Sukses

Jadwal FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao: Saatnya Skuad Garuda Uji Kemampuan

Timnas Indonesia bakal melakoni laga FIFA Matchday kontra Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Pakansari Bogor. Simak jadwal lengkap pertandingan Indonesia vs Curacao melalui artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal segera meladeni perlawanan Curacao dalam ajang FIFA Matchday pekan ini. Duel antara kedua kesebelasan akan dihelat dua kali, yakni pada Sabtu (24/9/2022) dan Selasa (27/9/2022).

Pertandingan pertama Indonesia vs Curacao dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Sementara itu, partai selanjutnya bakal diselenggarakan di Stadion Pakansari Bogor.

Skuad Garuda mengusung berbagai misi di FIFA Matchday September. Yang utama adalah memperbaiki peringkat FIFA. Seperti diketahui, Indonesia sementara ini hanya bertengger di urutan 155, sementara Curacao menghuni posisi ke-84.

Kemenangan atas Curacao tak pelak bakal membantu Timnas Indonesia mendongkrak rankingnya beberapa tingkat. Namun, hal itu jelas tak mudah untuk direalisasikan. Pasalnya, La Familia Azul kini diperkuat oleh sejumlah pemain Liga Eropa.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tak menampik bahwa Curacao bukanlah lawan yang bisa dianggap enteng. Walau begitu, manajer asal Korea Selatan berharap tim racikannya mampu tampil sesuai ekspektasi.

“Memang sangat tinggi ya peringkatnya (Curacao), jadi saya ingin melihat tim kita apakah bisa melawan tim bagus ini dengan baik atau tidak, dan apakah bisa memainkan permainan yang kita inginkan,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan.

Lebih lanjut, Indonesia juga punya target lain jelang melakoni FIFA Matchday kontra Curacao. Shin Tae-yong berniat mematangkan timnya dan mencari komposisi pemain terbaik sebelum menghadapi laga di Piala Asia 2023.

Sejauh ini, terdapat sejumlah nama baru yang dipanggil juru taktik Negeri Ginseng ke Timnas Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Muhammad Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Yakob Sayuri (PSM Makassar), dan Muhammad Rafli (Arema FC).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak Patah Semangat

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berpesan agar para pemain tidak patah semangat saat menghadapi Curacao. Meski dibebani ambisi memperbaiki ranking, Ketua Umum PSSI ingin para pemain bisa mendapat lebih banyak pengalaman dari La Familia Azul.

“Peringkat terpaut jauh tidak apa-apa. Ini yang kita cari. Pemain bisa mendapatkan pengalaman. Saya tahu, banyak pemain mereka (Curacao) yang berkarier di liga-liga hebat Eropa, tetapi jangan patah semangat. Apalagi dua pertandingan akan dimainkan di Indonesia.”

Mochamad Iriawan pun berharap suporter dapat hadir langsung di stadion untuk mengawal perjuangan Skuad Garuda. Menurutnya, fans merupakan pemain ke-12 yang bakal memberi dampak signifikan bagi performa Timnas Indonesia di lapangan.

“(Suporter) datang ke stadion akan lebih baik. Namun, kalau tidak bisa, cukup nonton di televisi dan doakan Timnas Indonesia bisa menang,” pungkas Iwan Bule, dikutip dari situs resmi PSSI.

3 dari 5 halaman

Angin Segar

Indonesia sebenarnya mendapat angin segar jelang laga kontra Curacao di FIFA Matchday. Kekuatan La Familia Azul terus berkurang lantaran sejumlah pilarnya tak bisa bergabung.

Vurnon Anita, pemain yang pernah memperkuat Timnas Belanda tidak jadi berangkat ke Indonesia karena mengalami masalah pada pinggul. Nasib serupa juga dialami oleh Elson Hooi. Pesepak bola berusia 30 tahun tersebut batal ikut serta lantaran baru pindah klub.

Teranyar, Darryl Lanchman yang bermain di Liga Australia, dikabarkan tak bertolak ke Indonesia. Federasi Sepak Bola Curacao melalui akun Twitter resminya mengonfirmasi bahwa Lanchman enggan memperkuat Timnas Curacao karena alasan pribadi.

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Berikut adalah jadwal lengkap Timnas Indonesia di FIFA Matchday September.

Sabtu, 24 September 2022

20.00 WIB

Indonesia vs Curacao

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Selasa, 27 September 2022

20.00 WIB

Indonesia vs Curacao

Stadion Pakansari Bogor

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Berikut daftar nama pemain Timnas Indonesia yang dipanggil untuk menghadapi Curacao.

1. Asnawi Mangkualam Bahar - Ansan Greeners

2. Egy Maulana Vikri - FC Vion Zlate Moravce

3. Witan Sulaeman - AS Trencin

4. Elkan William Tio Baggott - Gillingham FC

5. Sadill Ramdani - Sabah FC

6. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

7. Fachruddin Aryanto - Madura United

8. Rizky Ridho Ramadhani - Persebaya Surabaya

9. Marselino Ferdinan - Persebaya Surabaya

10. Koko Ari Araya - Persebaya Surabaya

11. Rachmat Irianto - Persib Bandung

12. Ricky Kambuaya - Persib Bandung

13. Marc Klok - Persib Bandung

14. Syahrian Abimanyu - Persija Jakarta

15. Muhammad Ferarri - Persija Jakarta

16. Muhammad Riyandi - Persis Solo

17. Yakob Sayuri - PSM Makassar

18. Muhammad Ramadhan Sanantha - PSM Makassar

19. Syahrul Trisna Fadillah - Persikabo 1973

20. Muhammad Dimas Drajad - Persikabo 1973

21. Muhammad Rafli - Arema FC

22. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara FC

23. Nadeo Argawinata - Bali United

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.