6 Pilihan Sulit Didier Deschamps Pilih Skuad Bertabur Bintang Prancis

Oleh Yulianto pada 25 Sep 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2022, 12:00 WIB
Pelatih Sukses Jebolan Serie A
Perbesar
6. Didier Deschamps – Pelatih Timnas Prancis ini telah mengukir catatan pribadi yang mengesankan. Dia adalah salah satu sosok yang berhasil menjadi juara Piala Dunia baik sebagai pemain dan pelatih. (AFP/Franck Fife)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Prancis, Didier Deschamps, harus memikirkan strategi yang tepat untuk memadukan setiap bakat yang ada. Itu wajib dilakukannya merujuk skuad yang dipenuhi pemain bertabur bintang.

Memiliki terlalu banyak pilihan bagus memang menjadi masalah tersendiri. Selain timnas Prancis masih memiliki pemain veteran top, Les Bleus juga mempunyai pemain muda yang sedang naik daun. Hanya sedikit negara yang memiliki prospek menarik seperti Prancis.

Berikut ini 6 posisi yang bakal diperebutkan oleh sejumlah pemain dan kira-kira siapa yang akan dipilih oleh pelatih? Inilah ulasannya.

 

1. Lucas Hernandez vs William Saliba vs Presnel Kimpembe

Lucas Hernandez bermain di final Piala Dunia 2018 sebagai bek kiri, tetapi sejak itu dia bertransformasi sebagai pemain serba bisa.

Dia sekarang absen beberapa minggu karena cedera adduktor, yang mana itu akan memberi Saliba dan Kimpembe kesempatan untuk mengisi pos yang dia tinggalkan. Namun, Lucas tampaknya masih tetap menjadi pilihan pertama kecuali kemunduran kesehatannya lebih lanjut.

Kemungkinan pilihan pelatih: Lucas Hernandez

 

2. Ferland Mendy vs Theo Hernandez vs Lucas Digne

 

Ferland Mendy, bek kiri yang selalu jadi starter untuk Real Madrid, sejauh ini hanya membuat tujuh penampilan senior di skuad Prancis sepanjang kariernya. Dia tidak tampil untuk Les Bleus sejak 2020.

Sementara itu, Theo Hernandez yang bermain apik bersama AC Milan bersiap untuk tampil gemilang di Qatar, tapi dia absen setidaknya beberapa minggu.

Lalu, ada Lucas Digne yang dipanggil sebagai pengganti skuad Prancis untuk FIFA matchday September, tetapi sekarang dia juga absen karena cedera adduktor.

Kemungkinan pilihan pelatih: Theo Hernandez

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pilih Menanti Kehadiran Pogba atau Memberikan Kesempatan Daun Muda

Latihan Prancis Jelang Hadapi Ukraina
Perbesar
Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamp bercanda dengan Paul Pogba (kanan) dan Fance Aurelien Tchouameni saat sesi latihan di stadion Olimpiade di Kiev, Jumat (3/9/2021). Prancis akan menghadapi Ukraina dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Minggu dinihari, 5 September 2021. (FRANCK FIFE/AFP)

3. N'Golo Kante vs Aurelien Tchouameni

 

Semakin lama N'Golo Kante cedera, semakin Prancis perlu memikirkan opsi lini tengah yang defensif. Kante sebetulnya adalah pemain andalan bagi Deschamps, tetapi dia hanya membuat 21 pertandingan liga untuk Chelsea pada 2021/2022 dan tetap absen karena cedera hamstring. Itu berarti telah membuka pintu bagi Tchouameni untuk bermain melawan Austria dan Denmark di Nations League akhir bulan ini.

Jika Kante fit, dia kemungkinan tetap akan jadi pilihan utama. Apalagi, Tchouameni melakukan yang terbaik di Real Madrid.

Boubacar Kamara dari Aston Villa, kandidat lainnya, dipulangkan karena cedera minggu ini, yang memungkinkan pemain Monaco, Youssouf Fofana menerima caps senior pertamanya.

Kemungkinan pilihan pelatih: Kante

 

4. Paul Pogba vs Eduardo Camavinga

 

Paul Pogba telah menjadi pemain utama untuk Prancis begitu lama - dan dia telah menikmati beberapa momen terbaik dalam sejarah negaranya - tetapi hal negatif tanpa henti di level klub dan kesehatan yang buruk telah mengikis kepercayaan diri. Kepindahan ke Juventus seharusnya membawa kegembiraan baru. Sebaliknya, dia mengalami cedera meniskus pra-musim dan belum bermain di Serie A musim ini.

Juventus mengonfirmasi bahwa Pogba perlu menjalani operasi setelah opsi alternatif gagal.

Sementara itu, Eduardo Camavinga adalah pengisi alami sebagai mitra poros gelandang bertahan Prancis, tetapi pemain Real Madrid itu baru berusia 20 tahun dua minggu sebelum turnamen, dan mungkin tidak terlihat siap untuk momen besar.

Di luar Pogba dan Camavinga, Matteo Guendouzi dari Marseille telah menerima cukup waktu bermain di klub. Mantan gelandang Arsenal itu menunjukkan bahwa dia ada dalam opsi pilihan pelatih.

Kemungkinan pilihan pelatih: Camavinga


Menumpuknya Stok di Lini Depan Les Bleus

5. Antoine Griezmann vs Christopher Nkunku vs Moussa Diaby vs Kingsley Coman vs Ousmane Dembele

 

Kita tahu Kylian Mbappe dan Karim Benzema adalah starter utama, tetapi siapa penyerang pendukung terbaik untuk mereka? Deschamps memiliki serangkaian opsi yang megah di sini.

Ada Antoine Griezmann, lalu bintang Bayern Muenchen, Kingsley Coman. Tak hanya itu, ada juga Ousmane Dembele dari Barcelona dan Moussa Diaby dari Bayer Leverkusen.

Lalu, Christopher Nkunku dari RB Leipzig adalah pemain yang paling mungkin untuk menggeser Griezmann. Dia memenangkan Pemain Terbaik Bundesliga musim lalu di atas Robert Lewandowski, dan dia juga memulai musim ini dengan baik.

Pemain veteran Nabil Fekir dan Thomas Lemar juga berjuang untuk merebut kembali perhatian Deschamps.

Kemungkinan pilihan pelatih: Griezmann

 

Proyeksi starting XI Prancis

 

Penjaga gawang: Lloris

Lini Pertahanan: Kounde, Lucas Hernandez, Varane

Gelandang: Theo Hernandez, Camavinga, Kante, Benjamin Pavard

Penyerang: Mbappe, Griezmann, Benzema

Infografis Grup C Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Grup C Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya