Sukses

MotoGP Jepang 2022: Atasi Perih, Fabio Quartararo Siap Bersaing di Motegi

Rider Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo yakin cedera yang dialaminya tidak mengganggu performa pada MotoGP Jepang 2022. Dia percaya diri bisa meraih hasil baik.

Liputan6.com, Motegi - Rider Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo yakin cedera yang dialaminya tidak mengganggu performa pada MotoGP Jepang 2022. Dia percaya diri bisa meraih hasil baik.

"Saya merasa siap. Saya sudah berlatih dan berjalan lanjar. Hanya sedikit lecet maka ada perih. Tapi saat di atas motor, saya pikir ini tidak bakal jadi masalah," kata Quartararo pada konferensi pers jelang balapan, Kamis (22/9/2022).

Quartararo mengalami luka lecet di sekujur tubuh setelah terlibat insiden dengan pembalap Repsol Honda Marc Marquez pada MotoGP Aragon, akhir pekan lalu. Dia pun terjatuh sehingga gagal menyelesaikan lomba.

Itu adalah kegagalan Quartararo menuntaskan balapan untuk kali kedua pada MotoGP 2022 setelah seri Belanda. Kondisi tersebut juga berpotensi menentukan hasil persaingan menjadi juara dunia musim ini.

Quartararo kini cuma unggul 10 poin atas rider Ducati Lenovo Francesco Bagnaia. Padahal dia sempat memimpin 91 nilai.

Bukan cuma itu, keunggulannya dari pembalap Aprilia Aleix Espargaro juga terpangkas. Sosok berkebangsaan Prancis ini kini cuma unggul 17 angka darinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trek Motegi

Meski Yamaha tidak berdaya di hadapan Ducati pada musim ini, Quartararo menunjukkan kemampuan bersaing melawan para rider pabrikan asal Italia tersebut. Dia yakin hal sama bakal terlihat di Motegi nanti.

"Kami sudah buktikan bisa kompetitif di tiap trek. Sebelumnya saya kesulitan di Red Bull Ring atau Aragon. Tapi musim ini saya membukukan waktu cepat. Patut disayangkan balapan saya di Aragon berakhir dini," ungkap Quartararo.

"Saya tampil solid pada lawatan ke Motegi. Saya tidak sabar kembali karena punya kenangan bagus," sambung sosok berusia 23 tahun itu.

Pada ajang terakhir di 2019, Quartararo terlibat duel melawan Marquez dan Andrea Dovizioso untuk podium pertama. Dia akhirnya harus puas menempati peringkat tiga.

3 dari 3 halaman

Tak Takut Hujan

Topan Nanmadol sempat mengancam gelaran MotoGP Jepang 2022. Namun, fenomena alam tersebut sudah menjauhi lokasi balapan. Meski begitu, hujan diprediksi tetap turun pada lomba nanti. Quartararo pun mengaku tidak takut.

Sempat mengaku kesulitan di trek bawah, dia kini yakin bisa bersaing menyusul hasil MotoGP Indonesia. Pada balapan di Mandalilka, Quartararo menempati urutan dua di belakang rider KTM Miguel Oliveira.

"Tentu saya lebih suka balapan dalam kondisi kering. Makin keras cengkeraman di sirkuit, semakin baik. Tapi tidak masalah kalau hujan nanti. Lihat hasil Mandalika, saya tidak perlu takut," ungkap Quartararo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.