Sukses

Roger Federer Akan Berpasangan dengan Rafael Nadal di Laver Cup Sebelum Pensiun

Karier gemilang Roger Federer akan berakhir bersama Rafael Nadal di Laver Cup pada Jumat, 23 September 2022. Kedua petenis top dunia ini akan bekerja sama untuk pertandingan ganda pertama turnamen itu.

Liputan6.com, London - Roger Federer sudah mengumumkan pada awal September 2022 bahwa Laver Cup bakal menjadi turnamen tenis terakhirnya sebelum gantung raket. Petenis berusia 41 tahun itu telah berjuang dengan masalah cedera selama tahap akhir kariernya.

Federer tak bermain sejak Wimbledon tahun lalu karena operasi lutut. Atlet tenis asal Swiss itu hanya akan ambil bagian dalam satu pertandingan ganda Laver Cup di di O2 Arena, London, Inggris, Jumat malam waktu setempat, 23 September, bersama rivalnya di tiga besar, Rafael Nadal.

Federer dan Rafael Nadal telah memenangkan 42 gelar Grand Slam yang luar biasa di antara mereka. Kedua petenis top ini akan mewakili Tim Eropa untuk menghadapi Frances Tiafoe dan Jack Sock dari Tim Dunia.

Federer - yang telah memenangkan total 103 gelar tunggal di ATP Tour - kemudian akan memberi jalan untuk Matteo Berrettini di sisa turnamen. Tim Eropa ingin memenangkan gelar Laver Cup kelima berturut-turut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesan tubuhnya

Saat mengumumkan keputusan untuk pensiun, Federer mengakui dia mendengarkan 'pesan' yang diberikan tubuhnya kepadanya. "Hari ini, saya ingin berbagi berita dengan Anda semua," kata Federer di media sosial.

"Seperti yang Anda ketahui, tiga tahun terakhir telah memberi saya tantangan dalam bentuk cedera dan operasi. Saya telah bekerja keras untuk kembali ke performa kompetitif penuh. Tetapi, saya juga tahu kapasitas dan batas tubuh saya, dan pesannya untuk saya akhir-akhir ini telah jelas."

"Saya berusia 41 tahun. Saya telah memainkan lebih dari 1500 pertandingan selama 24 tahun. Tenis telah memperlakukan saya lebih murah hati daripada yang pernah saya impikan, dan sekarang saya harus menyadari kapan saatnya untuk mengakhiri karir kompetitif saya," ucap Federer menambahkan.

"Laver Cup minggu depan di London akan menjadi acara ATP terakhir saya. Saya akan bermain lebih banyak tenis di masa depan, tentu saja, tetapi tidak di Grand Slam atau di tur."

"Ini adalah keputusan yang pahit, karena saya akan merindukan semua yang telah diberikan tur kepada saya. Tetapi, pada saat yang sama, ada begitu banyak yang harus dirayakan," ujar Federer.

"Saya menganggap diri saya salah satu orang paling beruntung di Bumi. Saya diberi bakat khusus untuk bermain tenis, dan saya melakukannya pada level yang tidak pernah saya bayangkan, lebih lama dari yang pernah saya bayangkan."

 

3 dari 3 halaman

Komentar Rafael Nadal

Rafael Nadal memberikan komentarnya tentang prospek berpasangan dengan Roger Federer dalam laga ganda pada Laver Cup. Pemenang gelar Grand Slam 22 kali itu memuji Federer sebagai pemain paling penting dalam karier tenisnya.

"Salah satu yang paling penting, jika bukan pemain terpenting dalam karirr tenis saya adalah pergi. Pada akhirnya, momen ini akan sulit. Saya sangat bersemangat dan bersyukur bisa bermain dengannya," kata Nadal dikutip BBC Sport.

Sebelum pertandingan ganda, tiga laga tunggal akan dimainkan. Casper Ruud melawan Sock di pertandingan pembuka sebelum Stefanos Tsitsipas bertemu Diego Schwartzman. Andy Murray akan mengakhiri pertandingan tunggal melawan Alex de Minaur.

Tim Eropa Bjorn Borg memenangkan empat edisi pertama Laver Cup pada 2017, 2018, 2019, dan 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini