bertahan di Barcelona.

Messi seharusnya menyetujui pemotongan gaji 50 persen untuk meningkatkan peluangnya menandatangani kontrak baru di Barcelona. Namun, pemain Argentina itu akhirnya lebih memilih mengakhiri tugasnya di Catalonia.

Kepindahan sang penyerang ke Paris Saint-Germain atau PSG menandai berakhirnya era 21 tahun di mana Messi sudah mencetak 672 gol dan 303 assist dalam 778 pertandingan untuk Barcelona. Itu hitungannya sejak bergabung dengan La Masia dari Newell's Old Boys.

Messi memenangkan tidak kurang dari 36 penghargaan utama selama menjalani musimnya yang terkenal di Camp Nou. Namun, ia gagal mencetak gol yang sama selama musim debutnya di Ligue 1.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Krisis Ekonomi

Foto: 5 Pemain dengan Koleksi Gol Terbanyak di Babak Perempatfinal Liga Champions
Perbesar
Meski musim ini harus absen di perempatfinal usai PSG dikalahkan Real Madrid, Lionel Messi masih tercatat menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di partai tersebut. La Pulga telah mencetak total 12 gol di babak delapan besar Liga Champions bersama Barcelona. (AFP/Josep Lago)

Messi hanya mencetak 11 gol dan 15 assist dari 34 pertandingan di bawah Mauricio Pochettino musim lalu. Namun, kini dia telah memulai musim 2022-23 dengan performa yang baik usai mencetak enam gol dan delapan assist dari 11 pertandingan.

Setelah Barcelona perlahan-lahan mengurangi krisis ekonomi mereka, pemain berusia 35 tahun itu sering diperkirakan akan kembali ke Catalonia. Apalagi, kontraknya di PSG hanya berjalan hingga 2023 dengan opsi satu tahun lagi.


Prioritas

Lionel Messi, Kylian Mbappe
Perbesar
Pemain PSG, Lionel Messi (kanan), berselebrasi dengan rekan setimnya, Kylian Mbappe, pada laga matchday kedua Liga Champions 2022/2023, Kamis (15/9/2022) dini hari WIB. (AFP/Jack Guez)

Menurut Marca, Barcelona memang tertarik untuk bersatu kembali dengan Messi. Karena itu, presiden Joan Laporta membuat rencana untuk membuat langkah layak sebagai prioritas.

Salah satu cara untuk memperbaiki hubungan antara klub dan pemain diperkirakan menjadikan Messi sebagai klub duta dunia, serta mengorganisir penghargaan skala besar kepada pemain Amerika Selatan atas prestasinya.


Kembali Bermain

Foto: Lionel Messi Cetak Gol Indah Bersama Argentina, Neymar Berikan Dua Assist ke Richarlison
Perbesar
Gol pertama Argentina dicetak oleh Lautaro Martinez yang memanfaatkan umpan Alejandro Gomez. Namun sebelumnya Messi lah yang memberikan umpan kepada Gomez yang berhasil lolos dari jebakan offside dari sisi kiri dan langsung menusuk ke kotak penalti. (AFP/Chandan Khanna)

Langkah seperti itu, memang tidak akan membuat Messi kembali bermain, meskipun laporan itu menambahkan bahwa opsi tersebut tidak bisa dikesampingkan. Xavi sangat ingin melihat pemain Argentina itu mengenakan jersey Catalan lagi.

Namun, membawa Messi kembali ke Camp Nou sebagai pemain akan membutuhkan komitmen finansial yang besar. Tapi, Messi masih memiliki rumah di Barcelona dan tidak pernah menutup pintu untuk kembali.

Selain itu, jika Messi ingin kembali bergabung dengan Barcelona sebagai pemain, dia harus menerima pukulan besar atas gaji yang dia kantongi saat ini di Paris, meskipun laporan tersebut mengklaim bahwa dia akan bersedia melakukan pemotongan.


Manajemen Klub

Foto: Lionel Messi Cetak Gol Indah Bersama Argentina, Neymar Berikan Dua Assist ke Richarlison
Perbesar
Lionel Messi tampil impresif saat Argentan mengalahkan Honduras 3-0 dalam laga international friendly di Amerika Serikat, Sabtu, 24 September 2022. Ketiga gol Argentina tersebut tercipta berkat andil sang kapten Lionel Messi. Pemain PSG tersebut juga mencetak dua gol. (AFP/Chandan Khanna)

Jika gagal, pemain Argentina itu berpotensi pindah dengan mengambil peran di manajemen klub. Barcelona ingin memastikan bahwa setiap posisi baru mencerminkan pencapaiannya di lapangan untuk klub.

Messi sekarang memiliki total 17 gol dan 23 assist dalam 45 penampilan untuk PSG di semua kompetisi, dan dia mencetak dua gol dalam kemenangan 3-0 Argentina atas Honduras pada Sabtu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya