Sukses

Bintang Real Madrid: Qatar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022 Karena Duit

"Memberikan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia bukanlah keputusan yang dibuat para penggemar apalagi para pemain. Itu menunjukkan bahwa uang memainkankan peran penting dalam dunia sepabola," ujar Rudiger.

Liputan6.com, Jakarta- Piala Dunia Qatar 2022 jika melihat sekarang itu berarti kurang dari dua bulan lagi. Sebelum Piala Dunia 2022, banyak tim nasional saat ini sedang dalam jeda internasional terakhir mereka sebelum menuju Qatar.

Tapi belum juga dimulai, banyak perdebatan muncul salah satunya apakah Piala Dunia kali ini harus tetap berlanjut atau tidak. Pasalnya banyak pihak yang bingung mengenai keputusan memberikan tuan rumah Piala Dunia kepada Qatar.

Hal ini dirasa salah dikarenakan banyaknya pelanggaran hak asasi manusia yang muncul sebelum Piala Dunia 2022 dimulai. Belum lagi, Piala Dunia berikutnya akan diselenggarakan di benua Amerika Utara.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan Sport1, yang dilakukan oleh Diario AS yang dilansir pada Kamis (22/9/2022). Antonio Rudiger yang merupakan palang pintu lini belakang Real Madrid memberikan pendapatnya tentang Piala Dunia.

"Memberikan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia bukanlah keputusan yang dibuat para penggemar apalagi para pemain. Itu menunjukkan bahwa uang memainkankan peran penting dalam dunia sepabola," ujar mantan pemain Chelsea itu.

Saat ini beberapa orang menyarankan agar para pemain sepakbola memboikot Piala Dunia. Salah satu negara yang paling vokal menyuarakan untuk pemboikotan Qatar adalah dari Norwegia. Hal ini juga sedikit ditanggapi oleh Rudiger.

"Saya melihat perdebatan tentang boikot sebagai sesuatu yang harus dilakukan oleh institusi, bukan para pemain. Tentu saja kami harus melihat hal-hal secara kritis dan kami telah melakukannya," tambahnya.

Padahal, lembaga yang seharusnya memastikan Piala Dunia berjalan secara etis dan memberikan penghargaan kepada negara yang menghormati hak asasi manusia adalah FIFA.

Fakta bahwa mereka telah mengambil tanggung jawab untuk menjelaskan kasus-kasus ini, menyerahkannya kepada pesepakbola dan tim untuk mengambil sikap, menunjukkan besarnya masalah yang dimiliki sepakbola.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bintang Jerman Lain Berpendapat Soal Piala Dunia 2022

Bintang Bayern Muenchen, Joshua Kimmich sedang berada di pusat latihan timnas Jerman dalam rangka persiapan menghadapi pertandingan UEFA Nations League 2022 kontra Hungaria dan Inggris.

Di sisi lain, Kimmich juga tidak tertarik untuk berkomentar mengenai penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022. Menurut sang gelandang sudah terlambat karena Piala Dunia 2022 sebentar lagi akan dimulai.

"Sebagai pemain, Anda pasti selalu menantikan Piala Dunia. Ada banyak yang dibahas ataupun masalah mengenai penyelenggaraan Piala Dunia disana, tapi itu sudah terlambat 12 tahun. Semua orang sudah mengetahui kondisi di Qatar, sebelum Piala Dunia ditetapkan disana," ujar Kimmich seperti yang dikutip dari media Jerman, Bild, Rabu (21/9/2022).

3 dari 4 halaman

Legenda Timnas Jerman Kritik Perlakukan Qatar

Pria yang kini beruia 54 tahun itu juga mempertanyakan kriteria yang digunakan dalam pemilihan Qatar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Dia menduga bahwa pejabat shoppingmode FIFA telah disuap untuk memberikan Piala Dunia kepada Qatar, meskipun penyelidikan independen yang dilakukan oleh shoppingmode FIFA kemudian tidak menemukan bukti kuat tentang hal ini.

"Kriteria apa yang sebenarnya digunakan FIFA untuk memberikan tuan rumah Piala Dunia. Pemberian turnamen adalah senjata paling ampuh untuk mendorong perubahan yang diperlukan," kata Bierhoff, dilansir BBC.

"Tetapi perubahan itu harus terjadi sebelum pemilihan negara dan bukan setelahnya," ujar Bierhoff.

Mantan pemain internasional Jerman berusia 54 tahun itu melanjutkan dengan mengatakan bahwa "kriteria pemberian tuan rumah harus terkait erat dengan masalah hak asasi manusia.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Jerman di Piala Dunia 2022

Rabu, 23 November 2022

Pukul 20:00 WIB: Jerman vs Jepang (Stadium Internasional Khalifa)

Senin, 28 November 2022

Pukul 02:00 WIB: Spanyol vs Jerman (Stadium Al Bayt Al Khor)

Jumat, 2 Desember 2022

Pukul 02:00 WIB: Kosta Rika vs Jerman (Stadium Al Bayt Al Khor)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.