Sukses

Jadwal FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Curacao: Ambisi Dongkrak Ranking Skuad Garuda

Timnas Indonesia bakal menghadapi Curacao dalam ajang FIFA Matchday yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Pakansari Bogor. Simak jadwal lengkap FIFA Matchday Indonesia vs Curacao melalui artikel berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal meladeniCuracao pada FIFA Matchday pekan ini. Duel antara kedua kesebelasan akan dihelat dua kali, yakni Sabtu (24/9/2022) dan Selasa (27/9/2022).

Pertandingan pertama Indonesia vs Curacao dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Sementara itu, laga selanjutnya bakal diselenggarakan di Stadion Pakansari Bogor.

Adapun Curacao bukanlah lawan enteng bagi anak-anak asuh Shin Tae-yong. Skuad yang kini ditangani oleh Remko Bicentini itu pernah menjadi juara Piala Karibia 2017. Mereka juga sukses tembus ke perempatfinal Piala Emas CONCACAF 2019.

Laga kontra La Familia Azul tak pelak bakal menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi Timnas Indonesia untuk mendongkrak ranking FIFA. Pasalnya, Skuad Garuda saat ini hanya bercokol di peringkat 155, sementara Curacao sanggup menghuni posisi ke-84.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengakui bahwa calon lawan Merah Putih memang tak bisa dianggap remeh. Kendati demikian, ia berharap Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan mampu memberi perlawanan terbaik dalam FIFA Matchday.

“(Timnas Indonesia) sudah tiga hari menjalani latihan di Bandung. Saya mendapat update dari pelatih bahwa para pemain makin kompak dan siap melawan Curacao,” ujar Mochamad Iriawan dalam pernyataan yang diunggah di situs resmi PSSI pada Rabu (21/9/2022).

“Pemain harus fokus dan kerja keras. Curacao bukan lawan sembarangan. Apalagi, hampir semua pemain mereka bermain di kompetisi Eropa,” sambung sosok yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menambah Pengalaman

Lebih lanjut, Mochamad Iriawan berpesan agar para pemain tidak patah semangat saat menghadapi Curacao. Meski dibebani ambisi memperbaiki ranking, Ketua Umum PSSI ingin para pemain bisa mendapat lebih banyak pengalaman dari La Familia Azul.

“Peringkat terpaut jauh tidak apa-apa. Ini yang kita cari. Pemain bisa mendapatkan pengalaman. Saya tahu, banyak pemain mereka (Curacao) yang berkarier di liga-liga hebat Eropa, tetapi jangan patah semangat. Apalagi dua pertandingan akan dimainkan di Indonesia.”

Mochamad Iriawan pun berharap suporter dapat hadir langsung di stadion untuk mengawal perjuangan Skuad Garuda. Menurutnya, fans merupakan pemain ke-12 yang bakal memberi dampak signifikan bagi performa Timnas Indonesia di lapangan.

“(Suporter) datang ke stadion akan lebih baik. Namun, kalau tidak bisa, cukup nonton di televisi dan doakan Timnas Indonesia bisa menang,” pungkas Iwan Bule, dikutip dari situs resmi PSSI.

3 dari 5 halaman

Kekuatan Curacao

Indonesia sebenarnya mendapat angin segar jelang laga kontra Curacao di FIFA Matchday. Kekuatan La Familia Azul terus berkurang lantaran sejumlah pilarnya tak bisa bergabung.

Vurnon Anita, pemain yang pernah memperkuat Timnas Belanda tidak jadi berangkat ke Indonesia karena mengalami masalah pada pinggul. Nasib serupa juga dialami oleh Elson Hooi. Pesepak bola berusia 30 tahun tersebut batal ikut serta lantaran baru pindah klub.

Teranyar, Darryl Lanchman yang bermain di Liga Australia, dikabarkan tak bertolak ke Indonesia. Federasi Sepak Bola Curacao melalui akun Twitter resminya mengonfirmasi bahwa Lanchman enggan memperkuat Timnas Curacao karena alasan pribadi. 

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Berikut adalah jadwal lengkap Timnas Indonesia di FIFA Matchday September.

Sabtu, 24 September 2022

20.00 WIB

Indonesia vs Curacao

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Selasa, 27 September 2022

20.00 WIB

Indonesia vs Curacao

Stadion Pakansari Bogor

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Berikut daftar nama pemain Timnas Indonesia yang dipanggil untuk menghadapi Curacao.

1. Asnawi Mangkualam Bahar - Ansan Greeners

2. Egy Maulana Vikri - FC Vion Zlate Moravce

3. Witan Sulaeman - AS Trencin

4. Elkan William Tio Baggott - Gillingham FC

5. Sadill Ramdani - Sabah FC

6. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

7. Fachruddin Aryanto - Madura United

8. Rizky Ridho Ramadhani - Persebaya Surabaya

9. Marselino Ferdinan - Persebaya Surabaya

10. Koko Ari Araya - Persebaya Surabaya

11. Rachmat Irianto - Persib Bandung

12. Ricky Kambuaya - Persib Bandung

13. Marc Klok - Persib Bandung

14. Syahrian Abimanyu - Persija Jakarta

15. Muhammad Ferarri - Persija Jakarta

16. Muhammad Riyandi - Persis Solo

17. Yakob Sayuri - PSM Makassar

18. Muhammad Ramadhan Sanantha - PSM Makassar

19. Syahrul Trisna Fadillah - Persikabo 1973

20. Muhammad Dimas Drajad - Persikabo 1973

21. Muhammad Rafli - Arema FC

22. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara FC

23. Nadeo Argawinata - Bali United

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.