Cari Tahu dan Kenali Berbagai Istilah dalam Permainan Sepak Bola

Oleh Haya Aulia pada 24 Sep 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2022, 14:00 WIB
Foto: Daftar 5 Pesepak Bola Top Dunia yang Pernah Berpeluang Membela Timnas Italia
Perbesar
Lionel Messi. Sayap kanan Argentina berusia 35 tahun yang sejak awal musim 2021/2022 berseragam PSG ini sejatinya memiliki 3 opsi untuk memperkuat timnas, yaitu Argentina, Spanyol dan Italia. Argentina merupakan tempat kelahirannya, Spanyol merupakan tempatnya menghabiskan masa kecilnya, sementara Italia merupakan garis keturunan sang kakek. Timnas Italia justru tak sekalipun melayangkan tawaran, namun Timnas Spanyol sempat beberapa kali membujuknya yang akhirnya ditolaknya. Pada 17 Agustus 2005 ia akhirnya melakukan debut bersama Timnas Argentina dan hingga kini total telah mengoleksi 162 caps dengan torehan 86 gol dan 51 assist. (AFP/Glyn Kirk)

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola adalah salah satu olahraga paling populer di dunia, khususnya di negeri kita sendiri. Di Indonesia, olahraga satu ini memiliki banyak peminat aktif mulai dari kalangan muda hingga dewasa.

Terbukti melalui banyaknya jumlah penonton yang ikut memeriahkan berbagai macam kompetisi kelas nasional bahkan internasional. Contohnya, BRI Liga 1, UEFA Nations League, Liga Inggris, hingga Piala Dunia.

Para penonton siap meramaikan dan mendukung tim kesayangannya sampai datang ke stadion, ataupun hanya menyaksikan melalui layar kaca saja.

Cabang olahraga satu ini berada di bawah naungan Federation Internationale de Football Association (FIFA) sebagai induk organisasi internasional sepak bola dunia. Sedangkan, untuk kelas nasional, sepak bola Indonesia berada di dalam naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Keduanya memiliki peran dan tujuannya masing-masing, FIFA bertujuan untuk mengatur dan mengembangkan permainan sepak bola di seluruh dunia.

PSSI berperan sebagai induk organisasi sepak bola Indonesia yang bertanggung jawab untuk mengelola sepak bola asosiasi di Indonesia. 

Lalu, berapakah lama permainan sepak bola berlangsung? Permainan sepak bola biasanya dimainkan dalam dua babak dengan waktu 45 menit. Dimana durasi normal permainan sepak bola adalah 2 x 45 menit, ditambah jeda istirahat selama 15 menit di antara kedua babak.

Permainan sepak bola dalam dua babak biasanya memang dimainkan dalam waktu 2 x 45 menit, namun jika kedudukan skor seri, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2 x 15 menit, hingga salah satu tim berhasil mencetak gol.

Bagaimana jika perpanjangan waktu telah habis dan skor tetap imbang? Maka diperlukan sesi adu penalti.

Tak hanya itu, tendangan penalti juga akan dilakukan saat pemain yang sedang bertahan didapati melakukan pelanggaran di wilayah penjaga gawang.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tujuan Permainan Sepak Bola

Setelah mengetahui permainan sepak bola biasanya dimainkan dalam dua babak dengan waktu 45 menit atau 2 x 45 menit, kamu perlu mengetahui tujuan permainan sepak bola.

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa salah satu tim harus mencetak gol setidaknya unggul satu poin dari lawan. Apabila, skor seri maka perlu diadakan adu penalti.

Mengapa hal ini harus dilakukan? Karena tujuan utama dari permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Tim yang berhasil mencetak gol paling banyak, ialah yang akan memenangkan pertandingan.

Untuk itu, pemain perlu menggiring dan mengoper bola kepada rekan setim, hingga bola berada mendekati gawang lawan. Semakin sering pemain menghasilkan peluang, semakin dekat pula pada kemenangan.

Adapun tujuan menggiring bola dalam sepak bola juga berguna untuk menghilangkan kesempatan lawan mengambil bola, dengan cara berlari melewatinya sembari menggiring bola.


Kickoff

Ilustrasi Kick Off Sepak Bola
Perbesar
(Ilustrasi/timesofmalta.com)

Segala peraturan dan ketentuan dalam permainan sepak bola telah diatur oleh induk organisasi internasional sepak bola, yakni FIFA.

Salah satu aturan yang telah disepakati oleh FIFA adalah kick off. Sesi ini merupakan bagian paling penting dalam permainan sepak bola dan tak mungkin terlewatkan.

Apa itu kick off? Pengertian kick off dalam permainan sepak bola adalah tendangan pertama untuk memulai sebuah pertandingan.

Kick off juga dilakukan untuk mengawali babak kedua pada sebuah pertandingan sebagai tendangan pertama.

Di samping itu, kick off akan dilakukan untuk memulai kembali pertandingan sesaat setelah salah satu tim berhasil mencetak gol.

Lalu, dimanakah biasanya pemain akan melakukan kick off? Pemain akan melakukan tendangan kick off dari tengah lapangan.


Hat trick

Foto: Sudah Move On Tapi Belum Efektif, Timnas Indonesia U-23 Sikat Timor Leste di Laga Kedua Sepak Bola SEA Games 2021
Perbesar
Ricky Kambuaya dkk yang berambisi menyapu bersih 3 laga sisa usai kalah 0-3 dari tuan rumah Vietnam justru tertekan oleh Timor Leste di sepuluh menit awal. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Beranjak dari salah ketentuan dalam permainan sepak bola, yaitu kick off. Kali ini akan membahas mengenai hat trick.

Mungkin kamu pernah mendengar kata ‘hat trick’ pada sebuah pertandingan sepak bola, bukan?

Hat trick ini ternyata merupakan kemampuan bahkan menjadi sebuah keberuntungan bagi seorang pemain sepak bola. Bagaimana tidak, istilah hat trick sendiri digunakan ketika pemain berhasil mencetak gol sampai tiga kali.

Hat trick atau trigol yang dicetak oleh pemain, bukan hanya semata-mata dirinya bisa menendang bola sampai tiga kali ke gawang lawan. Melainkan, ia sanggup mencetak trigol berturut-turut dalam jangka waktu yang singkat.

Hebat, bukan? Jika pesebak bola bisa melakukan hat trick, karena untuk mencetak gol sekali saja dinilai cukup sulit.

Contoh saja, Thomas Muller pemain asal timnas Jerman dan Xherdan Shaqiri asal timnas Swiss yang berhasil melakukan hat trick dalam Piala Dunia 2014.

Infografis BRI Liga 1 2022/2023
Perbesar
Infografis BRI Liga 1 2022/2023. (Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya