Sukses

Menpora Apresiasi Keberhasilan FPTI Gelar Ajang Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 di Jakarta

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali mengapresiasi keberhasilan FPTI menggelar ajang Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022. Seperti diketahui, Indonesia baru pertama kali mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah IFSC Climbing World Cup.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali mengapresiasi keberhasilan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) dalam menyelenggarakan salah satu seri Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 di Tanah Air.

Seperti diketahui, Indonesia baru pertama kali mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah IFSC Climbing World Cup. Kompetisi Panjat Tebing seri Jakarta dijadwalkan berlangsung di Lot 16–17 Sudirman Central Business District (SCBD) pada Sabtu (24/9/2022) hingga Senin (26/9/2022).

Terdapat total 27 negara yang akan berpartisipasi dalam perhelatan kali ini. Adapun Indonesia selaku penyelenggara dipastikan mengirim 42 atlet dari nomor speed dan lead untuk berlaga memperebutkan medali di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 Jakarta.

“Saya tentu sebagai Menteri Pemuda dan olahraga sangat bangga dengan kepemimpinan Mbak Yenny Wahid (Ketua Umum FPTI) yang bisa membawa (ajang ini) ke Indonesia,” ujar Menpora dalam acara pembukaan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing pada Sabtu (24/9/2022).

“Ini ajang yang luar biasa, mimpi kita yang sudah lama baru betul-betul bisa (terealisasi di bawah kepemimpinan) Mbak Yenny,” sambungnya dalam kesempatan yang sama.

Lebih lanjut Menpora juga memberi semangat kepada para atlet yang akan tampil di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing, Jakarta. Pihaknya berharap rekor yang dimiliki penggawa Tanah Air dapat dijaga dan ditingkatkan dalam perhelatan kali ini.

“Panjat tebing adalah salah satu cabang olahraga unggulan kita dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang kita harapkan bisa menghasilkan medali pada saat Olimpiade Paris 2024. Mudah-mudahan rekor yang kita miliki tetap dipertahankan, bahkan bisa kita pecahkan pada Kejuaraan (Dunia Panjat Tebing) 2022 ini,” tambah Menpora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut Baik

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dilaporkan menyambut baik Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 atau International Federation of Sport Climbing (IFSC) Climbing World Cup di Jakarta, 24–26 September 2022.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 21 September 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid juga menyampaikan kesiapan IFSC Climbing World Cup 2022.

"Kami dari Federasi Panjat Tebing Indonesia hari ini beraudiensi dengan Presiden untuk melaporkan tentang rencana kejuaraan panjat tebing dunia yang akan diselenggarakan pada akhir minggu ini di Jakarta,” ujar Yenny.

“Ini adalah peristiwa yang sangat historis karena pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah untuk Kejuaraan Dunia Panjat Tebing," sambungnya seperti dilansir dari rilis resmi Biro Pers Sekretariat Presiden. 

3 dari 4 halaman

Target Olimpiade

Yenny menuturkan bahwa selama ini Presiden Jokowi selalu memberikan dukungan dan perhatian khusus kepada olahraga panjat tebing. Presiden pun menargetkan agar atlet panjat tebing Indonesia mampu meraih medali emas pada Olimpiade Paris tahun 2024.

"Bapak Presiden tentunya selama ini selalu memberikan perhatian khusus untuk olahraga panjat tebing. Beliau mengingatkan kita agar prestasi ini tidak berhenti di sini, tapi terus berlanjut."

"Ujungnya adalah nanti di Olimpiade Paris 2024 di mana beliau memang memberikan target kepada kita bisa meraih medali emas," tutur Yenny.

4 dari 4 halaman

Daftar Atlet Indonesia

Speed (Putra)

1. Aspar Jaelalo

2. Rahmad Adi Mulyono

3. Kiromal Katibin

4. Alfian Muhammad Fajri

5. Zaenal Aripin

6. Veddriq Leonardo

 

Lead (Putra)

1. Musauwir

2. Moch Ferza Fernanda Abdi

3. M. Ramzi Firmansyah

4. M. Rizki Syahrafli S.

 

Speed (Putri)

1. Nurul Iqamah

2. Alivany Ver Khadijah

3. Rajiah Salsabillah

4. Desak Made Rita Kusuma Dewi

5. Puja Lestari

6. Susan Nurhidayat

 

Lead (Putri)

1. Nur Diatul Jannah

2. Sukma Lintang Cahyani

3. Fadya Devi Monica

4. Nur Khalishah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.