Sven Goran Eriksson Desak Southgate Depak Duo MU dari Piala Dunia Qatar 2022

Oleh Jefry Hutabarat pada 24 Sep 2022, 13:30 WIB
Diperbarui 24 Sep 2022, 13:30 WIB
sven-goran-erikson-130216b.jpg
Perbesar
Sven Goran Erikson

Liputan6.com, Jakarta Mantan pelatih Timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson menyarankan The Three Lions untuk tidak membawa dua pemain Manchester United, Harry Maguire dan Luke Shaw ke Piala Dunia Qatar 2022.

Nama Maguire masih masuk dalam daftar penggawa Southgate. Padahal bek berusia 29 tahun tersebut nyaris tak terpakai sejak kedatangan manajer baru Manchester United (MU) Erik ten Hag begitupula dengan Shaw.

Maguire tercatat baru tiga kali turun sebagai starter dari total delapan pertandingan Setan Merah di semua kompetisi. Ia merumput sejak menit pertama ketika menghadapi Brighton dan Brentford di Liga Inggris, serta Real Sociedad di Liga Europa.

Erik ten Hag lebih sering menurunkan sosok Lisandro Martinez sebagai pengisi posisi Maguire dan Tyrell Malacia yang memiliki peran yang sama seperti Luke Shaw sebagai bek kiri.

Eriksson merekomendasikan Southgate untuk tidak membawa Maguire dan Shaw ke Piala Dunia 2022 Qatar.

"Menurut saya, sulit untuk Southgate memilih Harry Maguire dan Luke Shaw kalau mereka tidak bermain di klub. Sulit membiarkan mereka bermain di tim nasional. Betul, mereka masih berlatih, tetapi bermain rutin adalah hal yang berbeda," ujar pria asal Swedia itu seperti yang dikutip dari Mirror, Kamis (22/9/2022).

"Jadi, pilihan rumit untuk membiarkan mereka ikut tanpa waktu bermain reguler," tegasnya.

Ada pula dua nama lain yang tidak banyak tampil di klubnya, tetapi ikut dipanggil ke Timnas Inggris. Mereka adalah Ben Chilwell dan Kalvin Phillips.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Rashford Harus Dibawa

Timnas Inggris
Perbesar
Bukayo Saka, Jadon Sancho, dan Marcus Rashford menjadi korban rasialisme online setelah gagal mengeksekusi tendangan penalti untuk Timnas Inggris di final Euro 2020. (AFP/Laurence Griffiths)

Mantan pelatih yang membawa Lazio juara scudetto itu menilai rekan satu tim Maguire dan Shaw di Man United, Marcus Rashford memiliki kans besar tampil di Piala Dunia 2022.

Menilik catatan Rashford musim ini, penyerang berusia 24 tahun itu absen di UEFA Nations League lantaran cedera. Tetapi, Rashford merupakan top skor sementara Man United di Liga Inggris musim ini dengan catatan 3 gol.

"Menurut saya, Rashford harusnya ada di skuad Inggris. Southgate memilih 28 pemain untuk UEFA Nations League yang menurut saya sangat banyak," ucap Eriksson.

"Akan tetapi, artinya dia ingin melihat penampilan mereka semua dan bekerja dengan sebanyak mungkin pemain," tambahnya.


Alasan Southgate Bawa Maguire dkk Meski Minim Jam Terbang

Foto: 5 Pelatih Timnas yang Jadi Alternatif Suksesor Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United, mulai Gareth Southgate hingga Joachim Loew
Perbesar
Gareth Southgate. Pelatih berusia 51 tahun yang masih menjabat sebagai pelatih Timnas Inggris ini sukses membawa Three Lions menjadi runner-up di ajang Euro 2020 lalu. Sebelumnya, ia pernah membesut Middlesbrough pada 2006 hingga 2009 dan Inggris U-21 pada 2013 hingga 2016. (AFP/Pool/Frank Augstein)

The Three Lions harus menjamu Timnas Jerman. Duel antara kedua kesebelasan akan dihelat di Stadion Wembley pada Selasa (27/9/2022) pukul 01.45 WIB.

Laga tersebut menjadi momen penting bagi Southgate. Pasalnya, ini merupakan kesempatan terakhir sang pelatih mengutak-atik skuadnya sebelum resmi memilih pemain yang akan merumput di Piala Dunia Qatar pada November mendatang.

Menariknya, nama Harry Maguire masih masuk dalam daftar penggawa Southgate. Padahal bek berusia 29 tahun tersebut nyaris tak terpakai sejak kedatangan manajer baru Manchester United (MU) Erik ten Hag.

Maguire tercatat baru tiga kali turun sebagai starter dari total delapan pertandingan Setan Merah di semua kompetisi. Ia merumput sejak menit pertama ketika menghadapi Brighton dan Brentford di Liga Inggris, serta Real Sociedad di Liga Europa.

Ada pula tiga nama lain yang tidak banyak tampil di klubnya, tetapi ikut dipanggil ke Timnas Inggris. Mereka adalah Ben Chilwell, Luke Shaw, dan Kalvin Phillips.

Southgate pun mengungkap alasan dirinya memanggil penggawa-penggawa tersebut dalam laga kali ini. Menurutnya, keempat nama merupakan sosok penting bagi The Three Lions, terlepas dari minimnya waktu bermain di tim masing-masing.

“Memang kami memiliki sejumlah penggawa, termasuk Ben Chilwell, Luke Shaw, Harry Maguire, dan Kalvin Phillips, yang tidak banyak bermain dengan klub mereka,” ujar Southgate soal skuad pilihannya, seperti dilansir dari Metro.

“Itu tidak ideal, tetapi kami merasa mereka telah dan masih bisa menjadi pemain penting bagi kami,” sambung juru taktik berusia 52 tahun tersebut.


Wajah Baru di Timnas Inggris

Manchester United - MU - Ivan Torey
Perbesar
Manchester United dikabarkan tengah memantau striker Brentford Ivan Toney. MU mempertimbangkan untuk membawa pemain berusia 26 tahun ini ke Old Trafford sebelum jendela transfer musim panas ditutup. (foto: Adrian DENNIS / AFP)

Di sisi lain, Southgate juga memberi kesempatan bagi wajah baru untuk memperkuat timnya. Ivan Toney yang berkarier di Brentford sukses dipercaya bergabung dengan The Three Lions berkat penampilan impresif di level klub. Eric Dier, yang sudah cukup lama absen membela Inggris, juga kembali didatangkan oleh sang pelatih.

“Terkait Eric Dier, dia bermain sangat bagus dalam beberapa waktu terakhir. Dia layak untuk dipanggil kembali (ke Timnas Inggris),” ujar Southgate

“Kami tahu bertapa bagusnya karakter (Dier). Dia cocok dengan budaya kami dan punya pengalaman internasional serta kepemimpinan yang luar biasa,” sambungnya.

“Untuk Ivan Toney, kami sudah memantaunya sejak lama. Saya sempat mengobrol dengan positif bersama Thomas Frank (pelatih Brentford) terkait dia (Toney) musim lalu,” pungkas juru taktik The Three Lions, seperti dilansir dari Metro.


Daftar Skuad Inggris yang Dipanggil

Foto Piala Eropa: 5 Pemain Lini Tengah yang Bersinar di Euro 2020
Perbesar
Declan Rice - Gelandang bertahan Timnas Inggris ini tampil spartan dan merupakan pilihan utama Gareth Southgate di sepanjang Euro 2020. (Foto/AP/Laurence Griffiths,Pool)

Berikut adalah daftar lengkap pemain yang dipanggil ke Timnas Inggris jelang UEFA Nations League September 2022.

Kiper: Dean Henderson (Nottingham Forest), Nick Pope (Newcastle United), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Bek: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ben Chilwell (Chelsea), Conor Coady (Everton), Eric Dier (Tottenham Hotspur), Marc Guehi (Crystal Palace), Reece James (Chelsea), Harry Maguire (Manchester United), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Fikayo Tomori (AC Milan), Kieran Trippier (Newcastle United), Kyle Walker (Manchester City)

Gelandang: Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Mason Mount (Chelsea), Kalvin Phillips (Manchester City), Declan Rice (West Ham United), James Ward-Prowse (Southampton)

Penyerang: Tammy Abraham (AS Roma), Jarrod Bowen (West Ham United), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Manchester City), Harry Kane (Tottenham Hotspur), Bukayo Saka (Arsenal), Raheem Sterling (Chelsea), Ivan Toney (Brentford)

Infografis Piala Dunia 2022
Perbesar
Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya