Pemain Arsenal Paling Diuntungkan Jelang Piala Dunia Qatar 2022, Kok Bisa?

Oleh Jefry Hutabarat pada 26 Sep 2022, 07:00 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 07:00 WIB
Gabriel Jesus dan Martinelli Bawa Arsenal Menang Tipis Atas Aston Villa
Perbesar
Bek Arsenal, Ben White berlari membawa bola saat bertanding melawan Aston Villa selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Emirates di London, Kamis (1/9/2022). Arsenal menag tipis atas Aston Villa 2-1. (AP Photo/David Cliff)

Liputan6.com, Jakarta Jelang bergulirnya Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung 21 November hingga 18 Desember, FIFA mengumumkan aturan baru untuk diterapkan. FIFA mengumumkan bahwa setiap tim bisa mendaftarkan 26 pemain ke turnamen Piala Dunia 2022.

Aturan baru ini dibuat lantaran waktu turnamen yang tidak biasa dan adanya dampak pandemi Covid-19 terhadap tim saat perhelatan Piala Dunia Qatar. Pada edisi-edisi sebelumnya, setiap tim hanya dibolehkan untuk mendapaftar 23 pemain.

"Mengingat kebutuhan untuk mempertahankan fleksibilitas peserta, karena waktu yang tidak biasa dari Piala Dunia FIFA 2022 dalam kalender global, serta konteks yang lebih luas dari efek yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 pada skuad sebelumnya," tulis pernyataan FIFA dikutip dari laman resmi.

Selain itu, setiap timnas bisa mendaftarkan dulu sekitar 55 nama di skuat pre-eliminasi sebelum dipangkas menjadi setengahnya. Pendaftaran pemain akan ditutup 13 November, yang jadi batas terakhir liga-liga di seluruh dunia sebelum ditangguhkan sementara.

Pemain yang diketahui positif terpapar Covid-19 selama turnamen berlangsung akan dikarantina lebih dulu di Doha dan tidak dipulangkan langsung. Pergantian lima pemain juga akan diterapkan di Piala Dunia 2022.

Melihat hal ini, bintang Arsenal, Ben White merasa senang karena mempunyai kesempatan untuk tampil di Piala Dunia pada November nanti. Tak hanya itu, beberapa nama pemain The Gunners mulai dari Gabriel Jesus, Gabriel Magalhaes, hingga Gabriel Martinelli kemungkungkinan akan dipanggil ke Piala Dunia mengingat besarnya kuota pemain yang didapatkan setiap negara.

Walaupun ke-empat nama diatas tidak dipanggil saat jeda internasional kali, tapi ada kemungkinan mereka diboyong ke Qatar nanti. Sementara itu,  William Saliba, Thomas Partey, Bukayo Saka, Takehiro Tomiyasu dan Granit Xhaka diberikan kesempatan untuk membela timnas di jeda internasional terakhir sebelum Piala Dunia dihelat.

"Ini sangat tidak nyata, jelas saya tidak berpikir ini akan terjadi. Benar-benar mengejutkan saya tidak mengharapkan semua ini terjadi, bahkan berada di skuad 33 pemain sudah cukup bagi saya," ujar White seperti yang dikutip dari Sky Sports pada Jumat (23/9/2022) ditanya soal peluangnya ke Piala Dunia Qatar 2022.

"Untuk mencapai skuat final sungguh luar biasa. Saya mendapat telepon dari seseorang di Brighton yang memberi tahu saya bahwa manajer akan menelepon saya dan saya hanya menunggu panggilan itu," tambahnya.

Jika setiap pelatih timnas yang ada di Piala Dunia dapat memanggil 26 pemain akanmemberi harapan kepada White serta para pemain Arsenal lain untuk berlaga di Qatar.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Belum Dipilih Brasil, Striker Arsenal Gabriel Jesus Buka Suara

Raphael Varane
Perbesar
Bek Manchester United, Raphael Varane, memberikan pengawalan ketat terhadap penyerang Arsenal, Gabriel Jesus, pada laga pekan keenam Premier League 2022/2023 di Old Trafford, Minggu (4/9/2022) malam WIB. (AFP/Oli Scarff)

Striker Arsenal, Gabriel Jesus akhirnya buka suara terkait keputusan Brasil yang tak memanggilnya untuk laga persahabatan. Keputusan ini diambil Tite di tengah melimpahnya pemain bagus di Selecao.

Gabriel Jesus juga kalah dari Pedro dan Matheus Cunha untuk posisi penyerang. Sedangkan nama-nama lain sudah akrab di telinga seperti Neymar, Raphina, Vinicius Jr, Rodrygo, Richarlison, Antony dan Roberto Firmino.

Gabriel Jesus mengaku hormat dengan keputusan yang diambil pelatih Brasil. Ini disebutnya malah memberinya motivasi berlipat untuk membuktikan diri.

Uniknya tiga Gabriel di Arsenal sudah diacuhkan Tite. Selain Jesus, ada juga Gabriel Martinelli dan Gabriel Magalhaes yang juga tak dilibatkan.

Gabriel Jesus melewati musim ini dengan fantastis bersama Arsenal. Dia sudah mencetak 4 gol dan 3 assist di Liga Inggris.


White Rajin Main, Tersingkir Oleh Maguire

Foto: 5 Transfer Paling Menguntungkan dari Penjualan Lulusan Akademi Tim dalam Sejarah Liga Inggris
Perbesar
Ben White mengawali karier mudanya di akademi Southampton sebelum pindah ke Brighton & Hove Albion. Ketika bermain di skuat utama The Seagulls ia banyak dipinjamkan ke beberapa klub hingga akhirnya direkrut Arsenal pada musim 2021/22 dengan banderol £52,65 juta. (AFP/Pool/Neil Hall)

Menariknya, nama Harry Maguire masih masuk dalam daftar penggawa Southgate. Padahal bek berusia 29 tahun tersebut nyaris tak terpakai sejak kedatangan manajer baru Manchester United (MU) Erik ten Hag.

Maguire tercatat baru tiga kali turun sebagai starter dari total delapan pertandingan Setan Merah di semua kompetisi. Ia merumput sejak menit pertama ketika menghadapi Brighton dan Brentford di Liga Inggris, serta Real Sociedad di Liga Europa.

Ada pula tiga nama lain yang tidak banyak tampil di klubnya, tetapi ikut dipanggil ke Timnas Inggris. Mereka adalah Ben Chilwell, Luke Shaw, dan Kalvin Phillips.

Southgate pun mengungkap alasan dirinya memanggil penggawa-penggawa tersebut dalam laga kali ini. Menurutnya, keempat nama merupakan sosok penting bagi The Three Lions, terlepas dari minimnya waktu bermain di tim masing-masing.


Jesus Ingin Berjuang di Arsenal Agar diboyong ke Qatar

Gabriel Jesus, Arsenal
Perbesar
Striker Arsenal, Gabriel Jesus, dikawal oleh bek Brentford, Aaron Hickey, saat kedua tim berhadapan pada laga pekan kedelapan Premier League 2022/2023 di Gtech Community Stadium, London, Minggu (18/9/2022). (Ian Kington / AFP)

Jesus mengaku tetap berpikir positif dengan absennya dia dari skuad Brasil. Dia yakin bisa naikkan penampilan.

"Apa yang bisa saya kontrol itu penampilan saya. Saya selalu mencoba untuk memberikan yang terbaik," ujarnya.

Brasil tergabung di grup G di Piala Dunia Qatar. Mereka satu grup dengan Serbia, Swiss dan Kamerun.


EMTEK Siarkan Piala Dunia Qatar 2022

Foto: 4 Sponsor Utama Siap Beri Dukungan Surya Citra Media (SCM) untuk Sukseskan Siaran Piala Dunia 2022
Perbesar
Bagi kalian yang ingin menyaksikan tontonan menarik sepanjang Piala Dunia 2022, EMTEK Group melalui Surya Citra Media Tbk, yang menjadi pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Selain menghadirkan tayangan langsung laga Piala Dunia 2022, SCM juga akan menyajikan beberapa ulasan berita seputar gelaran empat tahunan ini.  

Infografis Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya